Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Pengertian Referensi

2 min read

Sebenarnya, apakah pengertian dari referensi? Mungkin kebanyakan orang mengetahui referensi hanyalah sebuah rujukan.

It’s true, tetapi secara umum referensi adalah sesuatu yang dipakai dalam pemberian informasi untuk memperkuat pernyataan dengan tegas.

Agar lebih memahaminya, simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Referensi

Pengertian referensi

Referensi (rujukan) adalah bentuk teori atau argumentasi yang digunakan untuk menunjang sebuah ide, gagasan, teori atau argumentasi untuk mempertegas maksud yang ingin disampaikan melalui tulisan maupun lisan.

Kata referensi berasal dari bahasa inggris yaitu refer to yang berarti berpaling atau merujuk. Sehingga, referensi dapat diartikan sebagai sebuah rujukan yang menggambarkan informasi dari sumber yang terkait.

Dengan kata lain, pengertian referensi adalah sejumlah informasi yang tertulis dalam sebuah buku yang ditinjau dan telah dinilai tentang sumber penulisannya.

Di dalam referensi tersebut biasanya telah dimuat beberapa informasi, seperti nama penulis atau pengarang, nama buku, tahun buku dan tahun terbit buku.

Referensi bisa dalam bentuk faktual maupun non-faktual.

Referensi faktual umumnya dalam bentuk objek faktual, statistik, kesaksian, dan lainnya. Sedangkan referensi non-faktual umumnya berbentuk cerita, hipotesis, kutipan sastra, dan analogi.

Jenis Karya Ilmiah

Jenis Referensi

Jenis referensi

Referensi terbagi kedalam beberapa jenis, setidaknya terdapat dua jenis yang harus kalian ketahui, antara lain:

1. Kutipan

Kutipan adalah salah satu jenis referensi yang dirujuk dari banyak sumber dengan cara menyalin kalimat, paragraf, teori atau juga argumnetasi dari seseorang yang ahli dibidang tertentu.

Kutipan ini terbagi  menjadi dua yaitu:

  1. 1. Kutipan Langsung

Kutipan ini merupakan kutipan yang dituliskan langsung dengan apa yang terkandung di sumbernya dan juga disertai dengan data pustaka ialah sebagai informasi tambahan tentang sumber dari kutipan itu.

  1. 2. Kutipan Tidak Langsung

Kutipan ini merupakan kutipan yang penulisannya menggunakan bahasa sendiri, yang di dalamnya tidak merubah makna sumbernya.

2. Catatan Kaki

Catatan kaki merupakan cara penulisan sumber dengan cara memberikan sebuah simbol yang terdapat pada kata dengan membutuhkan penjelasan tertentu yang bisa diambil dari sumber lainnya.

Di dalam catatan kaki biasanya dituliskan di margin bawah karya tulis dengan berisikan penjelasan tentang kata yang dimaksudkan dengan lengkap.

Tujuan Pembuatan Referensi

Tujuan pembuatan referensi

Pada dasarnya referensi mempunyai tujuan, antara lain:

1. Menghindari Plagiarisme

Pemakaian referensi bertujuan supaya tidak menjadi suatu tindakan plagiat atas hasil karya orang lain. Sebuah tulisan pada umumnya menjadi hak kekayaan intelektual penulis.

Maka jika seseorang penulis memakai terori, kalimat ataupun pendapat yang dipakai dari sumber lain harus mencantumkan sumbernya dengan jelas.

2. Memberikan Informasi Kepada Pembaca

Referensi juga memiliki maksud untuk memberikan informasi kepada pembaca pada sumber asli serta lengkap dari suatu pendapat atau teori.

Dengana adanya referensi itu maka pembaca dapat menemukan informasi itu dengan lebih lengkap sesuai dengan kebutuhannya.

3. Menghargai Karya Orang Lain

Referensi juga butuh dicantumkan untuk bentuk penghargaan atas hasil karya orang lain. Pada umumnya pendapat atau teori orang lain bisa diambil serta dipakai dengan gratis dalam melengkapi sebuah karya tulis.

Maka untuk bentuk suatu penghargaan perlu diberikan perujukan yang jelas terhadap sumber dari teori ayng dituliskan dengan lengkap memakai metode atau cara penulisan referensi tertentu.

4. Agar Memperkuat Teori dan Argumentasi

Referensi dipakai untuk bahan penunjang dari teori atau argumentasi yang dituangkan dalam tulisan.

Referensi menjadi suatu landasan pada penyampaian argumentasi sehingga mempunyai dasar yang kuat serta bisa diterima oleh masyarakat banyak sebagai pendapat yang bisa dipertanggungjawabkan.

Pengertian Karangan

Sumber Referensi

Sumber referensi

Referensi dapat diambil dari berbagai sumber, antara lain:

1. Buku

Buku ini merupakan sumber yang paling sering kita pergunakan serta sangatlah di sarankan untuk bisa  membuat karya tulis.

Untuk itu di sarankan juga untuk menggunakan buku terbitan baru supaya teori yang terkandung di dalamnya juga merupakan penyesuaian serta juga perbaikan dari yang sebelumnya.

2. Surat Kabar atau Majalah

Selain dari buku, kita juga bisa mencarinya di surat kabar atau juga majalah walau sangat jarang di di gunakan disebabkan karena sangatlah sulit menemukan argument yang relevan.

Selain dari itu, jarang pula surat kabar atau juga majalah yang di pelihara dengan menyimpannya di perpustakaan.

3. Internet

Ada banyak sekali website di internet yang memuat berbagai informasi, baik untuk keperluan penelitian maupun untuk keperluan lainnya. Namun, tentu saja hanya website-website yang memiliki integritas baik yang dapat dijadikan sumber rujukan.

4. Jurnal

Jurnal tersebut dapat di gunakan ialah sebagai referensi yang baik dengan bentuk online ataupun juga cetak.

Contoh Referensi

Contoh referensi

  1. Smith, J. (2005a). Harvard Referencing. London: Jolly Good Publishing.
  2. Smith, J. (2005b). Dutch Citing Practices. The Hague: Holland Research Foundation.

Dalam menuliskan kota tempat terbit, kota yang telah dikenal secara internasional (seperti London atau New York) dikutip hanya kotanya saja. Bila kotanya kurang dikenal secara internasional, negaranya (atau provinsi untuk Indonesia) juga disertakan.

Pengertian Hipotesis

Contoh Referensi Jurnal

  • Smith, John Maynard. (1998). The origin of altruism. Nature 393: 639–40.

Artikel surat kabar biasanya dikutip dalam teks tapi dihilangkan dalam bagian “Daftar rujukan.”

Contoh pengutipan surat kabar formal adalah:

  • Bowcott, O. (2005, 18 October). “Protests halt online auction to shoot stag”, The Guardian. Diakses 7 Februari 2006.

Bila publikasinya offline:

  • Bowcott, O. (18 Oktober 2005). Protests halt online auction to shoot stag. The Guardian.

Penutup

Demikian penjelasan ringkas mengenai materi referensi. Semoga apa yang telah di jelaskan diatas mudah dipahami dan dapat bermanfaat.

Terima kasih.

Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Pengertian Ringkasan

Malik fauzan
4 min read

Pengertian Latar

Malik fauzan
3 min read

Pengertian Kata Serapan

Malik fauzan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *