BerandaEdukasiPengertian Kata Serapan

Pengertian Kata Serapan

Tahu nggak, kenapa bahasa Indonesia kaya akan beragam kosakata? Yup, benar! Bahasa asinglah jawabannya.

Masih belum paham?

Gampangnya gini deh, apa kamu sebelumnya pernah membaca atau mendengar istilah kata serapan?

Jika kamu masih asing dengan istilah yang satu ini, ada baiknya kamu simak dulu pembahasan tentang pengertian kata serapan berikut ini, yuk!

Pengertian Kata Serapan

Melansir dari wikipedia kata serapan (kata pungutan atau kata pinjam) adalah kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diintegrasikan ke dalam suatu bahasa dan diterima pemakaiannya secara umum.

Adapun pengertian kata serapan dalam bahasa Indonesia merupakan kata yang berasal dari bahasa daerah atau bahasa asing yang ejaan, ucapan, dan penulisannya telah disesuaikan sedemikian rupa sehingga secara konvesional dapat digunakan oleh masyarakat secara umum.

Setiap masyarakat memiliki cara dan bahasa tersendiri dalam mengungkapkan gagasan dan perasaan untuk menyebutkan benda di sekitarnya. Sampai pada satu titik, kata-kata yang dihasilkan dari kesepakatan masyarakat itu sendiri mencukupi keperluan tersebut.

Namun, seiring waktu akan muncul banyak gagasan, konsep, atau barang baru yang datang dari luar budaya masyarakat. Maka diperlukan sebuah kata baru, salah satunya yaitu mengambil kata yang digunakan oleh masyarakat luar untuk diserap ke dalam bahasa Indonesia yang benar.

Hal ini pun tertulis dalam buku Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah, kata serapan dapat terjadi karena beberapa hal berikut:

  • Istilah serapan yang dipilih lebih cocok karena konotasinya.
  • Istilah serapan yang dipilih lebih singkat jika dibandingkan dengan istilah di dalam bahasa Indonesia atau terjemahannya.
  • Istilah serapan yang dipilih dapat mempermudah tercapainya suatu kesepakatan apabila istilah dalam bahasa Indonesia telah banyak mengandung sinonim.
Baca juga: Pengertian Latar

Jenis Kata Serapan

Terdapat beberapa proses penyerapan kata asing agar dapat menjadi sebuah kosakata dalam bahasa Indonesia. Proses tersebut diantaranya adopsi, adaptasi, pungutan/ terjemahan, dan kreasi.

Adopsi

Adopsi merupakan proses terserapnya bahasa asing yang dikarenakan pemakai bahasa mengambil kata bahasa asing yang mempunyai makna sama tanpa mengubah lafal atau ejaan dengan bahasa Indonesia. Contoh: supermarket, mall, plaza.

Adaptasi

Adaptasi merupakan proses terserapnya bahasa asing akibat pemakai bahasa mengambil kata bahasa asing, tetapi ejaan atau cara penulisannya berbeda dan disesuaikan dengan aturan bahasa Indonesia. Contoh: maximal = maksimal.

Pungutan/ Terjemahan

Pungutan/ terjemahan merupakan proses masuknya bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia yang terjadi akibat pemakai bahasa mengambil konsep dasar utama kemudian dicarikan padanan katanya dalam bahasa Indonesia. Contoh: upload = unggah, try out = uji coba, download = unduh.

Kreasi

Pemakai bahasa mengambil konsep dasar yang ada dalam bahasa Indonesia. Cara ini mirip seperti terjemahan, tetapi tidak menuntut bentuk fisik yang mirip seperti cara terjemahan. Misal pada kata asing ditulis dengan dua atau tiga kata, maka kata serapan diperbolehkan jika hanya menulis satu kata saja. Contoh: adibusana = high fashion, kode batang = barcode.

Contoh Kata Serapan

Setelah dapat memahami penjelasan di atas, berikut adalah beberapa contoh kumpulan kata serapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi belajar.

NoKata SerapanKata AsalBahasa Asal
1.MantraAjianJawa Kuno
2.DurhakaDurakaJawa Kuno
3.DewasaDiwasaJawa Kuno
4.GaramGaremJawa Kuno
5.LumayanMendingSunda
6.SakitNyeriSunda
7.LuguPolosSunda
8.GilaGeloSunda
9.BagusAlusSunda
10.DosenDocentBelanda
11.PamanOomBelanda
12.EgoisEgoistischBelanda
13.CoklatChocoladeBelanda
14.ButikBoetiekBelanda
15.AtletAtleetBelanda
16.AmatirAmateurBelanda
17.HotelHotelBelanda
18.AlgojoAlgozPortugis
19.BangkuBancoPortugis
20.BoluBoloPortugis
21.AktaActaPortugis
22.BenderaBandeiraPortugis
23.AlergiAllergyInggris
24.BalonBallonInggris
25.KoinCoinInggris
26.SalinCopyInggris
27.DiskonDiscountInggris
28.DirekturDirectorInggris
29.EsaiEssayInggris
30.EnzimEnzymeInggris
31.BakiakBakiakChina
32.PisauBishouChina
33.BihunMihunChina
34.KakekEngkongChina
35.TanteEncingChina
36.KakakCiciChina
37.TimbanganDacingChina
38.KedaiKadaiTamil
39.PetiPettiTamil
40.LogamUlogamTamil
41.CerutuCuruttuTamil
42.KabarKahabarArab
43.RezekiRizqiArab
44.LalimZhalimArab
45.LafalLafazhArab
46.BalighBalighArab
47.AbadAbadArab
48.CadarChādarParsi
49.KismisKishmishParsi
50.PahlawanPahlwānParsi

Nah, itulah tadi sedikit pembahasan tentang pengertian kata serapan yang bisa kamu pelajari dan ketahui.

Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu, ya.

Tinggalkan komentar