Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

√Kumpulan Kata-Kata Bijak Islami Lengkap [Terbaru]

6 min read

kata-kata bijak islami tentang kehidupan

Kata-Kata Bijak Islam – Motivasi hidup adalah sesuatu hal yang paling penting dalam menata kehidupan, begitu juga dengan hati yang tak pernah luput dari sebuah impian. 

Dalam kehidupan, tentu bukan hanya kebahagiaan yang dirasakan manusia.

Tetapi ada juga waktu dimana itu semua berubah menjadi masalah dan membuat perasaanmu menjadi gelisah.

Oleh sebab itu, di tulisan kali ini saya mengumpulkan dan merangkum kata-kata bijak Islam yang diambil dari berbagai sumber.

Tujuannya adalah agar menjadi inspirasi bagi pembaca, ataupun dijadikan caption Instagram atau sekedar untuk upload status di Facebook.

Silahkan baca baik-baik kumpulan kata-kata bijak Islam tentang kehidupan, kata kata bijak islam bahasa inggris, dan masih banyak lagi.

1. Kata-Kata Bijak Islam tentang Kehidupan

kata-kata bijak islami tentang kehidupan
source: pixabay

Banyak sekali penomena kehidupan yang kita jumpai, bahkan yang sering kali kita rasakan, baik itu bahagia, sulit, ataupun sedih.

Semua hal yang terjadi didalam kehidupan pasti akan mendapatkan solusi dan jalan keluarnya.

Nah berikut inji contoh kata-kata bijak Islam tentang kehidupan:

“Janganlah kamu merasa lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, disebabkan kamu paling tinggi (derajat) jika kamu orang beriman.”

– Qs. Ali’ Imran: 139

“Kerja itu cuma selingan sambil nunggu waktu shalat.”

“Sesungguhnya seorang mukmin tidak seharusnya bersedih terlalu lama, karena ada Allah di sisi kita. Dan kesedihan pun bukan cara seorang hamba untuk mengabdikan diri kepadaNya.”

“Berwudhulah sebelum tidur karena barang siapa yang tidur dalam keadaan suci maka malaikat menjaga dan bersama di dalam pakainnya.”

اللهم ياسر ولا تيسر

“Ya Allah, permudahkan urusanku dan, permudahkanlah jangan disulitkan.”

“Jika ingin meraih sesuatu di tempat yang tinggi, maka kita butuh kursi/meja untuk menggapainya. Tetapi jika kita mempunyai impian maka kita butuh Allah serta ikhtiar dan berdo’a.”

“Dunia itu ibarat bayangan. Kalo kau berusaha untuk menangkapnya ia akan lari. Tapi kalau jika kau berjalan membelakanginya, maka ia tak punya pilihan lain selain mengikutimu.”

Kata-Kata Bijak Islam – Quotes Tokoh Dunia

Quotes tokoh dunia
source: pixabay

Seseorang dapat mengeluarkan kalimat bijaksana biasanya berawal dari pengalaman hidup. Ada banyak tokoh-tokoh dunia yang berpengaruh sepanjang sejarah, salah satunya yaitu dalam pemakaian quotes.

Berikut ini adalah kata-kata bijak Islam, kutipan dari para tokoh dunia:

Terkadang orang yang masa lalu nya kelam, kelak akan menciptakan masa depan yang lebih cerah.

– Umar Ibnu Al-Khattab

Tidak ada kesenangan bagi seorang yang tidak menanggung rasa sedih, tidak ada kenikmatan bagi seorang yang tidak memiliki kesabaran, tidak ada kesenangan bagi orang yang tidak mengalami penderitaan, dan tidak ada istirahat bagi orang yang tidak tahan.

– Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah

“Keluarga sakinah bukanlah kelurga yang tanpa masalah, tetapi adalah mereka yang terampil dalam mengelola konflik dan mengubahnya dengan buah yang penuh hikmah.”

– Abdullah Gymnastiar

“Jangan tertipu oleh orang yang hanya pandai menguraikan Al-Quran, karena uraian hanyalah sebuah kata-kata. Tetapi ihatlah dari sikap mereka yang perilakunya mendasarkan pada Al-Quran.”

– Umar Ibnu al-Khattab

“Tuhan memberikan sindrom parkinson ini padaku untuk menunjukan, bahwa aku bukanlah ‘Yang Terhebat’. Melainkan hanya Dia (Tuhan).”

– Muhammad Ali

“Jangan terlalu bergantung kepada siapapun di dunia ini. Karena bayanganmu saja yang selalu mengikutimu kemana pun kamu pergi, pasti akan meninggalkanmu disaat gelap.”

– Ibnu Taymiyyah

“Lakukan kebaikan sekecil apapun itu, karena engkau tidak akan tahu kebaikan mana yang akan membawamu ke surga.”

– Imam Hasan Al-Basari

“Ketika Tuhan menjadi pusat prioritas di hidupmu. Maka, engkau juga akan menjadi pusat penjagaan dari Tuhan.”

– Hamzah Yusuf

“Jangan sampai ayam jantan lebih pandai darimu, ia berkokok di waktu shubuh, sedangkan kamu malah tetap lelap dalam tidur.”

– Lukman Hakim

“Salah satu dosa besar adalah putus asa dari rahmat Allah, dan putus asa terhadap kelapangan Allah.”

– HR. Thabrani

“Ilmu tanpa pengamalan bagai pohon yang tak berbuah.”

– Abdullah ibnul mu’tazzi rahimahullahu

“Aku tidak pernah sekalipun menyesali diamku tetapi aku berkali-kali menyesali dalam perkataanku.”

Umar Ibnu al-Khattab

“Kita adalah makhluk yang bial ada masalah, suka menyalahkan diri dari luar, dan tidak menyadari bahwa masalah itu biasanya datang dari dalam.”

– Abu Hamid Al-Ghazali

“Barang siapa yang menanam kebaikan niscaya dia kelak akan memetik kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.”

– HR. Abdullah Ibnu Mas’ud

2. Kata-Kata Bijak Islam dalam Bahasa Inggris dan Artinya

kata-kata bijak dalam bahasa inggris dan artinya
source: pixabay

“Do not despair when the problem does not subside, because everything must have an end, keep praying and try God willing, everything will be fine.”

Jangan putus asa ketika masalah tak kunjung reda, karena segala sesuatu pasti ada akhirnya, terus berdoa dan berusaha insyaalloh semua akan baik-baik saja.

“May God make our every day easier, be heartfelt and lighten our every step in doing good.”

Semoga hari ini Allah mudahkan setiap urusan kita, melapangkan hati dan meringankan setiap langkah kita dalam berbuat kebaikan.

“In life there is joy and sorrow. If sadness (sorrow) arises then, be kind to Allah when wrong feelings come, be kind to Allah. If you get good news, be kind to God.”

Dalam hidup ada suka dan duka. Bila perasaan sedih (duka) itu muncul maka, berbaiklah pada Allah bila rasa keliru datang, berbaiklah pada Allah. Bila mendapat kabar gembira berbaiklah juga pada Allah.

“Look at the world by looking down, then you will be able to give thanks for all the gifts that God has given.”

Lihatlah dunia dengan cara menunduk, maka kamu akan dapat mensyukuri semua karunia yang telah diberikan Allah.

“The most noble of all humans is the person who most often remembers death and the person who is most ready to face the enemies of Allah (defend Islam).”

Manusia yang paling mulia dari semua manusia adalah orang yang paling sering mengingat kematian dan orang yang paling siap untuk menghadapi musuh-musuh Allah (membela agama Islam).

“When someone gives directions to someone who asks, then his goodness is the same as the reward as the person who does it. “HR. Bukhari”

Ketika ada seseorang yang memberi petunjuk jalan kepada orang yang bertanya, maka kebaikannya sama pula dengan pahalanya seperti orang yang melakukannya. “HR. Bukha√ri”

3. Kata-Kata Bijak Islam tentang Cinta

quotes islami tentang cinta
source: pixabay

Setiap Insan memiliki prasa yang sangat luar biasa, naluri yang kuat serta cinta ynag tak mungkin hilang dari pelupuk dunia ini. Itulah sebab mengapa cinta itu hadir didalam hati setiap insan ciptaan sang pencipta.

Nah kali ini saya kan berbagi kata-kata bijak Islami tentang cinta:

“Jika kamu menemukan  hal yang buruk (aib) yang ada di dalam diri seseorang maka galilah aib yang ada pada dirimu dulu, karena belum tentu dirimu memiliki aib lebih sedikit dari orang tersebut”

“Menjadi orang yang ingin banyak tahu dengan banyak bertanya itu sejatinya lebih beruntung dari pada orang yang segan bertanya karena merasa banyak tahu.”

“Gak usah dipikiran tentang siapa jodohmu kelak, karena tuhan telah membuat manusia itu berpasang-pasangan, Dan insyaallah dia tidak akan jauh dari sifatmu.”

“Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatu yang kita inginkan tidak berjalan seperti yang di harapkan,    mungkin Allah punya rencana yang lebih baik untuk dirimu.”

“Tuhan. Semoga keputusanku sama denga keputusan dia sehingga semuanya indah.”

“Jangan berhenti berdoa untuk orang yang terbaik dan yang kau cintai.”

“Apalah arti perfect, bila ada yang sederhana, bisa membuatmu nyaman dan bahagia.”

“Kalo cinta, jangan terlalu berlebihan, bisa aja dia yang di kemudian hari membuatmu kecewa.”

“Jangan meratapi masa lalu yang menyakitkan, ‘sekarang bukalah mata’ dan ambil hikmahnya, karena itu akan menjadi sebuah pelajaran berharga.”

“Jika perbuatan tak lagi mampu melampaui hati, tenanglah kau masih memiliki Illahi Rabbi yang bisa memberikan mu jalan terbaik sesuai dengan cermin kehidupanmu.

4. Kutipan Islami tentang Kesabaran

motivasi tentang kesabaran
source: pixabay.com

Setiap orang pasti pernah mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan, baik itu dalam keluarga, kerjaan atau yang lainnya.

Kita sebagai makhluk paling mulia terkadang diuji dengan beberapa sebab yang sangat menguras kesabaran hati.

Kali ini saya akan berbagi motivasi kaata-kata bijak Islami tentang kesabaran:

“Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebajikan.”

– Qs. Huud; 115

“Rahasia dan sabar adalah melakukan dalam sesuatu dalah ketidakpastian namun penuh harapan.”

“Orang yang tidak sabaran takkan mampu meraih apa yang mereka inginkan.”

“Ingat. Bahwa sesungguhnya Allah itu bersama orang-orang yang sabar.”

“Orang yang kelihatannya kuat dan senang, dibalik semua itu pasti ada perasaan sedihnya tetapi tidak bisa dibicarakan kepada orang lain dan senantiasa menebar senyum dengan ikhlas itulah ciri-ciri orang sabar.”

“Berusahalah dengan sebuah impian yang ingin kamu wujudkan, dan dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan.”

“Bersabarlah ketika yang kamu sayangi hilang, karena, percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal yang lebih indah dari yang sebelumnya.”

“Tiada kata-kata lain yang bisa mewakili hatiku saat ini terkecuali dengan kata ikhlas dan sabar.”

“Kalau setiap cerita hidup kita selalu senang & senang, kita mungkin tidak akan mengenal apa itu ikhlas dan sabar.”

“Ketulusan seseorang itu dapat dilihat dari cara dia memperhatikanmu, menyikapimu, dan sabar dalam mengatasi sifat jelekmu.”

“Akan ada dimana semua ngerasain ada di titik sabar, titik jenuh, ada titik bosan, dan titik bertahan. Sometimes you have to enjoy everything.”

5. Kutipan Islami Yang Menyentuh Hati

motivasi islam yang menyentuh hati
source: pixabay.com

Berjalan berliku menelusuri lorong-lorong jiwa yang membuat hati terus memuja dan memuji-Mu Illahi Rabbi. Tersujud diatas sir putih melantunkan sebait isi hati yang tak tahu mengapa terlalu sulit untuk di jalani.

Bicara tentang hati, siapa sih yang tidak mampu untuk menelaah hal yang dibilang sederhana namun sulit untuk di tafsirkan.

Berikut ini saya akan membagikan kata-kata bijak islami yang menyentuh hati:

“Seseorang yang dapat ikhlas menerima semua kekuranganmu  ialah orang paling sabar dan ikhlas untuk hidup bersamamu.”

“Untuk yang baru hijrah, jadilah seperti pakaian baru yang senantiasa di rawat dan senantiasa terjaga kebersihannya.”

“Teruslah raih mimpi meski rintangan itu terlalu berat ataupun terlalu banyak. Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi.”

“Berbisik pada bumi dan tersaut jawaban langit, berusahalah dengan sekuat tenaga serta doa yang terlantun tanpa henti, dan tersenyumlah hingga waktu akan memberikanmu sebuah tahta istimewa dari hasil usahamu.”

“Orang yang kuat adalah orang yang terus-menerus istiqomah, meski banyak godaan menerpa kehidupannya.”

“Istiqomah itu sulit butuh perjuangan sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa istiqomah.”

“Jangan menggenggam apa yang seharusnya tidak digenggam, lupakanlah dan lebih baik rasa cinta itu terbaung dan jatuh sejatuh-jatuhnya, karena sang pencipta adalah pemilik dari segalanya.”

Baca juga: Kata-Kata Pendidikan

Sekian kata-kata bijak islami yang bisa saya share kepada kawan-kawan semua,  semoga bisa terinspirasi dan bisa menjadi motivasi dalam hidup.

Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Pengertian Ringkasan

Malik fauzan
4 min read

Pengertian Latar

Malik fauzan
3 min read

Pengertian Kata Serapan

Malik fauzan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *