Pengertian Referensi

Pengertian referensi

Apa yang dimaksud referensi? Mungkin kata kunci itu yang kamu tulis dan membuat kamu penasaran untuk mengetahui pengertian referensi lebih dalam.

Definisi secara singkat dari referensi ialah sesuatu yang dipakai dalam pemberian informasi untuk memperkuat pernyataan dengan tegas.

Namun lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Referensi

Referensi adalah bentuk teori atau argumentasi yang digunakan untuk menunjang sebuah ide supaya bisa mempertegas maksud yang ingin disampaikan melalui lisan maupun tulisan.

Secara etimologi kata referensi berasal dari bahasa Inggris, yaitu “refer to” yang berarti berpaling atau merujuk.

Jadi, referensi bisa diartikan sebagai sebuah rujukan yang menggambarkan informasi dari sumber terkait.

Referensi bisa berbentuk faktual dan non faktual. Referensi faktual terdiri dari statistik contoh, kesaksian dan objek faktual. Sedangkan referensi non-faktual berupa cerita, hipotesis, kutipan sastra, dan analogi.

Jenis Referensi

Ada dua jenis referensi yang harus kalian ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kutipan

Kutipan adalah salah satu jenis referensi yang dirujuk dari banyak sumber dengan cara menyalin kalimat, paragraf, teori atau juga argumnetasi dari seseorang yang ahli dibidang tertentu.

Terdapat dua jenis kutipan yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung:

  • Kutipan langsung adalah kutipan yang dituliskan secara langsung dengan apa yang tercantum pada sumbernya disertai data pustaka sebagai informasi tambahan tentang sumber dari kutipan.
  • Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang dalam penulisannya menggunakan bahasa sendiri tanpa merubah makna dari sumbernya dengan cara menuliskan daftar pustaka.

2. Catatan Kaki

Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembar di akhir bab karya ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis, dll. Di dalam catatan kaki biasanya mengandung informasi terkait teks atau istilah khusus yang perlu penjelasan lebih lengkap.

Contoh Sumber Referensi

Secara umum sumber referensi bisa berasal dari:

1. Buku

Buku merupakan sumber yang paling sering dijadikan sebagai referensi dalam membuat karya tulis. Jika mengambil referensi yang bersumber dari buku, diusahakan untuk dapat menggunakan buku terbitan terbaru supaya teori yang ada di dalamnya mengalami penyesuaian dan juga perbaikan dari yang sebelumnya.

2. Surat Kabar atau Majalah

Selain buku, surat kabar atau majalah juga dapat dijadikan sebagai referensi. Walaupun sangat jarang ada orang yang menggunakannya karena sangat sulit menemukan argumen yang relevan.

3. Jurnal

Jurnal dapat digunakan sebagai referensi yang baik, bisa dengan bentuk online ataupun cetak.

4. Internet

Sumber referensi yang berasal dari internet perlu diperhatikan kredibilitas situs yang digunakan. Karena pada umumnya referensi yang berasal dari internet akan dibatasi di dalam penulisan karya ilmiah, baik itu melalui blogspot atau website yang umumnya penulis bukan ahli di bidangnya sehingga tidak memenuhi kualifikasi ilmiah.

Contoh Referensi

Berikut ini adalah beberapa contoh referensi yang kami kutip dari berbagai sumber:
1. Contoh Referensi dari Buku

  • Mulyana, Deddy. 1999. Kampanye Politik sebagai Teater. Bandung: Rosda.
  • Hanafi, Abdillah. 1984. Memahami Komunikasi Antar Manusia. Surabaya: Usaha Nasional.
  • Suwardi, Harson. 1993. Peran Pers dalam Politik di Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  • Rubin, zick. 1973. An invitation to social psychology. New York: Holt, reinhart dan Winston.

2. Contoh Referensi dari Jurnal

  • Azamul Fadhly. 2017. Berpikir Profetik dalam Pembelajaran Matematika SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 9(2): 1-10.
  • Purniadi Putra. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 9(2): 16-19.
  • Hendro Widodo. 2017. Pendidikan Karakter Holistik Integratif di PAUD Terpadu ‘Aisyah Nur A’ini Ngampilan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak. 3(2): 135-150.

3. Contoh Referensi dari Internet

  • Adrian. 2006. Metode Mengajar Berdasarkan Tipologi Belajar Siswa. [Internet]. Tersedia di: http://artikel.us/art05-65.html.
  • Hermans, B. 2000. Desperately Seeking: Helping Hands and Human Touch. [Internet]. Tersedia di: http://www.hermans.org/agents2/ch3_1_2.html.
  • Syahbana MA. 2014. Pemanfaatan PIC18F4550 Sebagai Antarmuka Komunikasi USB untuk Pencacahan Frekuensi. [Internet]. Tersedia di: http://physics.studentjournal.ub.ac.id/index.php/psj/articel/view/103/63.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *