BerandaEdukasiPengertian Latar

Pengertian Latar

Kamu udah tahu belum sih, apa yang dimaksud dengan pengertian latar?

Secara umum, latar atau setting adalah segala keterangan mengenai tempat, waktu, suasana, dan sosial yang ada dalam cerita.

Dengan dasar pengertian yang sama, latar juga diartikan sebagai sebagai unsur instrinsik yaitu unsur utama yang membangun utuhnya sebuah cerita.

Latar mencakup beberapa hal, antara lain:

  • Aktivitas para pelaku/ tokoh.
  • Letak geografis.
  • Waktu terjadinya peristiwa.
  • Lingkungan keagamaan.
  • Musim.
  • Moral.
  • Intelektual sosial.
  • Emosional pelaku/ tokoh.

Pengertian Latar Menurut Para Ahli

1. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Latar adalah keterangan waktu, ruang, dan suasana terjadinya lakuan dalam sebuah karya sastra.

2. Menurut Indrawati (2009: 64)

Latar adalah tempat, waktu dan suasana yang digunakan dalam sebuah cerita

3. Menurut Suparmin (2009: 54)

Latar atau setting adalah suatu keadaan yang melingkupi pelaku dalam sebuah cerita.

4. Menurut Kusnadi, dkk (2009: 64)

Latar tempat atau latar waktu dalam sebuah karya sastra akan mempengaruhi inti cerita dan pengambilan nilai-nilai yang ingin diungkapkan pengarang.

5. Menurut Abrams (1981: 175)

Latar adalah dasar pijakan yang mengacu pada tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar dalam cerita bisa dikategorikan menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar sosial

Fungsi Latar

Fungsi latar yaitu untuk memberikan suatu gambaran yang jelas bahwa peristiwa-peristiwa yang terjadi pada suatu karya sastra benar-benar terjadi atau memberikan informasi yang jelas mengenai keadaan atau situasi dalam sebuah cerita.

Jenis-Jenis Latar

Latar tempat

Latar dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

Latar Tempat

Latar tempat adalah latar yang menunjukkan lokasi terjadinya sebuah peristiwa/ kerjadian yang sedang berlangsung dalam cerita. Contoh latar tempat: di sekolah, di pasar, di hutan, di rumah, di gunung, dan sebagainya.

Latar Waktu

Latar waktu adalah latar yang berhubungan dengan masalah kapan terjadinya peristiwa dalam cerita itu berlangsung. Contoh latar waktu: pagi hari, siang hari, sore hari, kemarin, dua tahun, dan sebagainya.

Latar Suasana

Latar suasana adalah latar yang berkaitan dengan situasi atau kondisi ketika terjadinya peristiwa dalam cerita (mengacu kata sifat). Contoh latar suasana: senang, gembira, takut, cemas, marah, kecewa, dan sebagainya.

Latar Sosial

Latar sosial adalah latar yang menunjukkan tingkat sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Contoh latar sosial: kaya, miskin, sederhana, terpelajar, keyakinan, dan sebagainya.

Latar Alat

Latar alat adalah latar yang berkaitan dengan properti apa saja yang diperlukan atau digunakan oleh tokoh dalam suatu cerita. Contoh latar alat: pisau, pistol, pedang, tombak, busur panah, dan sebagainya.


Nggak terasa kita sudah sampai aja nih di akhir artikel, kira-kira bagaimana pembahasan tentang pengertian latar di atas? Coba tuliskan pendapatmu di kolom komentar, ya 🙂

Semoga membantu dan dapat menjadi suatu referensi yang berguna dalam proses pembelajaran kalian.

Tinggalkan komentar