1. Emha Abdurrahman

Menurut Emha Abdurrahman, pengertian pembicaraan adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk membicarakan uraian atau pendapat yang dilakukan oleh seseorang tentang lisan atau sesuatu yang berkaitan dengan menggunakan kalimat yang dijelaskan di pertemuan orang banyak pada waktu tertentu.

2. Syam

Menurut Syam, pidato adalah teknik berbicara yang menggunakan kata-kata atau bahasa yang efektif, yaitu dengan menampilkan keahlian atau kemahiran seseorang dalam melakukan pemimilihan kata yang dapat memengaruhi pendengar.

3. Arsjad

Menurut Arsjad, pembicaraan tentang pidato adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk membantu serta menanamkan berbagai pembicaraan, ide atau konsep dari pembicara untuk orang banyak di muka umum dan berusaha agar pendengar yakin terhadap yang telah disampaikan oleh pemirsa.

4. Isdaryanto

Pidato merupakan kegiatan yang dilakukan orang-orang yang mengandalkan kemampuan bahasanya sebagai alat.

5. Wirajaya (2008: 123)

Pidato merupakan ucapan selamat datang yang baik dan terstuktur untuk disampaikan didepan khalayak umum.

Artikel terkait: Jenis-jenis Frasa

Struktur Pidato

Dalam membuat teks pidato, tidaklah dilakukan dengan asal-asalan. Tetapi juga harus memiliki struktur yang benar dan tepat.

Struktur pidato adalah sebagai berikut:

 1. Salam Pembuka

Salam  pembuka terletak pada bagian awal dan menjadi pembukaan dalam suatu pidato.

Contoh salam pembuka:

Assalamu’alaikum Wr. Wb, salam sejahtera bagi kita semua, selamat pagi, dan lain sebagainya.

2.  Ucapan Penghormatan

Ucapan penghormatan biasanya diberikan kepada orang yang memiliki jabatan yang sudah hadir dalam acara tersbut.

Urutan pengucapannya diawali dari pangkat yang paling tinggi terlebih dahulu

Contoh ucapan penghormatan:

Yth. Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tasikmalaya, Drs. H. Dadi Bahtiar M.M.Pd.
Yth. Bapak dan ibu guru serta semua staf SMA Negeri 1 Tasikmalaya dan juga seluruh teman-teman yang saya cintai.

3. Ucapan Syukur

Pada bagian ini biasanya orator mengucapkan rasa syukur karena bisa berkumpul dengan para hadirin.

Contoh ucapan syukur:

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di sini. Tidak lupa, sholawat serta salam kita sampaikan kepada nabi besar Muhammad SAW. Rasul akhir zaman yang kita nanti-nantikan syafaatnya kelak.

4. Isi Pidato

Isi pidato adalah bagian terpenting karena pada bagian ini berisikan mengenai gagasan, informasi, ide atau hal lainnya yang disampaikan kepada orang yang hadir.

Contoh isi pidato:

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pergaulan bebas. Di era modern dan serba terknologi canggih ini banyak sekali remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas.

Yang dinamakan pergaulan bebas yaitu pergaulan yang berlebihan dan pergaulan yang sudah menyalahi norma-norma agama yang ada dimasyarakat. Pergaulan bebas ini seperti merokok, mabuk-mabukan, balapan liar atau bahkan hamil diluar nikah.

Terdapat banyak faktor penyebab pergaulan bebas, yang menjadi penyebab terbesarnya yaitu dipengaruhi oleh teman yang perilakuanya kurang baik. kurangnya kesadaran anak bisa akibat yang adanya pergaulan bebas.

Selain itu, pergaulan bebas ini juga karena kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua sehingga anak tersebut mencari perhatian diluar lingkungan keluarga. Bahkan, adanya aturan orang tua yang terlalu mengekang dan kurangnya pendidikan agama yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak juga sebagai penyebab pergaulan bebas.

Jadi pergaulan bebas adalah apapun perbuatan yang tidak terpuji dan bisa merugikan diri sendiri. Maka dari itu, memperdalam ilmu agama adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Semoga pidato yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

5.  Penutup Pidato

Struktur terakhir dari pidato adalah penutup pidato. Pada bagian ini biasanya berisikan kesimpulan yang diikuti dengan salam penutup.

Contoh penutup pidato:

Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam perkataan maupun perbuatan saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas perhatiannya

Wassalamualaikum Wr. Wb