Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

√ 12 Jenis-jenis Penelitian

3 min read

Jenis-jenis penelitian

Sebelum memulai sebuah penelitian alangkah baiknya jika kamu mengetahui jenis-jenis penelitian yang biasa dipakai.

Kegiatan meneliti ini merupakan upaya perumusan masalah, yang mengandung tanya jawab.

Penelitian bertujuan untuk memperbaharui pengetahuan baru dalam suatu bidang, tanpa adanya penelitian atau riset, suatu ilmu pengetahuan akan berhenti dan menjadi tidak valid.

Penelitian ini biasanya di lakukan oleh individu atau kelompok, guna tujuan tertentu.

Jenis-jenis Penelitian

Jenis-jenis penelitian

Pada dasarnya penelitian terbagi menjadi 2 yakni penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Tetapi pada kali ini saya akan membahas lebih banyak jenis penelitian yang dapat kalian ketahui, berikut ini diantaranya:

1. Penelitian Simulasi

Penelitian simulasi merupakan jenis penelitian yang memiliki tujuan untuk mencari suatu gambaran lewat suatu sistem dengan skala kecil maupun sederhana.

Penelitian ini hampir sama jika dibandingkan dengan penelitian eksperimental, hal yang membedakannya adalah pada penelitian simulasi memerlukan suatu lingkungan yang sangat mirip dengan keadaan yang asli.

2. Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen adah jenis penelitian percobaan yang berupaya mengisolasi serta kontrol di masing-masing situasi yang hendak diteliti lalu mengamati pada efek maupun pengaruh saat pT conditional sentence memanipulasi kondisi-kondisi tersebut.

Jenis penelitian eksperimen terbagi menjadi 4 jenis yaitu:

  • Pre experimental design
  • True experimental design
  • Quasy experimental
  • Design faktorial desain

3. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah sebuah metode penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa-peristiwa yang ada dan masih terjadi sampai saat sekarang.

Tujuan dari penelitian jenis ini untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu

Jenis penelitian ini berbeda dengan eksperimen sebab tidak melakukan perubahan terhadap variabel-variabel bebasnya.

4. Penelitian Evaluasi

Penelitian evaluasi adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena dari suatu kejadian, kegiatan dan produk.

Jenis penelitian ini diharapkan mampu memberi evaluasi dari sebuah kejadian dan kegiatan tertentu.

Evaluasi yang dimaksud dapat berupa kritik, saran, masukan, atau bentuk evaluasi lain guna mendukung pengambilan keputusan tentang kejadian serupa yang akan dilaksanakan.

Contohnya adalah keefektifitasan, kemenarikan serta keefensiesian suatu program

5. Penelitian Survei

Penelitian survei adalah jenis penelitian yang dilkukan pada populasi besar atau kecil, namun data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi.

Maksudnya penelitian ini dilakukan untuk mengambil sampel tertentu untuk merumuskan keseluruhan populasi penelitian.

Populasi ini berhubungan dengan sebuah istansi/lembaga organisasi maupun unit-unit kemasyarakatan dan sebagainya namun sumber utamanya adalah orang.

6. Penelitian Teori Dasar

Teori dasar adalah suatu pendekatan yang dilakukan peneliti guna menemukan serta mengembangkan teori yang relevan dengan studi fenomena.

Dengan mengaplikasikan grounded theory/teori dasar peneliti secara sengaja mencari peserta yang menghadapi fenomena yang lagi dikaji mengidentifikasi data meliputi dokumen wawancara serta catatan.

7. Penelitian Etnografi (Ethnography)

Metode penelitian etnografi termasuk dalam metode penelitian kualitatif. Kata etnografi berasal dari bahasa Yunani  yakni ethos yang artinya suku bangsa dan graphos yang artinya sesuatu yang ditulis

Etnografi adalah kegiatan analisa secara mendalam, umumnya dilakukan oleh kelompok sosial yang bertujuan untuk melakukan pengumpulan data observasi wawancara dan dokumen.

Penelitian jenis ini dilakukan untuk membangun karakter tingkah laku serta kepercayaan dari suatu kelompok dari masa ke masa.

Hal ini memungkinkan peneliti ikut serta mentah menjadi pengamat atau peserta aktif dalam Interaksi yang relatif lama dengan kelompok yang hendak dikaji.

8. Penelitian Historis

Penelitian historis merupakan salah satu jenis penelitian yang mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan fakta serta mengambil kesimpulan berdasarkan kejadian atau fenomena yang terjadi pada masa lampau.

Data utama dari bentuk jenis penelitian ini adalah sejarah yang sifatnya historis, salah satu contohnya adalah para kalangan arkeolog memakai sumber data seperti dokumentasi mengenai masa lalu.

9. Penelitian Cultural

Jenis penelitian kultural atau budaya merupakan suatu penelitian yang diaplikasikan terhadap objek berbentuk unsur maupun fenomena-fenomena budaya yang memakai perangkat metodologis yang terdapat pada ilmu pengetahuan budaya.

10. Penelitian Etnologi

Etnologi berasal dan dua kata, yaitu etnos yang berarti bangsa dan logos yang berarti pengetahuan, jadi dapat disimpulkan bahwa etnologi adalah ilmu tentang bangsa-bangsa.

Dalam penelitian etnologi dilakukan berbagai kegiatan pengumpulan bahan keterangan secana sistematis mengenal cara hidup dan berbagai kegiatan sosial yang berkaitan dengan berbagai unsur budaya dan suatu masyarakat.

Etnologi sendiri merupakan suatu jenis penelitian yang terpusat pada tingkah laku manusia.

Tesis pada saat melakukan penelitian ini, seorang peneliti harus mempunyai cara agar tidak terlihat seperti peneliti, karena jika tidak begitu intepretasi dari data yang diperoleh bisa terpengaruh.

11. Penelitian Studi Kasus

Studi kasus berasal dari terjemahan dalam bahasa Inggris “A Case Study” atau “Case Studies”. Kata “Kasus” diambil dari kata “Case” yang menurut Kamus Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English diartikan sebagai

1). Instance or example of the occurance of sth

2). Actual state of affairs; situation

3). Circumstances or special conditions relating to a person or thing.

Jika di terjemahkan artinya sebagai berikut.

1). Contoh kejadian sesuatu

2). Kondisi aktual dari keadaan atau situasi

3). Lingkungan atau kondisi tertentu tentang orang atau sesuatu.

Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa studi kasus ialah suatu serangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam tentang suatu program/peristiwa dalam suatu organisasi dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan mendalam tentang peristiwa tersebut.

Biasanya, peristiwa yang dipilih disebut kasus adalah hal yang aktual (real-life events), yang sedang berlangsung, bukan sesuatu yang sudah lewat.

12. Penelitian Korelasional

Jenis penelitian korelasional adalah sebuah penelitian yang meliputi kegiatan pengumpulan data memilih dan menentukan menentukan antara hubungan serta tingkat hubungan dua variabel maupun lebih

Keberadaan hubungan serta tingkat variabel sangatlah penting karena dengan mengetahui lebih lanjut mengenai tingkat hubungan yang ada, peneliti bisa memuaskannya sesuai dengan tujuan penelitian.

Penelitian kausal komparatif atau penelitian ex post facto adalah suatu penelitian empiris yang mana mematikan kreativitas dengan langsung, sebab adanya variabel tersebut sudah terjadi.

Beberapa kegiatan pendekatan dasar bahasa komparatif yaitu berbagai aktivitas peneliti yang dimulai dari meneliti efek variabel satu pada variabel yang lain lalu dia berupaya mencari variabel penyebabnya.

Penelitian komparatif melakukan perbandingan antara situasi masa lampau dengan masa saat sekarang maupun juga kondisi-kondisi paralel yang tidak sama terlebih lagi jika peneliti tidak mempunyai pengendalian terkait situasi yang akan identifikasi

Penutup

Nah, itulah pemaparan mengenai jenis-jenis penelitian, setelah membaca artikel ini kami merekomendasikan kalian untuk membaca mengenai jenis variabel yang telah dijelaskan disini karna akan sangat membantu apalagi jika kalian sudah meneliti dan bingung jenis variabel apa yang akan digunakan.

Meskipun banyak terdapat beberapa jenis penelitian seperti di atas, banyak studi yang sebenarnya merupakan kombinasi dari beberapa jenis penelitian. Hal ini sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti.

Sekian, semoga dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semua jangan lupa buat like dan share jika artikel ini membantumu dalam pembelajaran.

Terimakasih atas kunjungannya.

Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Pengertian Ringkasan

Malik fauzan
4 min read

Pengertian Latar

Malik fauzan
3 min read

Pengertian Kata Serapan

Malik fauzan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *