BerandaUmumMengenal Apa Itu Asuransi Jiwa Berjangka

Mengenal Apa Itu Asuransi Jiwa Berjangka

Bagi Anda yang belum mengenal asuransi jiwa berjangka tampaknya wajib tahu karena asuransi jiwa berjangka ini mulai banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi ternama seperti PMI Mega Life.

Asuransi tersebut merupa terobosan baru dari produk yang dikembangkan guna menambah inovasi produk asuransi bagi masyarakat. Lalu apa saja yang menarik dari asuransi ini? Berikut informasi lengkapnya.

Pengertian dan Keuntungan Memilih Asuransi Jiwa Berjangka

Apa Itu Asuransi Jiwa Berjangka?

Merupakan jenis asuransi berjangka yang menjamin kepada pihak tertanggung atau pemegang polis dalam jangka waktu tertentu. Pihak tertanggung akan mendapatkan pertanggungan dari klaim tunai yang berasal dari perusahaan asuransi. Kalim tersebut akan diberikan apabila tertanggung mendapat musibah dan berakhir meninggal dunia.

Sebaliknya, jika pihak tertanggung masih beraktivitas seperti biasa dan tidak mengalami risiko apapun yang bisa pertanggungkan seperti meninggal dunia dan jangka waktu tertanggung habis maka premi dianggap hangus. Jadi sejumlah premi yang sudah dibayarkan tidak bisa digunakan bahkan dicairkan dalam bentuk tunai.

Umumnya jangka waktu tertanggung ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing pemegang polis. Mulai jangka waktu 1 tahun, 5 tahun bahkan hingga 20 tahun lamanya, Anda tinggal menyesuaikannya. Jika sudah memperoleh produk dengan jangka waktu, manfaat dan biaya premi pastikan sesuai dengan kondisi saat ini atau waktu yang akan datang.

Keuntungan Asuransi Jiwa Berjangka

  • Asuransi dengan Premi Rendah

Keuntungan menggunakan asuransi jiwa berjangka yaitu premi yang rendah setiap bulannya. Anda tidak perlu bingung membayar premi dengan harga selangit jika memilih asuransi jiwa satu ini. jika dibandingkan dengan asuransi lain, asuransi berjangka termasuk kategori premi terjangkau sehingga menjadi salah satu alasan mengapa ia banyak digunakan.

Meskipun begitu, jumlah uang pertanggungan yang diberikan berbanding terbalik dengan nilai premi karena nilainya cukup besar apabila terjadi hal-hal berisiko seperti meninggal dunia. Bahkan jumlah yang akan Anda terima nilainya bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah.

  • Jangka Waktu Polis Dapat Diatur

Keunggulan kedua menggunakan asuransi berjangka ini adalah jangka waktu tertanggung asuransi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian Anda bisa benar-benar merencanakan asuransi ini dengan matang sesuai keinginan. Umumnya kebutuhan perlindungan diri akan risiko meninggal ini ketika berada dalam masa produktif atau menjadi sumber nafkah.

Adapun jangka waktu yang bisa Anda atur dalam asuransi berjangka ini mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun lamanya. Pemberian fleksibilitas ini memungkinkan Anda mendapatkan perlindungan sesuai durasi yang diharapkan.

  • Tidak Ada Manfaat Investasi atau Tabungan

Berbeda dengan asuransi pada umumnya, jenis asuransi berjangka ini tidak memberlakukan manfaat investasi atau tabungan. Dengan demikian Anda bisa mengelola investasi maupun tabungan secara terpisah dengan benar. Singkatnya, asuransi ini sangat cocok sebagai pilihan asuransi murni yang melindungi dan memperoleh kebutuhan seperti yang diharapkan.

Anda bisa membuat daftar kebutuhan dengan skala prioritas sebelum nantinya memilih jenis asuransi termasuk jenis berjangka ini. Jadi, buat rencana keuangan lalu realisasikan dengan tawaran menarik premi rendah dan pertanggungan yang tinggi dengan asuransi berjangka satu ini.


Itulah pengertian dan keunggulan memilih asuransi jiwa berjangka sebagai salah satu inovasi asuransi yang bisa diandalkan. Semakin beragamnya jenis asuransi ini terkadang membuat beberapa orang kesusahan memilih. Namun dengan jenis asuransi berjangka Anda bisa mendapatkan kemudahan mulai dari premi, pertanggungan, cara kerja hingga jangka waktu polis.

Yuk Diskusikan di Komentar