Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Jenis-jenis Seni | Pengertian, Fungsi, Jenis, Beserta Contohnya

5 min read

Macam-macam seni

Jenis-jenis Seni – Mungkin disini kalian sudah ada yang pernah mendengar kata seni, akan tetapi apakah kalian tau apa sebenarnya arti  seni ?

Memang didalam kehidupan sehari-hari, ada banyak sekali jenis seni yang hidup bedampingan dengan masyarakat.

Entah seni tersebut hanya untuk menambah keindahan semata ataupun jenis manfat yang lebih penting untuk kehidupan.

Seni sendiri adalah induk dari semua cabang yang berada didalamnya. Berbicara tentang seni ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui tentang seni.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian seni lengkap dengan jenisnya.

Untuk lebih lengkapnya simak pembahasan dibawah ini.

Pengertian Seni

Pengertian seni

Secara etimologi seni berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pemujaan atau persembahan, maksudnya orang zaman dulu memakai seni dalam upacara keagamaan atau biasa disebut juga dengan “Kesenian”.

Secara umum seni adalah suatu ekspresi manusia yang didalamnya terdapat unsur keindahan dan diungkapkan melalui suatu media yang bersifat nyata, baik itu dalam bentuk nada, gerak, rupa, dan syair.

Menurut pendapat lain, seni merupakan sebuah karya hasil manusia yang dibuat berdasarkan ide gagasan yang memiliki nilai keindahan dan mampu membakitkan perasaan bagi orang yang melihatnya.

Adapun menurut Padmapusphita seni berasal dari bahasa Belanda yaitu “Genie” dalam bahasa latin disebut dengan genius yang artinya kemampuan luar biasa dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut Ilmu Eropa bahwa seni berasal dari kata “Art” yang berarti artivisual artinya suatu media yang melakukan kegiatan tertentu.

Pengertian Seni Menurut Ahli

Seni menurut para ahli

Untuk lebih mengetahui apa itu seni, berikut ini adalah pengertian seni menurut para ahli:

1. Thomas Munro

Thomas Munro berpendapat, bahwa seni adalah suatu alat ciptaan manusia yang bisa menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

2. Aristoteles

Aristoteles berpendapat, seni adalah suatu bentuk ungkapan dan penampilan yang nyata dan seni pada prinsipnya meniru alam.

3. Hilary Bel

Hilary bel berpendapat, seni merupakan istilah yang digunakan pada semua karya yang menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

4. Alexander Baum Garton

Alexander Baum Garton berpendapat, seni adalah keindahan dan tujuan dari seni adalah menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

5. Drs. Popo Iskandar

Drs. Popo Iskandar berpendapat bahwa seni adalah hasil ungkapan emosi yang disalurkan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/kelompok.

6. Eric Ariyanto

Eric Ariyanto berpendapat bahwa seni adalah aktivitas rohani atau batin yang disalurkan dalam bentuk karya dan dapat membangkitkan perasaan  seseorang yang melihat atau mendengarnya.

7. Plato

Plato berpendapat, seni adalah hasil tiruan alam dengan segala isinya (ars imitator naturam)

8. Herbert Read

Herbert Read berpendapat, seni merupakan ekspresi dari penuangan hasil dari pengamatan dan pengalaman yang dikaitkan dengan perasaan, aktivitas fisik dan psikologis ke dalam bentuk karya.

9. Sudarmaji

Sudarmaji berpendapat, seni adalah manifestasi batin dan pengalaman estestis manusia dengan memakai media garis, warna, bidnag, volume, tekstur dan gelap terang.

10. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara berpendapat, arti seni adalah hasil dari sebuah proses yang bernilain keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan seseorang yang melihatnya, dan seni merupakan perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dan menimbulkan perasaan indah.

11. Immanuel Kant

Immanuel Kant berpendapat, definisi seni ialah sebuah impian, karena rumus-rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

12. Leo Tolstoy

Leo Tolstoy berpendapat, seni adalah sebuah ungkapan perasaan pencipta yang kemudian diungkapkan pada orang lain melalui karyanya, dengan harapan mereka dapat merasakan apa yang dirasakan oleh pencipta.

13. Ensiklopedi Indonesia

Menurut Ensiklopedi Indonesia, seni adalah ciptaan dari segala hal, karena keindahannya maka orang akan senang jika melihat maupun mendengarkannya.

Jenis-jenis Seni

Jenis-jenis seni

Secara umum seni dibedakan menurut indra penserapannya yakni seni audio, seni visual, dan seni audio-visual.

  1. Seni audio adalah seni yang diserap melalui indra pendengaran. Contohnya seni musik atau suara, drama radio, puisi di radio dan lain-lain.
  2. Seni visual adalah seni yang diserap melalui indra penglihatan. Umumnya dikenal dengan sebutan seni rupa.
  3. Seni audio-visual adalah seni yang sekaligus diserap oleh indra pendengaran dengan indra penglihatan. Contohnya seni tari, drama/theater, film dan lain-lain.

Selain yang sudah saya jelaskan diatas, ada lagi seni lain yang ditekankan pada jenis penserapannya yakni seni sastra.

Seni sastra sendiri adalah seni yang berbentuk prosa seperti novel, roman, cerpen dan lain-lain. Dan seni yang berbentuk puisi seperti gurindam, syair, dan pantun termasuk kedalam bentuk bebas lainnya.

Seni dapat dibedakan menjadi 5 kelompok yaitu :

1. Seni Rupa

Seni rupa

Seni rupa adalah karya seni yang dapat dinikmati melalui media penglihatan, atau visual art. Seni rupa fokus pada karya yang memiliki wujud dan rupa yang diekspresikan dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, multimedia, dan lain-lain. Contohnya seperti seni instalasi yang telah di jelaskan diartikel yang sebelumnya.

2. Seni Tari

seni tari

Seni tari identik dengan gerak tubuh sebagai bentuk keindahannya, gerak ini berfungsi sebagai media mengkomunikasikan sesuatu dari koreogragfer. Keindahan tari terletak pada kebahagian, kepuasaan, baik itu dari koreografer, peraga dan penikmat atau penonton.

Pada umumnya seni tari digabungkan dengan seni musik. Dengan begitu maka konsentrasi dan konsistensi gerakan tari menjadi lebih sempurna dalam penyampaian pesan dan perasaan.

3. Seni Musik

Seni musik

Seni musik atau seni audio yang diserap melalui indra pendengaran. Rangkaian bunyi yang didengar dapat memberikan rasa senang dan rasa puas bagi yang mendengarnya karena adanya keserasian susunan dari rangkaian tangga nada bunyi-bunyi tersebut.

Secara garis besar ada dua jenis musik yaitu musik vokal dan musik instrumental. Musik vokal adalah musik yang hanya mengandalkan suara manusia saja, sedangkan musik instrumental adalah musik yang diperoleh dari memainkan alat-alat musik

Selain dari alat-alat musik, suara juga berasal dari manusia. Contohnya beatbox dan akapela.

4. Seni Drama/Theater

Seni drama

Seni drama/theater adalah seni peran atau lakon yang umumnya dimainkan di atas panggung. Seni ini dinikmati sekaligus dengan indra penglihatan dan indra pendengaran.

Dalam ungkapan lain seni drama disebut juga dengan seni theater (panggung). Secara umum merupakan gambaran sebuah peristiwa duniawi atau imajinasi yang dihadirkan kembali diatas panggung. Keindahan seni drama terletak pada ketepatan alur cerita yang diperankan oleh para pemain diatas panggung.

Saini KM dalam bukunya peristiwa theater (1996), menuliskan seni theater adalah seni dunia ambang, yaitu ambang untuk menoleh kepada yang indrawi dari pengalaman sehari-hari dan menoleh juga kepada dunia nilai.

Adapun beberapa kemampuan dasar dalam seni teater adalah kemampuan menciptakan naskah, memahami karakter, dan mengekspresikan karakter dalam naskah.

5. Seni Sastra

Seni sastra

Seni sastra adalah seni yang diaplikasikan melalui susunan rangkaian bahasa, baik secara lisan ataupun tulisan yang dapat menimbulkan rasa senang bagi orang yang membacanya.

Secara garis besar seni sastra di kelompokan kedalam dua kategori yaitu prosa dan puisi, Berikut ini penjelasannya :

  • Prosa adalah seni sastra yang berusaha mendeskripsikan keadaan, keinginan, atau imajinasi secara mendetail”.
  • Sedangkan puisi adalah seni yang cenderung menyederhanakan deskripsi dengan menangkap inti permasalahan yang ingin diungkapkan.

Fungsi Seni

Fungsi seni

Berdasarkan pengertian seni yang telah disebutkan di atas, fungsi seni secara umum adalah sebagai bentuk/ cara penyampaian ekspresi seseorang kepada orang lain dan lingkungannya. Beberapa fungsi seni dapat bedakan dalam dua kelompok, yaitu fungsi seni bagi individu dan fungsi seni bagi sosial.

1. Fungsi Seni Bagi Individu

Fungsi seni sebagai individu

Bagi individu, seni memiliki fungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan mereka. Adapun bentuk kebutuhan tersebut diantaranya:

a). Seni Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Manusia adalah mahluk yang mempunyai kecakapan dalam memberi apresiasi pada keindahan dan penggunaan berbagai benda. Dalam proses pemenuhan kebutuhan fisik ini, para seniman mempunyai peranan penting dalam menciptakan berbagai benda-benda bernilai seni untuk pemuasan kebutuhan fisik dan memberikan kenyamanan bagi orang lain.

b). Seni Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Emosional

Emosi adalah peraasaan di dalam diri manusia, baik itu perasaan senang, marah, sedih, haru, cinta, benci, dan lain-lain. Semua orang perlu meluapkan perasaan di dalam diri mereka agar kondisi kejiwaannya tetap normal.

Untuk memenuhi kebutuhan emosional tersebut, manusia membutuhkan dorongan dari luar dirinya. Misalnya, seseorang yang punya jiwa seni dan estetika akan mengungkapkan emosinya melalui musik, lukisan. Atau ketika seseorang merasa stress, maka ia membutuhkan waktu untuk rekreasi, nonton bioskop, atau hal lainnya untuk meredakan tekanan jiwa.

2. Fungsi Seni Bagi Sosial

Fungsi seni bagi sosial

Manusia adalah mahluk sosial yang memiliki kebutuhan akan interaksi dengan orang lain dan lingkungannya. Dalam hal ini seni juga berfungsi sebagai media untuk pemenuhan kebutuhan sosial tersebut.

a). Seni Sebagai Media Agama

Seni punya peranan penting dalam penyampaian pesan religi/ agama kepada manusia. Hal ini bisa kita lihat dari busana/ pakaian, upacara pernikahan, upacara kematian, lagu rohani, kaligrafi, dan lain-lain.

Contoh fungsi seni dalam agama dapat kita lihat pada Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Relief yang terdapat di dinding Candi tersebut merupakan ilustrasi kitab suci agama Budha dan Hindu.

b). Seni Sebagai Media Pendidikan

Seni juga punya peranan penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu

  • Pendidikan formal; pendidikan di lingkungan sekolah
  • Pendidikan non-formal; pendidikan di lingkungan masyarakat
  • Pendidikan informal; pendidikan di lingkungan keluarga

Melalui seni, individu dapat belajar tentang nilai-nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya seorang siswa dapat belajar musik atau drama, dimana kegiatan ini dapat mengekspresikan diri mereka kepada orang lain.

c). Seni Sebagai Media Informasi

Melalui seni juga kita bisa menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan lebih mudah. Misalnya penggunaan poster yang bernilai seni dimana di dalamnya terdapat informasi tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi, dan penyampaian program pemerintah.

d). Seni Sebagai Media Hiburan

Sebagian besar yang berkaitan dengan hiburan mengandung unsur seni dimana para pelaku seni dapat mengekspresikan diri secara aktif atau pasif. Seorang seniman dapat merasakan senang, marah, terharu, ketika karyanya disukai atau tidak disukai orang lain.

Begitupun individu yang melihat, mendengar, merasakan sebuah karya seni. Manusia bisa merasa terhibur ketika melihat sebuah lukisan, menonton bioskop, atau menonton sebuah konser musik.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian seni, jenis-jenis seni beserta fungsi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian dalam memahami seni.

Terimakasih.

Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Pengertian Ringkasan

Malik fauzan
4 min read

Pengertian Latar

Malik fauzan
3 min read

Pengertian Kata Serapan

Malik fauzan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *