BerandaEdukasiJenis-jenis Penelitian

Jenis-jenis Penelitian

Memahami jenis-jenis penelitian merupakan hal yang penting saat kita akan memutuskan untuk mengakaji sebuah topik.

Hal ini disebabkan karena setiap topik penelitian memiliki situasi, kondisi dan tujuan yang berbeda-beda sehingga dibutuhkan waktu untuk mempelajari terlebih dahulu fenomena tersebut.

Umumnya penelitian bertujuan untuk memperbaharui pengetahuan baru dalam suatu bidang, tanpa adanya penelitian atau riset, suatu ilmu pengetahuan akan berhenti dan menjadi tidak valid.

Jenis-jenis Penelitian

Jenis penelitian

Pada dasarnya penelitian terdiri dari dua macam, yakni penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data berupa angka. Sedangkan penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan menggunakan alisis secara detail.

Dari kedua macam penelitian tersebut dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis penggolongan penelitian diantaranya sebagai berikut:

1. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah sebuah metode penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau atau peristiwa yang ada dan masih terjadi sampai saat ini.

Tujuan dari penelitian jenis ini untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta.

Ada beberapa ciri untuk mengetahui jenis penelitian deskriptif, antara lain:

  • Pembahasan dipusatkan pada pokok permasalahan penelitian
  • Menggambarkan permasalahan yang sedang diselidiki
  • Bersifat menerangkan makna yang ada pada permasalahan tersebut

2. Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen adalah jenis penelitian percobaan yang digunakan untuk menguji sebuah hipotesis atau mengetahui hubungan sebab akibat atas timbulnya kejadian tertentu.

Penelitian eksperimen dikelompokkan menjadi beberapa macam, diantaranya:

  • Pre experimental design.
  • True experimental design.
  • Quasy experimental design.
  • Design factorial.

3. Penelitian Korelasional

Penelitian korelasional merupakan penelitian yang bertujuan untuk menentukan hubungan antara dua variabel atau lebih.

Pada umumnya, jenis penelitian ini dibutuhkan data variabelnya sendiri, karena dengan data yang sudah terkumpul, bisa diambil sebuah kesimpulan antara hubungan variabel-variabel yang berkaitan.

4. Penelitian Survei

Penelitian survei adalah suatu kegiatan untuk mengumpulkan data dan informasi terhadap sebuah populasi/ komunitas tententu, yang nantinya data tersebut akan mewakili dari keseluruhan populasi tersebut.

Dalam penelitian ini ilmu statistik sangat dibutuhkan, karena akan berperan penting dalam pengambilan survei agar data yang dikumpulkan dapat dikatakan valid.

5. Penelitian Evaluasi

Penelitian evaluasi merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena dari sutu kejadian, kegiatan, dan produk.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah agar dapat mengambil kesimpulan dari sebuah kejadian/ kegiatan, sehingga bisa dijadikan sebagai pelajaran agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

6. Penelitian Studi Kasus

Studi kasus merupakan kegiatan penelitian yang bertujuan untuk menggali informasi tertentu, layaknya seorang detektif yang mencoba memecahkan masalah yang ada.

Pada jenis penelitian studi kasus, data atau informasi yang berkaitan dengan topik tersebut menjadi salah satu hal yang berperan penting untuk memecahkan permasalahan yang ada.

7. Etnografi

Etnografi adalah kegiatan analisa yang dilakukan secara mendalam oleh beberapa kelompok sosial yang ada di masyarakat.

Dalam proses kegiatannya akan dilakukan wawancara dengan narasumber disertai dengan pengambilan dokumentasi peristiwa yang ada dalam kelompok sosial tersebut.

8. Penelitian Historis

Penelitian historis merupakan jenis penelitian yang mempelajari sejarah atau fakta mengenai suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau.

Data utama dari penelitian historis ini berupa dokumentasi suara, gambar digital atau bahkan objeknya langsung.

9. Cultural

Penelitian cultural merupakan sebuah penelitian yang mengkaji budaya atau tradisi turun-turun kelompok masyarakat tertentu.

Dalam penelitian cultural diperlukan data yang sudah dipastikan valid akan perkembangan budaya yang ada suatu tempat.

10. Penelitian Simulasi

Penelitian simulasi merupakan bentuk penelitian yang bertujuan untuk mencari gambaran melalui sebuah sistem berskala kecil atau sederhana dimana di dalam model tersebut akan dilakukan manipulasi atau kontrol untuk melihat pengaruhnya.

Penelitian ini mirip dengan penelitian eksperimental, perbedaannya adalah di dalam penelitian ini membutuhkan lingkungan yang benar-benar serupa dengan keadaan atau sistem yang asli.

11. Teori Dasar

Penelitian teori dasar merupakan sebuah metode penelitian yang berdasarkan fakta dan memanfaatkan analisis perbandingan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membentuk generalisasi, menetapkan konsep, membuktikan serta mengembangkan teori.

Itulah 11 jenis metode penelitian yang umum dan populer di kalangan mahasiswa. Semoga dengan mengetahui jenis-jenis penelitian ini bisa menjadi referensi kamu dalam pembuatan karya tulis ilmiah.

Yuk Diskusikan di Komentar