BerandaEdukasiNarasi Adalah

Narasi Adalah

Berkarir sebagai seorang penulis, tentunya kamu juga harus paham akan berbagai jenis paragraf yang ada dalam bahasa Indonesia.

Nah, sesuai dengan judul di atas, sekarang kita akan mempelajari tentang salah satu jenis paragraf yang seringkali dipakai dalam sebuah karya tulis, yakni narasi.

Jenis paragraf ini banyak ditemukan dalam berbagai jenis karya tulis, seperti cerpen, novel, biografi, dan lain sebagainya.

Narasi Adalah?

Narasi adalah suatu bentuk pengembangan paragraf dalam suatu karya tulis yang menjelaskan serangkaian peristiwa berdasarkan urutan waktu terjadinya suatu fenomena; mulai dari urutan awal, tengah, hingga akhir.

Kata narasi berasal dari bahasa Latin narre= memberi tahu. Biasanya sebuah teks narasi berisi tentang suatu informasi mengenai peristiwa tertentu.

Kejadian yang disampaikan dalam teks narasi bisa berupa cerita nyata (non-fiksi) atau cerita khayalan (fiksi).

Ciri-Ciri Narasi

Berikut ciri-ciri dari sebuah teks narasi antara lain sebagai berikut:

  • Berupa cerita tentang suatu peristiwa atau berdasarkan pengalaman penulis.
  • Kejadian atau peristiwa yang disampaikan dapat berupa peristiwa nyata, imajinasi, ataupun gabungan keduanya.
  • Terdapat konflik (permasalahan)
  • Memiliki nilai keindahan atau estetika.
  • Menekankan susunan secara urutan waktu (kronologis).

Jenis-Jenis Narasi

Ada 4 jenis teks narasi yang perlu kamu ketahui, diantaranya sebagai berikut:

1. Narasi Informatif

Narasi informatif adalah sebuah karangan yang bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi secara akurat mengenai suatu peristiwa.

Atau, narasi ini juga memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang peristiwa tertentu, sehingga pembaca mendapatkan wawasan atau pengetahuan mengenai kisah seseorang.

2. Narasi Ekspositorik

Narasi ekspositorik adalah narasi yang bertujuan untuk memberikan suatu informasi secara akurat yang berdasarkan peristiwa nyata (fakta).

Biasanya dalam narasi ini penulis akan menjelaskan peristiwa berdasarkan data yang sebenarnya, tanpa ada tambahan kisah fiktif. Penulisan teks narasi jenis ini juga harus menggunakan bahasa yang logis, sesuai fakta, dan bersifat objektif.

3. Narasi Artistik

Narasi artistik adalah suatu narasi yang dibuat dengan tujuan dan makna tertentu dengan cara menyampaikan sebuah amanat terselubung kepada pembaca, sehingga mereka bisa merasakan sebuah kejadian seperti sedang melihat secara langsung.

4. Narasi Sugestif

Narasi sugestif adalah narasi yang menceritakan hasil dari rekaan, khayalan, atau imajinasi dari penulis. Narasi ini bertujuan untuk memberikan pesan sekaligus pengaruh kepada para pembaca, sehingga pembaca seolah-olah terkesan dan merasa terlibat di dalam suatu narasi tersebut.

Tujuan Narasi

Pada dasarnya teks narasi bertujuan untuk menghibur pembaca dengan pengalaman estestis melalui kisah dan cerita, baik fiksi ataupun non-fiksi.

Namun, selain untuk memberikan pengalaman estetis, narasi juga mempunyai tujuan seperti berikut:

  • Menyampaikan suatu informasi dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca.
  • Untuk berbagi suatu pengalaman supaya para pembaca bisa turut merasakan pengalaman tersebut.

Contoh Narasi

Di bawah ini adalah contoh teks narasi yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam menunjang pembelajaran:

TEKS 1

Tahun lalu aku masih kelas 12, aku seharusnya fokus pada ujianku. Namun ada suatu kondisi yang membuatku tak bisa terlalu fokus. Aku menyesalinya hinga detik ini aku tak mau mengulanginya.

Seharusnya dulu aku harus lebih fokus pada ujianku, namun sangat percuma untuk aku menyesalinya, aku berjanji pada diriku sendiri bahwa aku harus lebih baik lagi kedepannya.

TEKS 2

Pagi ini udara di luar rumah sangatlah dingin, kulitku seperti berada di dalam lemari es. Dinginnya seperi hampir membekukan seluruh tubuhku.

Hari ini adalah hari pertamaku berada di desa dimana ibu dilahirkan. Keluarga ibuku masih banyak yang tinggal di desa.

Aku yang terbiasa dengan suasana kota, kali ini masih terasa sedikit canggung ketika berada di daerah pedesaan. Jalannya yang sempit dan sedikit becek, membuatku untuk lebih berhati-hati.

Pagi ini, aku ingin melihat matahari terbit dari balik bukit yang ada didepan rumah kakekku. Indah sekali pemandangannya.


Nah, itulah pembahasan lengkap seputar narasi adalah: pengertian, ciri, jenis, tujuan, dan contohnya. Semoga informasi dalam artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan!

Yuk Diskusikan di Komentar