BerandaUmumCara Cek Spam Score Domain & Alasan Skornya Tinggi

Cara Cek Spam Score Domain & Alasan Skornya Tinggi

Jika Anda punya website, maka sudah tidak asing lagi dengan cara cek Spam score. Spam score ini berguna untuk melihat apakah website terkena penilaian spam dari Google. Pemilik website harus selalu memeriksanya karena memiliki dampak negatif jika skornya tinggi.

Spam Score yang tinggi bisa menyebabkan performa website menjadi turun sehingga ini akan mempengaruhi peringkat di pencarian Google. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara untuk mengecek spam score pada domain agar bisa dicegah sebelum nilainya tinggi.

Apa Itu Spam Score?

Pertama-tama mari kita bahas mengenai apa itu spam score? Spam score adalah penilaian yang diberikan oleh mesin pencarian menggunakan alat yang bernama MOZ untuk analisis situs.

Selanjutnya, dari alat ini kemudian akan menghasilkan nilai yang menunjukkan reputasi dari website yang Anda bangun. MOZ akan menggunakan algoritma untuk memunculkan skor.

Selanjutnya, ada 3 kategori untuk mendapatkan kesimpulan dari nilai tersebut. Jika hasilnya 1-30% maka website tersebut memiliki spam score yang aman. Sedangkan untuk 31-60% termasuk sedang dan yang berbahaya adalah jika memiliki nilai spam score 61-100%.

Selain masalah spam score domain, hosting juga mempengaruhi kinerja dari website, seperti VPS murah.

Cara Mengecek Spam Score Domain

Setelah mengetahui pengertian spam score, berikutnya adalah penjelasan cara mengecek spam score.

Untuk mengeceknya bisa menggunakan situs moz.com agar bisa mengkategorikan spam score apakah termasuk dalam zona hijau (0,5-7,5%), resiko menengah (11,4-30,6%), dan zona merah (56,8-100%).

Penting diketahui bahwa spam score ini harus tidak boleh lebih dari 13 ke atas. Seringkali domain yang sudah memasuki level tersebut sering dibanned oleh Google. Berikut adalah cara mengecek spam score domain pakai moz.com:

  • Silahkan untuk mengunjungi situs resmi moz: https://moz.com/login
  • Setelah terbuka, buat akun agar bisa login.
  • Cek email kemudian buka pesan dari moz. Selanjutnya, tekan tombol yang berwarna hijau.
  • Setelahnya, lakukan login kembali menggunakan email tadi.
  • Di menu utama, silahkan untuk menuliskan nama domain di website.
  • Lalu, klik Analyze Domain.
  • Terakhir, akan muncul berbagai informasi tentang nilai dari spam score domain tersebut.

Setelah mendapatkannya, gunakan hasil tersebut untuk membandingkannya dengan kategori nilainya apakah website Anda aman atau tidak.

Penyebab Angka Spam Score Domain Meningkat

Setelah mengetahui cara cek spam score, ketahui juga beberapa penyebab spam score ini memiliki peningkatan. Ada beberapa penyebab kenapa angka spam scorenya menjadi tinggi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ada Backlink dari Website Lain dengan Nilai Spam Score yang Tinggi

Penyebab pertama karena website lain yang Anda masukkan ternyata punya spam score tinggi. Jika link website lain tersebut kita salin dan masuk pada konten Anda, ini juga akan mempengaruhi kualitas dari website kita sendiri.

Oleh sebab itu, jangan sembarangan menempelkan website orang lain agar tidak terpengaruh ke website kita. Cari tahu terlebih dahulu apakah website tersebut aman atau tidak.

2. Terlalu Banyak Memasukkan Link Padahal Kontennya Sedikit

Penyebab lainnya yaitu terlalu banyak spam link sehingga jelas akan mempengaruhi peningkatan nilai spam score. Jadi, jika ingin memasukkan link, perhatikan juga jumlah kata artikel apakah sesuai atau tidak. Tambahkan jumlah katanya jika ingin memuat banyak link.

3. Sembarangan Memasukkan Backlink Berlebihan

Penyebab terakhir yaitu memasukkan backlink ke website atau blog. Tanpa sengaja, link yang ada di website lain juga bisa membuat website kita juga berdampak buruk. Oleh sebab itu, hindari terlalu banyak memberikan backlink.

Kesimpulan 

Itulah penjelasan lengkap cara cek spam score domain. Sebagai user, Anda perlu untuk berhati-hati untuk menaruh link atau backlink. Untuk memilih domain yang terus memiliki performa website yang baik, gunakan jasa penyedia hosting domain, dan VPS dari Niagahoster.

Yuk Diskusikan di Komentar