Pengertian ringkasan

Pengertian Ringkasan

Beberapa diantara kamu pasti pernah melakukan yang namanya kegiatan meringkas, baik itu ketika ada tugas sekolah ataupun tidak.

Ringkasan biasanya dibuat untuk menyederhanakan suatu hal dengan tujuan mudah diingat dan dipahami, serta merupakan hal yang sangat penting dalam bidang tulis-menulis.

Namun, apakah kamu yakin sudah membuat ringkasan yang benar?

Untuk mengetahuinya simak materi kali ini yang membahas pengertian ringkasan dan bagaimana sih membuat ringkasan yang baik. Semuanya akan ulas secara lengkap disini.

Pengertian Ringkasan

Ringkasan

Secara umum, pengertian ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang lebih singkat dengan masih mempertahankan urutan isi serta sudut pandang pengarang asli.

Dalam proses penulisannya tentu saja harus dilakukan dengan berhati-hati, karena ringkasan yang dibuat tidak boleh dicampur adukan dengan opini ataupun komentar dari si pembuat ringkasan.

Ringkasan juga berbeda dengan ikhtisar, meskipun kedua istilah tersebut sering disinggung bukan berarti sama ya.

Perbedaan keduanya dapat dilihat dari struktur penulisan, jika ringkasan masih mempertahankan urutan karangan asli.

Sementara ikhtisar kebalikannya, yaitu tidak mempertahankan susunan atau sistematika karangan asli sehingga dalam penulisannya cenderung bebas. Namun, masih menunjukan inti bacaan dari karangan asli.

Pengertian Ringkasan Menurut Para Ahli

Pengertian ringkasan menurut ahli

Untuk lebih memahami mengenai pengertian ringkasan, beberapa para ahli/ pakar juga turut mengemukakan definisi ringkasan.

Simak beberapa pendapatnya dibawah ini.

1. Asmi (2004)

Ringkasan (precis yang berarti memotong/ memangkas) adalah salah satu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk singkat.

2. Isdriani (2009 : 152)

Ringkasan adalah sebuah cara menyajikan karangan kedalam bentuk yang lebih singkat, tetapi masih mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang aslinya.

3. Wijayanti dkk (2013 : 172)

Inti bacaan dari ringkasan yang dibuat tidak meninggalkan urutan gagasan yang melandasinya. Kata precis yang berarti “memangkas”, maksudnya; penyusun ringkasan hanya memangkas hal-hal yang lebih kecil menyelimuti gagasan utama bacaan.

4. Nurhadi (2010 : 137)

Ringkasan atau disebut juga dengan istilah precis merupakan bentuk singkat dari sebuah karangan yang masih mempertahnkan urutan isi dan makna naskah asli.

5. Alfaini (2011 : 2)

Ringkasan adalah penyajian singkat dari suatu karangan asli, sedangkan perbandingan bagian atau bab dari karangan asli secara proposional tetap dipertahankan dalam bentuknya yang singkat.

Pahami juga: Pengertian Kata Serapan

Bentuk-bentuk Ringkasan

Ringkasan bentuk simpulan
Pengertian ringkasan

Menurut pendapat Olivia (2009 : 29) setidaknya ada tiga bentuk ringkasan yang harus diketahui diantaranya; ringkasan bentuk, abstrak, sinopsis dan simpulan.

Begini penjelasannya:

1. Ringkasan Bentuk Sinopsis

Ringkasan bentuk sinopsis adalah ringkasan yang dilakukan pada buku seperti; fiksi dan non-fiksi. Dengan tujuan untuk memberikan dorongan kepada orang lain sehingga tertarik untuk membacanya.

2. Ringkasan Bentuk Abstrak

Ringkasan bentuk abstrak adalah teknik meringkas sesingkat mungkin dengan mengambil ide pokok yang dibahas.

3. Ringkasan Bentuk Simpulan

Ringkasan bentuk simpulan merupakan ringkasan yang menyatakan ide utama deskripsi dari uraian yang panjang dengan cara memberikan penekanan pada ide sentral dan solusi untuk menyelasaikan dari masalah yang dihadapi.

Perbedaan Ringkasan, Rangkuman, dan Sinopsis

Inilah perbedaan rangkuman, ikhtisar dan sinopsis

Mungkin selain ringkasan, kamu juga pernah mendengar istilah rangkuman, ikhtisar, dan sinopsis. Namun, tahukah perbedaan dari ke-4 pengelompokan tersebut?

Kalo belum, mari kita lihat perbedaanya dibawah ini.

  • Ringkasan

Ringkasan merupakan tulisan yang berupa sajian singkat dari karangan asli dengan masih mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli.

  • Rangkuman

Rangkuman adalah hasil ekstrak dari suatu bacaan, tulisan/ berita sehingga dapat disimpulkan secara singkat dengan perbandingan secara proposional antara tulisan yang dirangkum dengan rangkumannya.

  • Ikhtisar

Ikhtisar pada dasarnya sama seperti ringkasan, yaitu berupa sajian singkat dari karangan yang panjang. Hanya saja, jika ikhtisar tidak perlu mempertahankan urutan karangan asli, sehingga si penulis bebas memakai bahasa sendiri dengan catatan masih menunjukan inti dari bacaan tersebut.

  • Sinopsis

Sinopsis merupakan ringkasan pendek dari suatu cerita, seperti; novel, cerpen, roman, dan karya sastra lainnya dengan tetap memperhatikan unsur instrinsik dan ektrinsik yang terkandung didalamnya.

Ciri-ciri Ringkasan

Ringkasan yang baik
Pengertian ringkasan

Untuk mengidentifikasi sebuah karya tulis bahwa itu adalah ringkasan yang baik ada beberapa ciri-ciri yang bisa kamu ketahui, antara lain:

  • Mempublikasikan kembali suatu bacaan dengan penyajian yang lebih singkat.
  • Mempunyai kerangka yang terstruktur dan juga jelas.
  • Mereproduksi kalimat yang ditulis pengarang menggunakan bahasa sendiri dengan intisari bacaan yang tidak menghilangkan makna dari karangan asli.
  • Mempertahankan gagasan utama naskah asli.
  • Urutan ringkasan, sudut pandang dan isi masih mengikuti naskah asli.
  • Menuliskan kalimat yang pendek/ singkat untuk mewakili tulisan pengarang asli.

Tujuan Ringkasan

Tujuan ringkasan

Tujuan membuat ringkasan adalah untuk memahami dan mengetahui isi sebuah karangan atau buku.

Dengan membuat ringkasan seseorang juga akan dibimbing untuk membaca karangan asli dengan cermat dan menuliskannya kembali dengan tepat.

Kemampuan membaca dengan cermat ini juga berpengaruh untuk mengasah keahlilan dalam menggunakan gaya bahasa, yang tujuannya untuk menghindari pemborosan kata yang mungkin masuk dalam karangan.

Dari pemahaman tersebut, bisa disimpulkan bahwa salah satu tujuan meringkas bacaan ialah untuk menangkap gagasan pokok yang nantinya akan di sajikan dalam bentuk singkat menggunakan bahasa sendiri, namun tanpa menghilangkan makna dari karangan asli.

Ketahui apa itu kalimat beserta beberapa jenisnya.

Manfaat Ringkasan

Manfaat ringkasan
Pengertian ringkasan

Manfaat dari membuat ringkasan adalah untuk membantu kita dalam mengingat isi dari sebuah buku atau uraian yang begitu panjang.

Dengan meringkas, kegiatan menyusun bacaan juga akan menjadi lebih cepat dan efisien karena hanya membaca bagian-bagian penting yang mewakili karangan asli.

Adapun beberapa manfaat ringkasan secara umum, antara lain:

  • Bisa menemukan informasi secara cepat.
  • Waktu relatif cepat, karena isi buku yang lebih singkat.
  • Dengan meringkas kita dapat menemukan bagian-bagian terpenting dari isi buku sehingga tidak mudah lupa.
  • Membantu keperluan yang sifatnya instant. Misalnya jika kamu membutuhkan (intisari buku), bisa langsung cek daftar isi terus tinggal cek deh kehalaman yang dituju.

Cara Membuat Ringkasan

Begini cara buat ringkasan

Bagi orang yang sudah expert dalam menulis, mungkin membuat ringkasan tergolong mudah bagi mereka.

Meski demikian, perlu juga dalam memberikan patokan-patokan terutama bagi mereka yang belum pernah membuat atau baru saja membuat rangkuman agar hasilnya menjadi ringkasan yang baik dan juga benar.

Lalu apa aja sih patokan dalam membuat ringkasan?

Berikut ini beberapa patokan yang harus diperhatikan dalam membuat ringkasan bagi pemula:

  • Membaca Terlebih Dahulu Naskah Asli

Dalam membuat ringkasan perlu bagi kita untuk membaca dan memahami terlebih dahulu isi naskah asli. Tujuannya agar si penulis mengetahui maksud dan sudut pandang pengarang (Alfaini, 2011 : 3).

Dalam hal ini biasanya penulis ringkasan akan menjadikan judul dan daftar isi sebagai rujukan, dikarenakan kedua bagian tersebut berhubungan.

  • Mencatat Gagasan Utama

Jika sudah mendapatkan kesan umum, maksud dan sudut pandang dari penulis asli langkah selanjutnya adalah mencatat semua gagasan pokok yang terdapat disetiap bagian paragraf karangan.

Karena dengan mencatat semua poin penting tersebut dapat memudahkan penulis ketika meneliti apakah pokok-pokok utama tersebut layak ditulis kembali atau tidak.

Dalam hal ini gagasan utama yang diambil terdapat pada paragraf pertama, sedangkan paragraf tambahan lainnya bisa diabaikan/ dirangkai menjadi satu kalimat.

Kemudian menggunakan judul dan daftar isi sebagai rujukan yang mencakup judul bab, judul anak bab, dan alinea yang nantinya akan kita tulis ulang menggunakan bahasa sendiri.

  • Membuat Reproduksi

Setelah melakukan kedua hal penting diatas, maka seorang penulis sudah siap untuk membuat ringkasan yang dimaksud.

Pada tahap membuat reproduksi, isi ringkasa disesuaikan dengan karangan asli, tetapi kalimat penjelas diubah menggunakan bahasa kita sendiri tanpa mengubah makna pada naskah asli.

Jika gagasan yang telah ditulis ternyata kabur dan kurang jelas, dibolehkan untuk melihat kembali teks aslinya (tapi jangan kelamaan), hal ini untuk mencegah penggunaan kalimat dari penulis asli.

  • Ketentuan Tambahan

Ketika langkah ketiga sudah selesai, bukan berarti pengarang sudah mengerjakan semuanya dengan benar.

Namun, ada beberapa ketentuan tambahan yang harus diperhatikan agar dapat menghasilkan ringkasan yang baik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Urutan penulisan ringkasan menggunakan kalimat tunggal ketimbang kalimat majemuk. Oleh karena itu jika dalam naskah asli menemukan kalimat majemuk, baiknya diubah aja ke kalimat tunggal. Sementara jika dalam naskah asli terdapat kalimat langsung diubah ke kalimat tidak langsung.
  2. Ringkaslah frasa menjadi kata dan kata menjadi frasa.
  3. Bedakan antara ringkasan yang menggunakan kalimat tidak langsung dengan sudut pandang orang ketiga, dan sebuah pidato atau ceramah yang menggunakan kalimat langsung sudut pandang orang pertama.
  4. Jika sempat buanglah kalimat yang mengandung kata keterangan dan kata sifat. Meskipun pada kasus tertentu dua kata tersebut masih sering dipakai karena untuk menjelaskan gagasan umum ataupun rangakain kata sifat.
  5. Pertahankan gagasan pokok menurut naskah aslinya.
  6. Perhatikan panjang ringkasan, maksudnya ringkasan tidak boleh terlalu panjang apalagi jika sampai melebihi jumlah kata pada naskah aslinya.

Begini caranya menggunakan huruf kapital yang baik sesuai EYD.

Contoh Ringkasan

Contoh ringkasan
Pengertian ringkasan

Setelah tahu mengenai pengertian ringkasan dan beberapa sub yang berkaitan dengan kegiatan meringkas.

Adapun gambaran/ contoh ringkasan yang baik, yaitu sebagai berikut.

1. Contoh Ringkasan Materi Biologi

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Sebuah benda dapat di klasifikasikan kedalam golongan makhluk hidup (benda hidup) apabila mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Membutuhkan Makan

Setiap makhluk hidup membutuhkan makan sebagai sumber energi serta untuk membangun tubuh dan menggantikannya dengan sel tubuh yang telah rusak.

  • Bernafas

Setiap makhluk hidup akan bernafas untuk membakar makanan dan menghasilkan energi guna pertumbuhan dan perkembangan.

Berdasarkan proses menghasilkan energi, respirasi dibedakan menjadi dua, yaitu: respirasi anaerob dan respirasi aerob.

  1. Respirasi anaerob ialah pernapasan yang tidak memakai oksigen, biasanya sebagian bakteri dan sel hewan (saat lelah) yang melakukan respirasi bentuk ini.
  2. Respirasi aerob adalah pernapasan yang menggunakan oksigen. Oksigen yang berada di udara akan diikat melalui sistem pernapasan atau bagian tubuh makhluk hidup untuk mendapatkan energi.
  • Peka Terhadap Rangsangan

Salah satu sifat makhluk hidup yang paling penting ialah peka terhadap rangsang atau iritabilitas. Dengan kemampuan iritabilitas, seseorang mampu mendeteksi setiap perubahan yang terjadi baik dari narkoba atau yang lainnya.

  • Melakukan Adaptasi

Adaptasi maksudnya menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kemampuan iritabilitas makhluk hidup akan membahkan hasil adaptasi. Karena adaptasi muncul saat terjadi adanya perubahan, contoh; perubahan suhu dingin ke panas.

  • Melakukan Ekskresi

Metabolisme di dalam tubuh makhluk hidup berkumpul, dan apabila tidak dibuang, maka dapat meracuni tubuh yang tersebar melalui pembuluh darah. Bergerak Semua makhluk hidup mampu mengubah posisi (bukan tempat) dari satu titik ke titik lain. Bergerak dikarenakan adanya rangsang.

  • Bereproduksi

Sebuah proses biologis suatu individu untuk menghasilkan individu baru Pertumbuhan dan Perkembangan Dua proses yang berlainan namun tetap sama. Melalui dua proses ini makhluk hidup mengalami perkembangan dan kematangan fisik yang siap untuk melakukan reproduksi.

 

2. Contoh Ringkasan Buku

Buku : Olahraga Alam
Judul Buku : Arum Jeram
Pengarang : Erminawati
Penerbit : Ricardo Publishing
Cetakan : Maret 2009
Ringkasan :

Arum jeram adalah kegiatan yang yang dilakukan beramai-ramai, yang mana dalam kegiatan ini juga membutuhkan kemampuan fisik dan mental yang ekstra karena adanya tantangan alam.

Arum jeram sebagai wisata mulai di kenal di Indonesia pada pertengahan decade 90-an. Adapun beberapa tips yang harus disiapkan sebelum berarung jeram, yaitu:

  • Bawa snack untuk menggantikan kalori yang hilang.
  • Banyak minum (meski tidak haus tubuh akan banyak keluar keringat).
  • Gunakan sunblock untuk mengatasi sengatan matahari.
  • Membawa obat-obatan untuk persiapan ketika ada yang cedera.
  • Jangan panik apapun yang terjadi, karena akan menyusahkan tim.

Peralatan yang umumnya dibawa ketika berarung jeram, antara lain:

  • P3K.
  • Pelampung.
  • Helm.
  • Peluit.
  • Carabiner.
  • Perahu.
  • Pompa.
  • Dayung.

3. Ringkasan Cerita Pendek

Batuk sebenarnya bukan penyakit refleks, melainkan adanya rangsangan udara yang berpolusi, seperti; asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, dan gas lainnya yang merangsang atau kekurangan udara.

Batuk juga dapat  terjadi  karena saluran pernapasan atau paru-paru terkena infeksi kuman-kuman tertentu. Udara dingin atau lembab dapat juga membuat orang batuk/ bersin.

Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang  mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu, Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.

Demikian materi pengertian ringkasan yang sudah diulas secara lengkap.

Semoga dengan ada pembahasan ini dapat mempermudah kamu terutama jika ingin membuat ringkasan yang baik dan juga benar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *