Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Cerita ke Sintesa

4 min read

deweezz.com

Sintesa? Apa itu? Dimana itu?

Pasti itu yang kalin pikirkan saat mendengar kata Sintesa.

Disini biar saya perjelas dulu ya , Sintesa adalah sebuah pesantren modern yang berfokus pada Tahfidz Alquran dan Internet Marketing yang berlokasi Magetan Jawa Timur.

Lebih jelasnya bisa liat maps dibawah ini!

 

Maps

“kenapa sih mesti masuk sintesa? ga masuk pesantren yang lain aja yang udah terkenal” pasti ada aja orang yang nanya gitu.

Dan disini saya akan menceritakan bagaimana saya bisa tau dan bisa daftar di sintesa.

jadi baca sampai habis oke!

Kuliah atau Pesantren

ummaymochil.com

Awalnya saya bingung untuk melanjutkan study setelah lulus dari MA.

Saya pernah daftar di salah satu universitas di tasikmalaya, tapi itu lewat ujian mandiri ga lewat SBMPTN, soalnya?

Wait biar saya cerita dulu yang sebelumnya oke, biar kalian paham juga.

Alasan

unsplash.com

karena waktu itu saya pernah sakit tipes selama 2 minggu, dan dirawat di salah satu rumah sakit di tasikmalaya.

Dan sebelum pulang, kata dokter yang merawat saya, saya harus menjalani  penyembuhan total dirumah selama 1 minggu  ga boleh kemana-mana.

Waktu itu hampir saja saya tidak mengikuti Ujian Nasional. Tapi untung saja tuhan masih memberikan kesempatan buat saya untuk mengikuti Ujian Nasional.

Dan akhirnya saya pun mengikuti Ujian Nasuional.

Sebulan setelah mengikuti Ujian Nasional saya pun langsung daftar kuliah lewat SBMPTN tapi sebagian universitas ada yang sudah menututup pendaftaran.

akhirnya saya pun terus mencari informasi tentang Universitas Negeri  yang masih buka pendftarannya, ya minimal lewat ujian mandiri.

Saya terus mencari saat itu lewat internet maupun lewat selembar brosur, ternyata susah ya.hhmm

Rata rata semua Universitas Swasta semua, lama lama kelamaan pusing juga ya. zz

Setelah itu kaka saya pun baru  pulang dari kerjaannya dan langsung nanya ke saya.

“gimana, kuliah udah ada rencana belum mau kemana-kemana nya?”

Saya pun saat itu cuma diem kaya orang kebingungan.

terus kaka saya ngomong lagi.

“udah aja kuliah di tasik mau ngga?” ucapnya

“emang jurusannya apa aja?” ataku

dan kaka saya pun memberikan sebuah brosur dan menyuruh untuk  saya baca.

Dan setelah saya baca dan saya resapi.

ternyata masih membuka ujian mandiri ya saya pikir ini kesempatan buat saya masuk Universitas walalupun bukan jalur SBMPTN.

Saat itu pun saya langsung daftar dan isi syarat-syarat apa saja yang harus di penuhi.

Singkat cerita.

Hari buat UM pun tiba dan saya diantar oleh kaka saya.

Setelah sampai di Universitas saya pun langsung memberikan kartu identitas dan KTP, setelah itu baru saya boleh masuk untuk mengikuti ujian.

Ujian Mandiri pun selesai, kini tinggal menunggu pengumuman.

Seminggu pun telah berlalu kini saatnya untuk melihat pengumuman

saat itu saya deg-degan sumpah dah, takutnya ga keterima gitu. hm

tapi saya memberanikan diri untuk melihat, ternyata hasilnya.

“Saya belum bisa untuk berkuliah disana” hm sedih banget

yaudahlah kataku belium rezeki kali

Direkomendasikan Pesantren

paragram.id

Dan sebulan pun telah berlalu dan sekarang telah memasuki bulan juli.

kaka saya memberikan informasi lagi.

“ted kalo mesantren mau ngga?” katanya

“hah mesantren.” kataku

iya mesantren di magetan, jawa timur” ucapnya

awalnya saya bingung soalnya sebelumnya saya belum pernah mesantren.

“tapi syaratnya jangan pulang selama satu tahun” ucapnya

tambah bingung lah saya apalagi di tambah ga pulang selama satu tahun lagi.

lalu saya menjawab.

“emang nama pesantrennya apa?” kataku

sintesa, pesantrenya fokus sama quran dan bsinis online”ucapnya

“nah pas ngedenger bisnis online, emang ada ya pesantren yang ngajarin bisnis online? perasaan yang namanya pesantren kan materinya agama semua.” saya bertanya-tanya

Lalu di jelaskanlah panjang lebar oleh kaka saya.

nah setelah dijelaskan, saya pun diberi waktu untuk memikirkan itu samua.

lalu hari berikutnya saya ditanya lagi oleh kaka saya,.

“Gimana mau ngga ke sintesa” ucapnya

Setalah saya pikir-pikir yaudah saya setujuin aja.

“iya mau” kataku

kebetulan saya juga hobby bisnis.

Pendaftaran

poltekkes-pontianak.ac.id

Lalu setelah itu saya mengisi syarat-syarat untuk daftar ke pesantren sintesa, salah satunya yaitu membuat vlog tentang biodata dan pengalaman hidup.

dan tinggal menunggu pengumuman yang bakal diumumukan lewat Facebok sintesa

tetapi sebelum pengumuman itu ada tahap wawancara dulu yang dilakukan oleh panita.

Dan wawancara itu dilakuakan via telpon. Saat kegiatanj wawancara itu kita di tanya tentang kesiapan kita masuk sintesa dan masih banyak lagi.

pengumuman pun tiba dan kini sudah saat nya untuk saya melihat keputusan panitia sintesa.

Tanpa pikir panjang saya langsung login di facebook dan langsung mencari facebook sintesa,saya sebenarnya itu deg-degan banget. wkwk tetapi ya saya harus lihat.

apapun nanti keputusan nya saya harus bisa berlapang dada.

Dan alhamdulilah saya diterima di tahap pertama yaitu untuk pergi ke sintesa dan menjalani tahap yang kedua yaitu menyesuaikan diri dengan lingkungan pesantren.

Jam pemberangkatan

beritagar.id

Esoknya pun saya sungkeman sama kedua orang tua saya.

Jujur saja saya sangat sedih ketika harus meninggalkan tanah kelahiranku dan meninggalkan keluarga tapi ya, harus bagaimana lagi ini juga buat bekal hidupku nanti dimasa depan.

Saya diantar sama kaka dan ayah saya, Jam 16:30 kami berangkat dari rumah menuju stasiun dan sampai di stasiun jam 18:00

berhubung kereta nya berangkat jam 20:00 kami nunggu disana selama 2jam.  dan perjalanan kami untuk ke jawa timur pun alhamdulilah lancar seperti biasa.

perjalanan kami, dari tasik ke jawa timur pun ditemupuh kurang lebih selama 9jam, dan sampai di madiun pada jam 04:30

sesampainya kami di madiun langsung disambut dengan tukang ojek dan taksi.

tetapi kami tidak menerima tawaran mereka, karena kata kaka saya biasanya harga angkutannya bisa lebih mahal.

Kami mencuekinya  saja terus kami istirahat di stasiun sebentar, sambil nunggu waktu shubuh juga.

setelah itu kaka saya mencari grabcar  untuk menempuh perjalanan selanjutnya ke pesantren sintesa.

selama perjalanan kami sempat tersesat, karena seharusnya yang tujuan ke sintesa dupak malah ke SMA High School.

Kejadian ini pun hampir dialami oleh semua santri. hihi

nah buat teman-teman yang mau nyantri di sintesa awas tersesat juga. hehe

nanti seaarch aja di maps kata kuncinya: “Sintesa dupak”. itu yang benar oke!

Dan kami sampai di pesanten sintesa pada jam 06:40.

Sampai di Sintesa

ROBOT.ID

Sesampainya di sintesa kami langsung disambut hangat oleh panitia dan angakatan 9. yang saat itu sedang pada main laptop entah saat itu lagi bisnis, lagi bisnis dah kayanya. hihi

Dan kami di persilahkan untuk masuk ke sebuah ruangan yang tidak lain itu adalah kamar untuk menyimpan barang barang bawaan kami.

Tidak lama kemudian ada satu oranglaki-laki mendatangi kami yang tidak lain itu adalah Mas Parhan, selaku panitia penerimaan santri baru  dan disini kami ditanyai beberapa hal.

Penutup

doctorslide.com

Nah itulah sekilas pengalaman berkesan tentang cerita menuju Pesantren Sintesa yang saya alami.

Walaupun isinya hanya sharing pengalaman, saya harap bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sekian dan terima kasih.

Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *