Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Alat Musik Khas Sunda

5 min read

alat musik khas sunda

Alat Musik Khas Sunda – Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan keberagaman adat istiadat serta kebudayaan.

Salah satunya Provinsi Jawa Barat ( Bandung) salah satu kota yang punya banyak nama panggilan seperti kota kembang, paris van java, kota mode dll.  Sangat terkenal dengan berbagai macam kebudayaanya, seperti tari jaipong, wayang, rampak gedang dan masih banyak lagi.

Semua kebudayaan juga tak lepas dari yang namanya lantunan musik yang dimainkan dengan alat musik tradisional dan orang-orang yang menjadi pelopor dalam adanya alat musik ini.

Seniman Pelopor Musik Sunda

Berbicara mengenai alat musik Sunda, pasti aneh kalo tidak mengetahui siapa saja seniman terdahulu yang berpastisipasi atas kemunculan alat musik di Jawa Barat.

Berikut ini adalalah beberapa pelopor adanya alat musik Sunda.

  • Koko Koswara/Mang Koko. Mungkin bagi kalian yang tinggal di dataran sunda, pasti tidak asing lagi dengan beliau, Ya beliau adalah seorang pencipta lagu sunda salah satu karyanya adalah lagu Sekar Gending.
  • Daeng Soetigna. Keberadaan angklung di indonesia tak lepas dari peran guru asal Garut ini, siapa lagi kalo bukan Daeng Soetigna. Beliau adalah seorang guru terkenal sekaligus pencipta angklung yang bernada diantonis.
  • Raden Machyar Angga Koesoemadinata. Beliau adalah seseorang yang berjasa dalam memberi nama (lambang) serta nada-nada tradisional sunda yaitu da, ini, na, ti, ia. Berkat beliau masyarakat sudah dapat mengembangkan dan mempelajari alat musik.

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Sunda

Sunda sendiri adalah sebutan untuk sebuah suku di bagian pulau Jawa yaitu Provinsi Jawa Barat. Sunda juga memiliki aksara bahasa Sunda yang mungkin agak sulit dimengeti oleh orang awam. Khususnya bagi perantau dari luar jawa.

Hal ini dikarenakan keduanya memiliki Hanacaraka sebagai bahasa masing-masing. Begitupun tentang alat musik Sunda, Suku sunda pun mempunyai beragam alat musik yang dimiliki.

Jika dipostingan sebelumnya perihal Pakaian Adat Sunda dalam artikel kali ini akan disajikan beberapa alat musik tradisional Jawa Barat.

Daftar berikut ini tidaklah mencakup secara keseluruhan alat musik dari Jawa Barat, setidaknya ada 11 contoh alat musik yang sekiranya perlu kalian diketahui.

1. Alat Musik Tradisional Suling

alat musik tradisional suling
source: bukalapak.com

Suling adalah alat musik khas Sunda yang terbuat dari bambu. Cara memainkan suling yaitu dengan cara ditiup. Suara yang dihasilkan daris suling sendiri begitu halus dan sangat cocok dipadukan dengan alat musik tradisional lainnya.

Suling memiliki lubang untuk mengatur nada, untuk jumlah lubangnya sendiri bervariasi ada empat sampai delapan lubang tergantung dengan penyajian lagu.

Di dalam kebudayaan sunda sendiri suling yang sering dipakai adalah suling yang berlubang enam.

Fungsi dari suling sendiri yaitu sebagai melodi sekaligus sebagai pelengkap alat musik melodis, seperti gitar, piano, biola, harmonica dan masih banyak lagi.

Fungsi suling dari segi ukurannya.

  • Suling Sunda yang Lubang enam dengan ukuran 50 – 57 cm, fungsinya sebagai perlengkapan perangkat pada gamelan dan kecapi kawih. Misalnya pada penyajian gamelan degung, baik bentuknya sekar gending ataupun gendingan saja (instrumentalia).
  • Suling Sunda Lubang enam yang berukuran 58-64 cm, fungsinya sebagai perlengkapan perangkat iringan pada tembang Sunda dan kecapi suling. Dan khusus untuk ukuran 62 – 64 cm, biasanya difungsikan untuk penyajian instrumentalia saja.
  • Suling Sunda lubang empat laras degung, fungsinya sebagai perlengkapan perangkat pada gamelan degung terkadang dipakai juga dalam lagu -lagu tembang sunda, baik dalam penyajian lagu-lagu alit maupun pada lagu-lagu ageung.
  • Suling Sunda lubang empat laras pelog, fungsinya sebagai perlengkapan perangkat pada gamelan yang berlaras salendro dan kecapi suling laras salendro.

2. Alat Musik Tradisional Kecapi

alat musik tradisional kecapi
source: id.wikipedia.org

Kecapi atau biasa disebut Kacapi merupakan alat musik khas Sunda yang dipakai sebagai alat musik utama dalam tembang sunda (mamaos Cianjuran).

Alat musik ini berbentuk kotak yang berbahan dasar kayu dan memiliki dawai berjajar diatasanya.

Kotak kayu ini sendiri memiliki fungsi sebagai resonator Kecapi. Kecapi memiliki nada yang menyatu sehingga menimbulkan sensasi kangen, damai, sekaligus kegetiran.

Kecapi sendiri dibagi menjadi dua, Kacapi indung (induk) dan Kacapi rincik (anak). Alat ini dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari tangan kanan dan jari tangan kiri.

3. Alat Musik Tradisional Rebab

alat musik tradisional rebab
source: bukalapak

Bisa dibilang Rebab adalah alat musik khas Sunda yang berumur cukup tua dari yang lainnya, karena pada awalnya rebab sudah dikenal pada abad ke-9 masehi yang dibawa oleh para pedagang dari Timur Tengah.

Rebab sendiri merupakan salah satu alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara di gesek. Dalam bahasa Sunda, Rebab dikenal dengan nama lengek dan orang yang memainkannya disebut ngalengek.

Pada awalnya rebab sendiri berbahan dasar tembaga yang disertai dua sampai tiga senar. Namun seiring berjalannya waktu bahan dasar rebab pun berubah menjadi kayu.

4. Alat Musik Tradisional Gendang

alat musik tradisional kendang
source: id.wikipedia.org

Alat musik yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga kalian, apalagi kalo bukan Kendang.

Kendang dikenal sebagai pengatur irama baik dalam gamelan Jawa Tengah Maupun Gamelan Degung Sunda. Satu set Kendang biasanya terdiri dari tiga Kendang.

  • Kendang indung.
  • Kendang anak yang terdiri dari ketipung dan kutiplak.

Teknik memainkan kendang disebut dengan istilah tepak/ditepak artinya diketuk/ dipukul dengan tangan.

Jenis-jenis Kendang:

  • Kendang Kliningan.
  • Kendang Ketuk Tilu.
  • Kendang Keurseus.
  • Kendang Jaipongan.
  • Kendang Bajidoran.

5. Alat Musik Tradisional Angklung

alat musik tradisional angklung
source: kerajinanindonesia.id

Angklung merupakan ikon budaya tradisional Jawa Barat.

Alat musik ini bernada ganda (multitonal). Alat musik ini terbuat dari bahan dasar bambu, jenis bambu hitam (awi wulung) dan bambu ater (awi temen).

Angklung sendiri sudah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Kebudayaan Dunia pada tahun 2010 dengan kategori Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity, Oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) melalalui United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Cara memainkan Angklung sendiri cukup mudah yaitu dengan cara digoyangkan, memiliki susunan nada 2,3 hingga 4 nada. Alat musik tradisional Jawa Barat ini tergolong dalam alat musik idifon, maksudnya menghasilkan suara getaran dari keseluruhan alat musik itu sendiri.

6. Alat Musik Tradisional Calung

alat musik tradisional calung
source: rt6cbr.blogspot.com

Calung merupakan alat musik tradisional Sunda jenis idiofon yang juga terbuat dari bambu. Jika angklung dimainkan dengan cara di goyangkan berbeda dengan c alung, cara memainkan calung yaitu dengan cara memukul bilah atau ruas tabung bambunya.

Calung dibagi dua jenis yaitu ada calung rantai dan calung jinjing.

  • Calung rantai bilah tabungnya dideretkan dengan tali kulit waru (lulub) dari yang terbesar sampai ke yang terkecil, jumlahnya ada 7 wilahan (7 ruas bambu).
  • Calung jinjing bebrbentuk deretan bambu bernada dan disatukan dengan sebilah bambu kecil (paniir).

Umumnya bahan untuk pembuatan calung sama seperti angklung yaitu bambu jenis awi temen (bambu ater, warna hijau) atau awi wulung (bambu hitam).

7. Alat Musik Tradisional Karinding

Tak jauh beda dengan suling, Karinding juga alat musik Sunda yang cara memainkannya yaitu dengan cara di tiup. Di sebagian daerah alat musik ini terbuat dari bambu namun ada  juga yang terbuat dari bahan pelepah kwaung (pohon aren)

karinding bambu biasanya dipakai oleh para wanita. Sedangkan karinding pelepah kwaung dipakai oleh pria.

Karinding sendiri mempunyai 4 macam nada.

  • Gogondangan
  • Tonggeret
  • Rereogan
  • Iring-iringan

Salah satu fungsi karinding adalah untuk mengusir hama sawah, Karena bunyi yang dihasilkan lebih mirip serangga kecil, burung atau dikenal dengan sebutan ultrasonik yang dipercaya bisa mengganggu peredaran hama-hama di sawah.

8. Alat Musik Tradisional Arumba

Arumba bukanlah sebuah alat musik, tetapi perpaduan antara beberapa alat musik yang berbahan dasar bambu seperti Angklung, Calung, dan Gambang Sunda. Arumba sendiri yaitu kepanjangan dari Alunan Rumpun Bambu ( The Rhythmof of Bamboos) yang di pelopori oleh Udjo Ngalagena pada tahun 1971.

Pada awalnya tangga nada yang digunakan arumba adalah pentatonis, namun dengan seiringanya waktu berubah menjadi diatonis.

Berikut adalah penjelasan mengenai susunan esemble gambang yang dipakai saat ini:

  • Gambang  pengiring, menghasilkan suara akord. Gambang ini dimainkan oleh satu pemain dengan 4 pemukul.
  • Gambang melodi, menghasilkan melodi lagu (saling mengisi suara dengan angklung) dimainkan oleh satu orang dengan dua pemukul.
  • Bass lodong, terdiri atas beberapa tabung bambu besar, dipukul untuk memberi nada rendah.
  • Gendang, digunakan sebagai pembawa (pengiring) irama.
  • Angklung solo, satu set angklung (biasanya 31 buah) tergantung palang. Diamainkan oleh satu orang, sehingga dua angklung yang bisa bergetar.

9. Alat Musik Tradisional Tarawangsa

Alat musik yang satu ini mirip dengan biola, apalagi kalo bukan tarawangsa. Jenis alat musik ini mempunyai usia yang lebih taua daripada rebab.

Karena berdasarkan naskah kuno Sewaka Darma tarawangsa ditemukan dan sudah digunakan sekitar awal abad ke-18.

Tarawangsa mempunyai dua dawai yang terbuat dari kawat baja atau besi, alat musik ini dimainkan dengan cara di gesek, Dan unik nya yang digesek hanya satu dawai saja sementara dawai yang satunya dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari telunjuk sebelah kiri.

10. Alat Musik Tradisional Jengglong

Jengglong merupakan salah satu alat musik sunda,  jengglong mempunyai fungsi sebagai pembuat nada dasar dan kerangka lagu pada seni gamelan.

Alat musik ini terbuat dari kuningan, cara memainkannya yaitu di pukul dengan kayu yang di bungkus kain wol halus atau karet tipis yang diikatkan ke ujung pemukul.

Bentuk jengglong berupa bilah-bilah yang terbagi pada dua buah ancak dan masing-masing berjumlah 3 bilah, Untuk permukaannya berpencon berdiameter 30-40 cm.

11. Alat Musik Tradisional Celempung

Alat musik sunda yang terakhir adalah celempung, alat musik ini tergolong unik karena tidak ada yang mengetahui asal mula keberadaannya dan kapan diciptakan.

Celempung memiliki 13 senar, biasanya digunakan di acara pentas gamelan daerah. Ciri khas dari alat musik ini adalah bernada slendro yaitu jenis nada yang sering dijumpai dalam seni musik Bali.

Celempung terbuat dari bahan dasar hinis awi (kulit bambu) dengan memanfaatkan resonasi yang ada dalam ruas batang bambu untuk menghasilkan suara.

Ada dua cara dalam memainkan alat musik ini.

  • Pengolahan suara
  • Cara memukul

Pengolahan suara adalah mengatur besar kecilnya udara yang keluar dari badan celempung. Sedangkan yang dimaksud cara memukul adalah kedua alur sembilu yang dipukul secara bergantian tergantung ritme dan suara yang diinginkan.

Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *