BerandaEdukasiJenis Karya Ilmiah

Jenis Karya Ilmiah

Banyak kalangan yang selalu kebingungan jika diminta untuk membuat sebuah karya ilmiah, hal ini karena ada banyak jenis karya ilmiah yang terkadang membuat bingung.

Bisa dikatakan, karya ilmiah erat hubungannya dengan dunia pendidikan dan penelitian. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya karya ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil riset yang dilakukan oleh kedua lembaga tersebut.

Dalam pembuatan karya ilmiah tentu tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, karena harus didasari dengan data, fakta, serta solusi mengenai masalah yang diangkat.

 

Pengertian Karya Ilmiah Menurut Para Ahli

1. Drs. Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi

Karya ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan yang berlandaskan pada hasil penelitian yang disusun secara sistematis mengikuti metodologi ilmiah, yang bertujuan untuk mendapatkan jawaban ilmiah dari suatu permasalahan.

2. Eko Susilo M

Karya ilmiah merupakan suatu tulisan atau karangan yang didapatkan sesuai dengan sifat keilmuan dan didasari dari berbagai hasil pengamatan, penelitian, dan peninjauan terhadap bidang ilmu tertentu yang disusun dengan menggunakan metode tertentu.

3. Jones

Karya ilmiah adalah karangan ilmiah yang ditujukan untuk masyarakat tertentu ataupun profesional yang biasanya bersifat karya ilmiah tinggi.

4. Brotowidjoyo

Karya ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menampilkan fakta dan dibuat dengan menggunakan metodologi penulisan yang baik dan benar.

5. Hery Firman

Karya ilmiah merupakan laporan berupa tulisan yang dipublikasikan dari hasil pengkajian ataupun penelitian yang telah dilakukan, yang dalam penulisannya memperhatikan kaidah dan etika keilmuan yang berlaku di masyarakat keilmuan.

Jenis Karya Ilmiah

1. Makalah

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang penyelesaiannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris dan objektif. Makalah biasanya disajikan dalam sebuah presentasi, baik itu dalam kelas, seminar, ataupun simposium.

2. Skripsi

Skripsi adalah tugas ilmiah mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang studi S1 (sarjana). Skripsi memuat tulisan berisi pendapat penulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain.

3. Tesis

Tesis adalah karya ilmiah yang ditulis untuk menyelesaikan program studi S2 (pascasarjana). Bentuknya sama dengan makalah, skripsi, dan disertasi. Hanya saja, dalam tesis lebih menyajikan analisis yang mendalam dengan menggunakan teori.

Biasanya tesis ditulis lebih tebal daripada makalah ataupun skripsi. Hal itu dikarenakan analisisnya lebih detail dan analisis datanya bisa lebih dari dua bab

4. Disertasi

Disertasi atau disebut juga Ph.D Thesis adalah karya ilmiah yang ditulis untuk menyelasaikan studi jenjang doktoral (S3).

Dalam penyusanannya, disertasi harus dilakukan penelitian secara mendalam dan diangkat dari kajian teoritik dan dukungan fakta empiris. Disertasi ini berisi suatu temuan penulis sendiri, yang berupa temuan orisinal.

5. Paper

Paper adalah salah satu jenis karya ilmiah populer yang banyak dijadikan tugas di kalangan akademisi (mahasiswa) sebelum menyelesaikan jenjang studi diploma (S1, S2, dan S3).

Sistematika dalam penulisannya sama seperti penulisan artikel atau makalah tergantung panduan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing.

6. Artikel

Dalam istilah jurnalistik, artikel adalah tulisan yang berisi pendapat subjektif penulis tentang suatu masalah atau peristiwa.

Sedangkan dalam konteks ilmiah artikel merupakan karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal ataupun kumpulan artikel dengan memperhatikan kaidah penulisan ilmiah dan mengikuti pedoman ilmiah yang berlaku.

7. Kertas Kerja

Kertas kerja pada prinsipnya sama dengan makalah, namun dibuat dengan analisis yang lebih dalam dan tajam serta dipresentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan.

Menurut KBBI, kertas kerja adalah karangan tertulis yang membahas masalah tertentu yang disampaikan dalam suatu seminar untuk mendapat jawaban lebih lanjut.

8. Laporan Penelitian

Laporan penelitian adalah serangkaian kaidah penulisan laporan yang ditulis setelah dilakukannya sebuah penelitian untuk kemudian dijadikan referensi/ hasil rujukan.

Contoh dalam penulisan laporan penelitian tersedia dalam berbagai bentuk kajian ilmu pengetahuan. Misalnya laporan kondisi tanah yang ditulis oleh mahasiswa jurusan teknik sipil dalam pengembangan jalan/ infrastruktur di Indonesia.

9. Artikel Ilmiah Populer

Artikel ilmiah populer adalah artikel ilmiah yang ditulis dengan gaya bahasa populer (bahasa media/ bahasa jurnalistik). Jenis karya ilmiah ini banyak ditemukan pada linimasa media online di Indonesia.

Tinggalkan komentar