Jenis-jenis pidato

Jenis-jenis Pidato

Beragam jenis-jenis pidato yang mesti diketahui oleh seorang orator.

Pidato adalah kegiatan berbicara di depan khalayak umum untuk menyampaikan suatu ide/ gagasan dalam bentuk kata-kata yang dibalut dengan ekspresi wajah, intonasi suara, dan gestur tubuh.

Saat berpidato ucapan dan susunan pidato itu haruslah baik dan terstruktur karena pidato yang baik akan memberikan dampak serta kesan yang positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut.

Memiliki kemampuan dasar berpidato sangatlah penting, karena mau tidak mau pasti akan dialami juga baik itu sekarang ataupun di kemudian hari.

Jenis-jenis Pidato

Pidato dibedakan menjadi tiga jenis yaitu berdasarkan isi dan sifatnya, tujuan, serta cara penyampaiannya.

Jenis Pidato Berdasarkan Isi dan Sifatnya

1. Pidato Sambutan

Pidato sambutan adalah pidato yang dibawakan pada suatu acara, jenis pidato ini biasanya dibawakan oleh orang-orang penting/ orang yang disegani.

Baca juga: Jenis Paragraf

Pidato sambutan umumnya dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas.

2. Pidato Pembukaan

Pidato pembukaan adalah pidato singkat yang umumnya disampaikan oleh seorang pembawa acara atau MC. Jenis pidato ini hanya berisi sedikit kata-kata dari pembawa acara.

3. Pidato Pengarahan

Pidato pengarahan merupakan pidato yang disampaikan seseorang dimana tujuannya untuk mengarahkan suatu pertemuan atau rapat.

4. Pidato Peresmian

Pidato peresmian merupakan pidato yang disampaikan oleh seseorang yang dianggap penting pada acara peresmian.

5. Pidato Pertanggungjawaban

Pidato pertanggungjawaban adalah pidato yang disampaikan oleh seseorang yang bertanggungjawab atas suatu kegiatan/ acara.

6. Pidato Laporan

Pidato laporan adalah pidato yang disampaikan seseorang yang isinya mengenai laporan suatu kegiatan atau tugas tertentu.

Jenis Pidato Berdasarkan Tujuannya

1. Pidato Informatif

Pidato informatif atau instruktif adalah pidato yang bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi atau keterangan tertentu kepada pendengar.

2. Pidato Deskriptif

Baca juga: Jenis Kata Kerja

Pidato deskriptif adalah pidato yang digunakan untuk melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan.

3. Pidato Persuasif

Pidato persuasif adalah pidato yang bersifat mengajak atau membujuk pendengar untuk melakukan hal yang disampaikan.

4. Pidato Argumentatif

Pidato argumentatif adalah pidato yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar. Supaya pendengar mau mengubah pandangan dan keyakinannya kemudian mengikuti pandangan dan keyakinan dari pembicara.

5. Pidato Rekreatif

Pidato rekreatif adalah pidato yang bertujuan untuk menghibur pendengar. Biasanya terdapat dalam jamuan-jamuan, pesta-pesta atau perayaan tertentu.

Jenis Pidato Berdasarkan Cara Penyampaian

1. Pidato Impromtu

Pidato impromtu adalah pidato yang disampaikan secara tiba-tiba (spontan) tanpa adanya persiapan dari orang yang berpidato. Pada umumnya, pidato ini dilakukan hanya pada situasi darurat atau spontanitas dimana pembicaranya menyampaikan informasi berdasarkan pengalaman atau pengetahuannya.

2. Pidato Manuskrip

Pidato manuskrip adalah jenis pidato yang menggunakan naskah, dimana seorang orator akan membacakan naskah pidato yang telah disiapkan dari awal hingga akhir.

Perlu diingat bahwa seseorang yang menggunakan metode manuskrip disebutnya “membacakan pidato” dan bukan menyampaikan pidato.

3. Pidato Memoriter

Pidato memoriter adalah metode pidato dengan cara mengahapalkan naskah terlebih dahulu. Pada pidato jenis ini, yang penting kamu memiliki kemampuan menghapalkan teks pidato dan mengingat kata-kata yang ada di dalamnya dengan baik.

4. Pidato Ekstempore

Pidato ekstempore adalah pidato yang paling baik dan paling sering digunakan oleh juru pidato yang berpengalaman dan mahir. Dalam penyampaiannya, pembicara hanya menyiapkan garis besar dan pokok-pokok bahasan penunjangnya saja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *