Pengertian musik barat

Pengertian Musik Barat

Seni mengatur dan menggabungkan suara yang dihasilkan oleh suara manusia atau instrumen, disebut dengan pengertian musik barat.

Perkembangan musik yang terus meningkat menjadikan banyak orang terpengaruh, sehingga musik pun menjadi suatu bisnis yang sangat menjanjikan.

Begitu pun dengan keberadaan musik barat, hal ini juga merupakan suatu kemajuan dalam bidang industri musik.

Terlebih, musik barat juga seringkali dijadikan sebagai media komunikasi yang baik dalam mempengaruhi dan mewarnai berbagai musik di negara lain, termasuk Indonesia.

Pengertian Musik Barat

Musik barat adalah

Musik barat adalah musik yang berasal dari negara Barat, musik ini banyak berkembang di negara timur termasuk Indonesia. Musik ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan, politik, hiburan, agama, kesehatan, dsb.

Sejarah Perkembangan Musik Barat di Indonesia

Sejarah musik barat

Awalnya musik barat dibawa ke Indonesia oleh para pelaut Spanyol dan Portugis dalam konteks imperialisme pada abad ke-16.

Mereka (para pelaut) datang ke Indonesia tidak mengenalkan musik seni Eropa, tetapi musik rakyat dengan iringan alat musik Cavaqinho atau yang sekarang dikenal sebagai ukulele, gitar, dan biola.

Sampai di tahun1930-an, Indonesia pun mempunyai studio musik sendiri yang saat itu diisi oleh berbagai jenis alat musik ansambel.

Jenis musik yang pertama kali diterbitkan Indonesia melalui media cetak elektronik; piringan hitam dan juga film tempo dulu adalah jenis musik hiburan negara Belanda yang diiringi oleh gamelan Bali serta Jawa Sunda.

Unsur-unsur Musik Barat

Unsur umum musik barat

Unsur-unsur musik barat dibedakan menjadi 2 macam yaitu; unsur umum dan unsur khusus. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Unsur Umum Musik Barat

Dilihat dari unsur umum, musik barat setidaknya memiliki empat macam unsur, antara lain sebagai berikut:

  • Irama dan Matra

Irama yang terdapat pada musik populer atau kontemporer biasa disebut dengan style, tradisi, idiom, atau corak/ genre.

Pada musik populer modern irama meliputi country, folk, waltz, rock’n roll, samba, salsa, disco, dan lainnya.

Termasuk juga didalamnya mengalami peleburan dengan banyak corak contohnya country-rock, jazz-rock dan latin disco.

Untuk yang biasa memainkan gitar irama akan mengetahui bahwa memainkan irama country, akan berbeda dengan memainkan irama salsa.

Pola dalam memetik gitar pada jenis irama pertama akan berbeda dengan pola memetik untuk irama kedua.

Dalam notasi khusus pada irama gitar, pada masing-masing irama akan diberikan dengan pola kombinasi not dengan berbagai nilai tertentu.

  • Atmosfir

Atmosfir merupakan keadaan lingkungan pada sekeliling sebuah nyanyian. Atmosfir merupakan jawaban “Anda di mana?” Di sebuah pantai tropis atau pegunungan salju, di gereja, di rumah atau di hotel.

  • Suasana Hati

Menggambarkan perasaan orang yang menyanyi tentang apa yang anda katakan kepada pendengar? Bahagia, merenung, damai, rindu, tenang, bercanda, sepi, sedih, dsb.

  • Pesan

Apa yang Anda, penyanyi, katakan pada kami sebagai pendengarmu? Apa fakta, sudut-pandang, filsafatmu; tanggapan apakah yang Anda inginkan dari kami?

2. Unsur Khusus Musik Barat

Secara khusus, unsur musik barat juga terdapat empat unsur, diantaranya:

  •  Lirik

Lirik dapat mengungkapkan emosi dan nyanyian yang meliputi melodi dan lirik merupakan ungkapan emosional. Lirik dapat tersusun atas bait dan koor.

Bait menggambarkan, koor bercerita.

Bait menunjukkan seseorang atau sesuatu dengan bahasa yang khusus dan menarik, sedangkan koor bercerita dengan komentar atau ringkasan mengenai bait.

  • Melodi

Melodi merupakan sebuah gabungan dari rangkaian tinggi nada (pitch) dan ritme. Rangkaian tinggi nada dan ritme diberi tanda dengan rangkaian not dan tanda-diam dengan berbagai jenis nilai.

  • Harmoni

Harmoni pada musik barat yaitu sebuah teori musik yang membahas tentang bagaimana penyusunan sebuah rangkaian akord-akord supaya musik itu bisa enak didengar dan selaras.

Di sini akan dijelaskan mengenai pemakaian banyak nada secara bersama dan akord-akord musik, yang terjadi dengan secara nyata maupun yang tersirat.

Pelajaran ini sering mengarah ke studi mengenai progres harmonis, gerakan dari sebuah nada secara bersama-sama ke nada yang lain, dan prinsip-prinsip struktural yang mengatur progres tersebut.

  • Ritme

Ritme merupakan sebuah bagian dari melodi atau lagu. Ia berkaitan dengan distribusi not-not pada waktu dan tekanan not-not tersebut. Not dalam waktu ini diberi berbagai nilai.

Dalam suatu ketukan 4/ 4, contoh; satu not mempunyai nilai empat ketukan dibunyikan untuk jangka waktu yang agak lama (misal selama 4 detik) sementara satu not bernilai satu ketukan memerlukan waktu yang cepat untuk dibunyikan (misal setengah detik).

Satu not lain yang mempunyai nilai setengah ketukan akan memerlukan waktu yang lebih pendek dari not sebelumnya yang dimainkan atau dinyanyikan.

Ciri-ciri Musik Barat

Ciri-ciri musik barat

Adapun ciri-ciri dari sebuah musik barat, yaitu:

  • Mengunakan lirik yang berbahasa nasional/ internasional, seperti; bahasa Inggris, dsb.
  • Memilik tempo yang sangat cepat dan kencang.
  • Menggunakan berbagai macam bentuk sentuhan dari teknologi modern yang memberikan pengaruh terhadap musiknya.
  • Musik barat diiringi dengan menggunakan alat musik modern.
  • Secara umum musik barat terdiri dari tangga nada (do, re, mi).
  • Musik yang diproduksi untuk dikomersilkan dan mendapat keuntungan.
  • Gaya musik barat bersifat bebas dan tidak terikat terhadap berbagai macam bentuk aturan.

Fungsi Musik Barat

Fungsi musik barat secara umum

Secara umum fungsi musik barat, antara lain:

  • Sebagai bentuk hiburan (khususnya) bagi kaum muda.
  • Sebagai bentuk kreatifitas dalam pengenalan bahasa lain.
  • Digunakan dalam pagelaran, misalnya; orkestra.
  • Sebagai bentuk paduan suara untuk acara-acara penting.
  • Sebagai bentuk belajar dalam memahami isi/ makna dari musik tersebut.

Jenis Musik Barat

Genre musik barat

Dalam penyajiannya musik barat ini dibedakan menjadi beberapa jenis/ genre, yaitu sebagai berikut.

1. Blues

Blues adalah aliran musik vokal dan instrumental yang lahir dari Amerika Serikat (AS). Musik blues bersumber dari musik spiritual dan pujian yang timbul dari komunitas mantan budak Afrika di AS.

Musik blues memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap musik populer di Amerika dan Barat.

Contohnya dalam aliran ragtime, jazz, rhythm and blues, rock and roll, hip-hop, dan country dan lagu pop konvensional.

Ciri khas dari musik blues umumnya sama seperti musik jazz yang membedakannya hanya tempo dan penonjolan unsur melodi

Musik blues mempunyai tempo slow, pada lagu dan permainan gitar lebih menonjol, sedangkan instrumen lain terlihat hanya sebagai pelengkap saja.

Alat musik blues yang dipakai seperti gitar, gitar bass, saksofon, trombon, piano, klarinet, terompet, double bass, drum, dan vokal.

2. Country

Musik country yaitu percampuran dari unsur musik Amerika yang bersumber dari Amerika Serikat bagian Selatan dan Pegunungan Applachia.

Musik ini berasal dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel dan perkembangannya sejak tahun 1920-an.

Ciri khas musik country yaitu pemakaian alternasi bas atau bass berganti di sela-sela strumming. Misalnya; Jika memainkan akord C, maka bas C dan G dibunyikan secara bergantian dengan strumming tetap di akord C.

Alat musik yang dipakai pada musik country biasanya adalah; gitar, biola, steel guitar, dobro, harmonika, gitar bass, fiddle (biola), drum, mandolin dan banjo.

3. Metal

Metal merupakan aliran musik rock yang sudah ada sejak 1970-an. Aliran ini menonjolkan gitar yang sangat banyak. Musik metal mempunyai subgenre seperti:

  • Trash Metal dan Speed Metal.
  • Death Metal.
  • Black Metal.
  • Alternative Metal.
  • Grunge.
  • Folk Metal.
  • Melodic Death Metal.
  • DeathCore.

4. Emo

Emo atau singkatan emotional music merupakan jenis musik rock yang mempunyai ciri khas yang melodius, di iringi lirik yang ekspresif dan berisikan pengakuan.

Alat musik yang dipakai adalah vokal, gitar listrik, gitar bass dan drum.

5. Hip Hop

Hip Hop adalah genre musik barat yang tercipta dari suatu gerakan kebudayaan yang tumbuh sejak tahun 1970-an di Afro-Amerika dan Latin-Amerika.

Hip Hop ialah percampuran yang dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari MCing (rapping), DJing, Breakdance dan Graffiti.

Seiring perkembangan waktu Hip Hop juga diberi warna seperti beatboxing, fashion, bahasa slang dan gaya hidup lainnya. Adapun subgenre dari Hip Hop antara lain:

  • Rapcore.
  • Electro.
  • Miami Bass.
  • Hardcore Hip Hop.

6. Jazz

Jazz yaitu aliran musik barat yang lahir dari Amerika Serikat sekitar awal abad ke-20 dengan sumber yang berasal dari musik Afrika dan Eropa.

Ciri-ciri musik jazz, antara lain:

  • Vokal dan lirik lebih mengarah sebagai bagian dari bunyi instrumen.
  • Mempunyai harmoni yang rumit dan mempunyai tonalitas yang luas.
  • Mempunyai ritme serta melodi yang mempunyai kecenderungan improvisatif.
  • Seringkali memakai teknik sinkopasi dengan instrumen piano untuk menunda ketukan nada dan tempo.

Elemen penting pada musik jazz yaitu; blue notes, improvisasi, polyrhyrthms, sinkopasi, shuffle note.

Adapun alat musik yang dipakai pada musik jazz adalah gitar, gitar bass, saksofon, trombon, piano, klarinet, terompet, double bass, drum, dan vokal.

7. Musik Klasik

Musik klasik merupakan genre musik yang dibuat dalam seni atau berakar dalam dari kesenian barat, seperti; musik kristiani dan musik orkestra yang mencakup periode dari abad ke-9 hingga abad ke-21.

Ciri-ciri musik klasik yaitu didominasi dengan musik gesek dan tiup, tidak memakai beat (drum-set) secara konstan dan tidak mengedepankan ritme pada melodi dan harmoni.

Alat musik yang dipakai dalam musik klasik adalah Harpsichord, Piano, Biola (violin), Brass, dan Cello/Bass Violin.

8. R&B

R&B (rhythem and blues atau ritem dan blues) merupakan genre musik populer yang menyatukan jazz, gospel, dan blues. Musik ini awalnya diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika.

Di tahun 1948, perusahaan rekaman RCA Victor menjual musik kaum kulit hitam yang dinamakan dengan blues and rhythm.

9. Pop

Musik pop (musik populer) adalah nama genre musik yang dikenal luas oleh pendengarya serta bersifat komersial.

Musik populer pada awalnya berkembang di Amerika Serika pada tahun 1920 yang mana rekaman pertama kali dibuat menurut penemuan Thomas Edison, dikategorikan dengan musik klasik, musik jazz, musik tradisional, musik blues, selanjutnya berkembang juga di negara lain di dunia.

10. Rock

Musik rock adalah genre musik barat yang populer dan banyak dikenal sekitar pertengahan tahun 50-an.

Ciri khas dari musik rock yaitu identik dengan gitar listrik/ akustik serta menggunakan backbeat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass, drum, dan keyboard; seperti organ, piano (sejak 70-an), dan synthesizer.

Selain gitar atau keyboard. Saksofon dan harmonika dengan gaya blues kadang juga dipakai sebagai instrumen musik solo.

Dalam bentuk murninya, musik rock memiliki tiga chords, backbeat yang konsisten, menonjol, dan melody yang menarik.

Alat musik pada musik rock, meliputi; gitar elektrik, gitar bass, drum dan keyboard

11. Reggae

Reggae adalah irama musik yang berkembang di Jamaika pada akhir era 60-an.

Reggae berdiri pada gaya irama yang mempunyai karakter mulut prajurit tunggakan pukulan, dikenal dengan skank, bermain oleh irama gitar, dan pemukul drum bass di atas tiga pukulan setiap ukuran, dikenal dengan sebutan “sekali mengeluarkan”.

Musisi reggae yang tersohor sampai saat ini adalah Bob Marley.

Karakteristik reggae memiliki tempo lambat daripada ska dan rocksteady. Alat musik reggae terdiri dari drum, bass, guitar, dan keyboard.

12. Swing

Swing merupakan salah satu bentuk aliran musik jazz yang berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1930 hingga1940-an.

Ciri khas dari musik swing yaitu selalu dinyanyikan dengan nada-nada yang mendayu-dayu.

Musik swing dinyanyikan dengan sangat santai dan hampir tidak ada ekspresi. Contoh lagu yang mempunyai genre swing yaitu Trouble is A Friend yang dinyanyikan oleh Lenka.

***

Demikianlah pembahasan kita mengenai pengertian musik barat beserta penjabaran dari masing-masing genrenya.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut kamu bisa makin paham dan mengerti akan jenis genre musik barat yang berkembang di seluruh mancanegara, salah satunya yaitu di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *