BerandaEdukasiJenis Wawancara

Jenis Wawancara

Menjabarkan jenis-jenis wawancara dan contohnya secara lengkap.

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mendapat informasi, meminta keterangan atau pendapat tentang suatu permasalahan.

Seseorang yang terlibat dan memberikan pertanyaan disebut dengan pewawancara. Sedangakan orang yang menjawab pertanyaan disebut responden/ narasumber.

Jenis Wawancara

Berdasarkan pelaksanaannya wawancara dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain sebagai berikut:

1. Wawancara Bebas

Dalam wawancara bebas, pewawancara bebas menanyakan apa saja kepada responden atau narasumber.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pertanyaan itu harus berhubungan dengan data-data yang diperlukan. Jika tidak hati-hati, terkadang pertanyaannya tidak terkendali .

Jenis wawancara ini terkadang juga disebut dengan wawancara tidak terstruktur.

2. Wawancara Bebas Terpimpin

Wawancara bebas terpimpin adalah jenis wawancara yang dimana pewawancara mengkombinasikan wawancara bebas dengan wawancara terpimpin.

Dalam pelaksanaanya, wawancara bebas terpimpin dilakukan sesuai dengan pedoman mengenai topik yang dibahas.
Contoh Wawancara Bebas Terpimpin

Biasanya ini terjadi ketika sesi wawancara tentang minat seorang responden “mahasiswa” dalam mengambil jurusan kuliah, namun pewawancara perlu terlebih dahulu menjelaskan informasi tentang kebijakan sekolah, universitas, dll.

Dari hal diatas, bisa dikatakan pewawancara menggunakan pendekatan bebas di awal kemudian beralih ke pendekatan terpimpin untuk memberikan informasi organisasi dalam tugas kelas sekolah, dan kembali menggunakan pendekatan bebas dalam menjawab pertanyaan responden.

3. Wawancara Terpimpin

Wawancara terpimpin adalah jenis wawancara terstruktur, yang dimana pertanyaannya sudah dipersiapakan terlebih dahulu.
Contoh Wawancara Terpimpin

Wawancara terpimpin biasanya dilakukan untuk pemberian informasi, survei atau jajak pendapat, persuasif (penjualan), merekrut karyawan, dan wawancara disipliner.

4. Wawancara Terbuka

Wawancara terbuka adalah jenis wawancara yang dilakukan secara gamblang, dalam artian tidak merahasiakan informasi apapun, termasuk narasumber dan juga memiliki pertanyaan-pertanyaan tidak terbatas atau tidak terikat jawabannya.
Contoh Wawancara Terbuka

Wawancara yang meminta narasumber untuk memberikan penjelasan lengkap mengenai suatu hal.

5. Wawancara Tertutup

Berbeda halnya dengan wawancara terbuka, wawancara tertutup adalah kegiatan wawancara yang dilakukan dengan cara tertutup dan bersifat rahasia.

Dalam pelaksanaanya pewawancara harus menjaga dan merahasiakan identitas nama ataupun informasi mengenai narasumber dengan cara memalsukan atau memberi inisial pada pihak terkait.

Pada wawancara jenis ini pertanyaan juga lebih terbatas. Biasanya narasumber akan diberikan pilihan berupa lembar questionnaire dengan jawaban berupa pilihan.

6. Wawancara Individual

Wawancara individual adalah jenis wawancara yang dilakukan oleh seseorang kepada responden tunggal. Wawancara ini disebut juga dengan wawancara perseorangan.

Dilakukannya jenis wawancara ini yaitu untuk menggali sebuah informasi terkait suatu penelitian dan bersifat tertutup.
Contoh Wawancara Individual

Wawancara yang dilakukan oleh wartawan dalam mencari berita.

7. Wawancara Konferensi

Wawancara konferensi adalah jenis wawancara yang dilakukan pewawancara dengan sejumlah narasumber.
Contoh Wawancara Konferensi

Wawancara konferensi biasanya dilakukan di acara-acara televisi atau talk show yang melibatkan sejumlah narasumber dan wawancara jarak jauh (teleconference) yang banyak dilakukan di acara-acara berita.

8. Wawancara Kelompok

Wawancara kelompok adalah jenis wawancara yang dilakukan oleh sejumlah pewawancara kepada narasumber dan dilaksanakan pada waktu yang bersamaan.

Wawancara kelompok sama halnya seperti wawancara konferensi, bedanya yaitu suatu pertanyaan yang diajukan oleh setiap pewawancara berbeda-beda.
Contoh Wawancara Kelompok

Wawancara yang dilakukan kepada seorang artis, grup band, atau pejabat yang berprestasi atau sedang terkena skandal.

Satu pemikiran pada “Jenis Wawancara”

Tinggalkan komentar