Pengertian seni

Jenis-jenis Seni

Sadar atau tidak dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita banyak menjumpai jenis-jenis seni, baik itu ketika di rumah, di jalan, di kantor, bahkan di TV.

Seni sendiri adalah induk dari semua cabang yang berada didalamnya. Berbicara tentang seni apa kamu tahu makna seni yang sebenarnya?

Untuk kamu yang lagi bingung dan sedang mencari jawabannya, maka disini akan dijelaskan mengenai materi seni lengkap dengan cabang seni didalamnya.

Silahkan disimak.

Pengertian Seni

Pengertian seni

Secara etimologi seni berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pemujaan atau persembahan, maksudnya orang zaman dulu memakai seni dalam upacara keagamaan atau biasa disebut juga dengan kesenian.

Secara umum, seni adalah suatu ekspresi manusia yang didalamnya terdapat unsur keindahan dan diungkapkan melalui suatu media yang bersifat nyata, baik itu dalam bentuk nada, gerak, rupa, dan syair.

Menurut pendapat lain, seni merupakan sebuah karya hasil manusia yang dibuat berdasarkan ide gagasan yang memiliki nilai keindahan dan mampu membakitkan perasaan bagi orang yang melihatnya.

Adapun menurut Padmapusphita, bahwa seni berasal dari bahasa Belanda yaitu genie dalam bahasa latin disebut dengan genius yang artinya kemampuan luar biasa dibawa sejak lahir.

Sedangkan menurut ilmu Eropa bahwa seni berasal dari kata art yang berarti visual artinya suatu media yang melakukan kegiatan tertentu.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Seni menurut ahli

Selain definisi diatas, ada beberapa tokoh dunia terkenal yang turut menyampaikan pendapatnya mengenai jenis-jenis seni, yakni sebagai berikut:

1. Thomas Munro

Seni adalah suatu alat ciptaan manusia yang bisa menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

2. Aristoteles

Seni adalah suatu bentuk ungkapan dan penampilan yang nyata dan seni pada prinsipnya meniru alam.

3. Hilary Bel

Seni merupakan istilah yang digunakan pada semua karya yang menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

4. Alexander Baum Garto

Seni adalah keindahan dan tujuan dari seni adalah menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

5. Drs. Popo Iskandar
Seni adalah hasil ungkapan emosi yang disalurkan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/ kelompok.

6. Eric Ariyanto

Seni merupakan sebuah aktivitas rohani atau batin yang disalurkan dalam bentuk karya dan dapat membangkitkan perasaan seseorang yang melihat atau mendengarnya.

8. Herbert Read

Seni merupakan ekspresi dari penuangan hasil dari pengamatan dan pengalaman yang dikaitkan dengan perasaan, aktivitas fisik dan psikologis ke dalam bentuk karya.

9. Ki Hadjar Dewantara

Seni adalah hasil dari sebuah proses yang bernilain keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan seseorang yang melihatnya, dan seni merupakan perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dan menimbulkan perasaan indah.

10. Ensiklopedi Indonesia

Menurut Ensiklopedi Indonesia, seni merupakan ciptaan dari segala hal, karena keindahannya maka orang akan senang jika melihat maupun mendengarkannya.

Jenis-jenis Seni

Jenis jenis seni

Secara umum pembagian seni dibedakan berdasarkan indra penserapannya, yaitu; seni audio, seni visual, dan seni audio-visual.

  1. Seni audio adalah seni yang diserap melalui indra pendengaran. Contoh; seni musik atau suara, drama radio, puisi di radio, dll.
  2. Seni visual adalah seni yang diserap melalui indra penglihatan. Umumnya dikenal dengan sebutan seni rupa.
  3. Seni audio-visual adalah seni yang sekaligus diserap oleh indra pendengaran dengan indra penglihatan. Contoh; seni tari, drama/ teater, film, dll.

Di samping itu, terdapat pembagian seni lain yang tidak terpaku pada jenis penserapannya yaitu seni sastra.

Macam-macam seni dapat dibedakan menjadi lima bentuk, yaitu sebagai berikut.

1. Seni Rupa

Seni rupa adalah sebuah cara menampilkan keindahan dalam bentuk karya yang bisa dirasa, dilihat, diraba dan juga dinikmati.

Dalam konteks ini, seni rupa hanya memfokuskan pada suatu karya yang memiliki rupa dan wujud, biasanya diaplikasikan ke dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, multimedia, dan lain-lain.

2. Seni Tari

Seni tari merupakan bentuk seni yang identik dengan gerak tubuh sebagai bentuk keindahannya. Gerak ini berfungsi sebagai media mengkomunikasikan sesuatu dari koreogragfer.

Keindahan tari terletak pada kebahagian, kepuasaan, baik itu dari koreografer, peraga dan penikmat atau penonton.

Pada umumnya jenis seni tari ini digabungkan dengan seni musik. Tujuannya yaitu agar konsentrasi dan konsistensi gerakan tari menjadi lebih sempurna dalam penyampaian pesan dan perasaan.

Seni tari sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Seni tari tradisional.
  • Tari garapan.

3. Seni Musik

Seni musik atau seni audio merupakan karya seni yang menggunakan bunyi kemudian diserap melalui indra pendengaran.

Rangkaian bunyi yang didengar dapat memberikan rasa senang dan rasa puas bagi yang mendengarnya karena adanya keserasian susunan dari rangkaian tangga nada bunyi-bunyi tersebut.

Secara garis besar ada dua jenis musik yaitu:

  • Musik vokal.
  • Musik instrumental.

Musik vokal adalah jenis musik yang hanya mengandalkan suara manusia saja. Contoh; beatbox dan akapela. Sedangkan musik instrumental adalah jenis seni musik yang diperoleh dari memainkan alat-alat musik

4. Seni Drama/ Teater

Berikutnya ada jenis seni drama/ teater. Seni teater adalah jenis seni yang berupa pertunjukan yang dipentaskan diatas panggung.

Secara umum seni teater merupakan gambaran sebuah peristiwa duniawi yang menampilakan adegan atau perilaku manusia dengan gerak, tari, dan nyanyian yang dilengkapi dialog dan akting para pemain.

Seni teater termasuk kedalam kesenian yang berwujud seni peran. Oleh karena itu ada beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki para pemain seperti; menciptkan naskah, memahami karakter, dan mengepresikan karakter dalam naskah.

5. Seni Sastra

Seni sastra adalah seni yang diaplikasikan melalui susunan rangkaian bahasa, baik secara lisan ataupun tulisan yang dapat menimbulkan rasa senang bagi orang yang membacanya.

Secara garis besar seni sastra dikelompokan menjadi dua jenis, antara lain:

  • Puisi adalah seni yang cenderung menyederhanakan deskripsi dengan menangkap inti permasalahan yang ingin diungkapkan.
  • Prosa adalah seni sastra yang berusaha mendeskripsikan keadaan, keinginan, atau imajinasi secara mendetail.

Fungsi Seni

Fungsi seni secara umum

Adapun fungsi seni dapat dibedakan menjadi dua yaitu, fungsi seni bagi individu dan fungsi seni bagi sosial. Penjelasannya dibawah ini.

1. Fungsi Seni Bagi Individu

Manusia terdiri dari unsur fisik dan fsikis. Salah satu unsur psikis yaitu emosi. Oleh karena itu fungsi individual ini di bagi menjadi fungsi pemenuhan kebutuhan seni secara fisik dan psikis/ emosional.

  • Seni Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Dalam proses pemenuhan kebutuhan fisik ini, para seniman mempunyai peranan penting dalam menciptakan berbagai benda-benda bernilai seni untuk pemuasan kebutuhan fisik dan memberikan kenyamanan bagi orang lain.

  • Seni Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Emosional

Emosi adalah peraasaan di dalam diri manusia, baik itu perasaan senang, marah, sedih, haru, cinta, benci, dan lain-lain. Semua orang perlu meluapkan perasaan di dalam diri mereka agar kondisi kejiwaannya tetap normal.

Dan untuk memenuhi kebutuhan emosional tersebut, manusia membutuhkan dorongan dari luar dirinya.

Contoh: seseorang yang punya jiwa seni dan estetika akan mengungkapkan emosinya melalui musik, lukisan, dsb.

2. Fungsi Seni Bagi Sosial

Manusia adalah mahluk sosial yang artinya tidak bisa hidup sendiri dan memiliki kebutuhan untuk interaksi dengan orang lain dan lingkungannya.

Dalam hal ini seni juga berfungsi sebagai media untuk pemenuhan kebutuhan sosial tersebut, yaitu:

  • Seni Sebagai Media Agama

Seni mempunyai peranan penting dalam penyampaian pesan religi/ agama kepada manusia. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan sehari-hari seperti; busana/ pakaian, upacara pernikahan, upacara kematian, lagu rohani, kaligrafi, dan lain-lain.

  • Seni Sebagai Media Pendidikan

Seni juga punya peranan penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu:

  1. Pendidikan formal yaitu pendidikan di lingkungan sekolah.
  2. Pendidikan non-formal ialah pendidikan di lingkungan masyarakat.
  3. Pendidikan informal yakni pendidikan di lingkungan keluarga.
  • Seni Sebagai Media Informasi

Lewat seni kita bisa menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan lebih mudah.

Contoh; penggunaan poster yang bernilai seni yang di dalamnya terdapat informasi tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi, dan penyampaian program pemerintah.

  • Seni Sebagai Media Hiburan

Seni juga dijadikan sebagai sarana melepas kejenuhan/ mengurangi kesedihan.

Contoh; manusia bisa merasa terhibur ketika melihat sebuah lukisan, menonton bioskop, atau menonton sebuah konser musik.

Tujuan Karya Seni

Tujuan seni

Tujuan karya seni dibuat sangatlah beragam. Ada yang untuk kepuasan pribadi, tuntutan keadaan, tujuan praktis untuk mencari uang, adapula yang demi kepentingan kesejahteraan umat manusia.

Namun, tujuan utama seni adalah:

  • Mengembangkan kreativitas.
  • Mengembangkan kemampuan untuk berapresiasi.
  • Mengembangkan keterampilan.
  • Mengembangkan kepribadian.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis seni, fungsi, beserta tujuannya. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menjadi tambahan referensi dan wawasan pengetahuan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *