Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Seni Rupa Murni | Pengertian, Fungsi, Jenis Beserta Contoh [Terlengkap]

7 min read

seni rupa murni

Pengertian Seni Rupa Murni – Seni adalah semua hal yang diciptakan manusia yang memiliki nilai keindahan dan membantu membangkitkan semangat serta perasaan bahagia seseorang.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Jenis-jenis seni dan sekarang saya akan membahas salah satu cabang dari jenis seni tersebut yakni “seni rupa murni”

Memang istilah seni rupa bukan hal yang asing lagi di telinga, sudah banyak orang yang sudah mengenai jenis seni ini. Sebenarnya, seni rupa sangat berkaitan dan berdampingan dengan kehidupan sehari-hari manusia.

Secara umum seni rupa terbagi menjadi dua bagain, pertama adalah seni rupa murni dan kedua adalah seni rupa terapan.

Untuk lebih lengkapnya simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Seni Rupa Murni

Pengertian seni rupa murni

Seni rupa murni adalah sebuah cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih menitik beratkan pada keindahan untuk dinikmati saja, atau ekspresi jiwa seperti lukisan.

Dalam pembuatannya, seni rupa murni berfokus pada nilai keindahan atau estetisnya saja, dan tidak memperdulikan nilai-nilai praktis dari karya yang dibuat.

Seni rupa murni ini memiliki nilai keindahan tinggi dalam proses membuatnya.

Meskipun fungsinya hanya sebagai hiasan atau pajangan saja. Banyak jenis dari seni rupa murni yang bisa menambah keindahan ketika dipajang atau dijadikan hiasan dinding rumah atau kantor.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Pengertian seni rupa murni menurut ahli

Perkembangan seni rupa menghasilkan beberapa ahli dengan karya–karyanya yang sangat populer serta memunculkan istilah–istilah dalam seni rupa yang membantu proses perkembangan seni rupa.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang pengertian seni rupa, berikut ini adalah beberapa pengertian seni rupa menurut para ahli yang telah diakui dalam dunia seni, diantaranya :

  1. La Mery, seorang ahli seni rupa 2 dimensi yang berasal dari prancis menyatakan bahwa seni rupa adalah penglihatan ekspresi secara simbolis dalam wujud dan bentuk yang lebih tinggi dan akan lebih indah yang dinetralisir menjadi sebuah wujud indah sebagai bentuk pengekspresian diri dan emosi.
  2. Haukin, mengungkapkan bahwa, seni rupa sebagai ekspresi jiwa seseorang yang di imajinasikan pada sebuah bentuk indah yang diungkapkan dan dapat dinikmati oleh orang dalam pertunjukan atau pameran seni.
  3. Coorig hartong, bahwa seni rupa adalah seni yang menjadi sebuah bentuk untuk pengekspresian diri dan emosi yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh banyak orang.
  4. William A. Haviland, Kesenian ialah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok massyarakat dengan kebudayaan tertentu.
  5. Prof. Drs. Suwaji Bastomi, Seni ialah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
  6. Akhdian Karta Miharja, Seni ialah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.
  7. Ki. Hajar Dewantara, Seni ialah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia.
  8. Kuntjaraningrat, Kesenian ialah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berasal dari manusia.

Jadi kesimpulannya adalah, bahwa seni rupa merupakan sebuah ekspresi dari dalam diri yang ditungkan kedalam objek berbentuk sehingga rasanya dapat dilihat maupun diraba oleh orang lain yang melihatnya.

Fungsi Seni Rupa Secara Umum

Fungsi seni rupa murni

Sebelum membahas secara lebih rinci mengenai fungsi dari seni rupa, alangkah baiknya diulas terlebih dahulu fungsi dari seni rupa secara umum.

Tujuannya agar bisa mengetahui dan menghargai suatu bentuk seni rupa yang ada di sekitar lingkungan.

Berikut adalah penjelasan dari fungsi seni rupa tersebut.

1. Seni Sebagai Sarana Komunikasi

Sarana Komunikasi

Fungsi dari seni rupa yang pertama adalah sebagai sarana untuk berkomunikasi. Sejak zaman dahulu hingga saat ini, karya seni memang menjadi suatu media yang amat mudah dipakai untuk menyampaikan suatu hal.

Umumnya, seni atau khususnya jenis seni rupa menjadi suatu bahasa universal yang digunakan untuk memberi pesan kepada semua orang, baik pesan tersebut disampaikan secara tersirat atau tersurat.

Salah satu contohnya adalah seni rupa wayang yang biasa digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan melalui hiburan.

2. Seni Sebagai Kebutuhan Emosional

Sarana menyalurkan kebutuhan emosional

Fungsi dari seni rupa yang kedua adalah sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan emosional.

Sebuah hasil karya seni tidak hanya dijadikan sebagai sarana komunikasi, namun juga untuk pemenuhan kebutuhan emosional manusia.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa manusia memiliki banyak sekali sifat emosi, misalnya marah, sedih, ,malas, senang dan lain sebagainya.

Peran yang penting dari seni ini adalah untuk dijadikan sebagai sarana menjadikan sebuah perasaan manusia yang sedang bergejolak atau tidak stabil menjadi perasaan yang senang dan bahagia karena efek dari keindahan seni tersebut.

Misalnya saja saat sedih dan melihat lukisan atau ukiran yang indah dan menawan, ini akan mendorong perasaan tenang dan nyaman tersendiri dalam hati.

3. Seni Sebagai Sarana Edukasi

seni sebagai sarana edukasi

Di samping untuk pemenuhan kebutuhan emosional, seni rupa merupakan salah satu solusi untuk sarana pendidikan bagi seseorang.

Hal itu dikarenakan seni ini bisa menyampaikan suatu informasi, baik itu sebagai informasi yang tersirat ataupun yang tersurat. Seni sendiri telah dijadikan sebagai sarana edukasi sejak zaman dahulu hingga hari ini.

Ada banyak yang menjadikan seni sebagai media pembelajaran untuk berbagai usia dan jenjang pendidikan. Misalnya saja adalah penggunaan seni wayang sebagaimana yang telah disebutkan di atas atau bisa juga dengan memakai seni boneka tradisional sebagai sarana pendidikan.

Tujuan dari sarana-sarana seni tersebut adalah untuk menyampaikan sesuatu supaya dapat memperbaiki kualitas diri sebagai manusia, khususnya perilaku yang baik dan luhur.

4. Seni Sebagai Sarana Peribadatan

seni sebagai tempat peribadatan

Fungsi dari seni rupa yaitu sebagai sarana ibadah. Tujuannya adalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa.

Ada banyak sekali contoh dari seni rupa semacam ini, misalnya saja masjid untuk sarana ibadah bagi para pemeluk agama Islam.

Pura atau kuil yang biasa digunakan sebagai sarana untuk ibadah umat Hindu dan Budha. Juga berbagai jenis Candi yang digunakan untuk sembahyang dan sebagainya.

5. Sarana Pemenuhan Kebutuhan Fisik Manusia

Seni sebagai kebutuhan manusia

Selain beberapa fungsi yang sudah saya jelaskan diatas, fungsi lain dari seni rupa adalah untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia. Di dalam beberapa hal, manusia memerlukan seni rupa, baik jenis seni rupa murni ataupun seni rupa terapan untuk memenuhi berbagai keperluan hidup mereka.

Tidak dapat di pungkiri bahwa kebutuhan manusia senantiasa bertambah dari masa ke masa, begitu juga kebutuhan akan manfaat dan fungsi dari seni itu sendiri.

Misalnya saja kebutuhan akan meja, piring, kursi dan lain sebagainya untuk kehidupan sehari-hari.

Jika disimpulkan, bahwa seni rupa adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Ia senantiasa berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan selalu ada di setiap sisi kehidupan ini.

Fungsi Seni Rupa Murni

fungsi seni rupa murni

Apabila dilihat dari definisi seni rupa murni di atas, suatu seni rupa murni sesungguhnya mempunyai fungsi yang cukup kompleks di dalamnya dan sangat berkaitan dengan kehidupan keseharian manusia di dunia.

Seni rupa murni juga memiliki peran sebagai sarana untuk menumbuhkan serta meningkatkan kebahagiaan seseorang dengan memakai unsur keindahan atau sebuah estetika di dalam bentuk seni rupa.

Disebabkan karena mempunyai nilai estetika yang cukup tinggi, tidak hanya untuk menjadikan orang yang menyaksikannya bahagia dan senang, akan tetapi juga bisa digunakan sebagai sarana untuk memperindah dan mempercantik sebuah ruangan.

Di samping itu, seni rupa murni juga bermanfaat sebagai sebuah cara untuk berkomunikasi kepada penikmat seni dan juga bisa menjadi sebuah media untuk memberikan suatu edukasi yang sifatnya baik untuk kepribadian manusia.

Adapun fungsi seni rupa murni dari segi sosial adalah ketika seseorang melihat sebuah karya seni yang menarik dan bagus, mereka akan cenderung mencari siapa yang membuat karya tersebut.

Kemudian akan mengapresiasi bahkan bisa jadi memberi penghargaan kepada seseorang karena karya seninya.

Jenis Seni Rupa Murni Berdasarkan Wujud dan Bentuknya

Jenis seni rupa berdasarkan bentuk

Secara umum di dalam semua seni rupa, khususnya untuk jenis seni rupa murni terdiri dari beberapa jenis, di antara jenis seni rupanya adalah dilihat dari segi bentuk dan wujudnya.

Adapun seni rupa murni ini terdiri dari dua bentuk dan juga wujud, yakni seni rupa murni dua dimensi dan seni rupa murni tiga dimensi. Berikut ini adalah ulasan mengenai masing-masing bentuk dan wujud seni rupa tersebut.

1. Seni Rupa Murni 3 Dimensi

seni rupa murni 3 dimensi

Seni rupa murni tiga dimensi adalah bentuk seni rupa yang unsur pembentuknya terdiri dari tiga jenis. Yakni bentuk panjang, lebar dan juga tinggi.

Tiga unsur tersebut kemudian akan membentuk suatu volume dan juga isi yang bisa menjadikan seni rupa murni terbaik dan terlihat indah dari segala arah.

Seni rupa murni tiga dimensi ini memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan yang dua dimensi di dalam pembuatannya.

Namun secara keindahan tentu akan memiliki kesan yang sangat indah. Ada banyak contoh dari karya seni rupa murni tiga dimensi ini, mulai dari bentuk karya seni patung, seni ukir, dan lain sebagainya.

2. Seni Rupa Murni 2 Dimensi

Seni rupa murni 2 dimensi

Adapun jenis seni rupa murni selanjutnya adalah seni rupa murni dua dimensi. Seni rupa ini tentu berbeda dengan seni rupa tiga dimensi. Perbedaannya adalah :

Seni rupa dua dimensi tersusun dari dua unsur saja, yaitu panjang dan lebar. Dikarenakan hanya tersusun dari dua unsur  maka tentu saja jenis seni rupa ini hanya bisa dilihat dari arah tertentu.

Meski demikian, untuk para seniman yang sudah ahli, karya seni rupa dua dimensi ini bisa dijadikan sebuah media untuk menaruh harta karun di dalamnya.

Hal itu lantaran para seniman tersebut memberikan semua kreatifitas mereka untuk diletakkan dalam media karya seni ini yang nantinya akan mendapatkan sebuah apresiasi.

Di antara contoh dari karya seni rupa murni dua dimensi adalah gambar grafis, poster, lukisan, dan lain sebagainya.

Contoh Seni Rupa Murni

Contoh seni rupa murni

Pada pembahasan selanjutnya akan diulas mengenai contoh seni rupa murni. Dengan mengetahui berbagai contoh seni rupa murni, Anda akan semakin mudah membedakan antara satu dengan yang lainnya. Berikut rincian lengkapnya:

a). Seni Lukis

Seni Lukis

Seni lukis hingga hari ini menjadi salah satu gambaran dari seni rupa murni yang peminatnya masih sangat banyak. Seni lukis biasanya menggunakan media kanvas. Bentuk dari seni ini memang memiliki daya pikat tersendiri bagi orang-orang yang melihatnya

Karena itu, tidaklah mengherankan jika hingga hari ini seni lukis masih banyak sekali peminatnya bahkan hingga muncul berbagai penelitian dan kajian tentang seni lukis terdahulu.

Di antara buah karya seni lukis zaman lampau yang hingga hari ini masih diteliti adalah yang diciptakan oleh Leonardo Davinci yang menciptakan sebuah lukisan Monalisa.

b.) Seni Grafis

Seni grafis

Contoh selanjutnya dari seni rupa murni adalah seni grafis. Seni jenis ini masuk ke dalam kategori seni dua dimensi dengan media utama berupa kertas.

Adapun teknik pembuatannya adalah dengan cetak atau printing, di era saat ini,  jenis seni ini masih banyak diminati dan senantiasa dikembangkan.

Dulunya, jenis seni ini masih dibuat dengan memakai cara manual. Yakni dengan memakai tangan. Namun, di zaman saat ini sudah menggunakan mesin printing yang lebih praktis dan mudah.

Adapun contoh dari bentuk seni ini adalah pembuatan berbagai karya seperti spandukk stempel, banner, dan berbagai jenis seni grafis yang lain.

c). Seni Fotografi

Seni potografi

 

Seni fotografi sendiri adalah salah satu bentuk karya seni yang memakai suatu alat bantu khusus berupa sebuah kamera.

Tujuannya adalah sebagai upaya mengabadikan momen yang berharga.

Adapun hasil dari fotografi ini adalah sebuah hasil foto, untuk seni fotografi ini, terdapat aspek utama yang digunakan, yakni berupa pengaturan dari cahaya (ISO) dengan memakai sebuah alat bantu berwujud kamera.

Dikarenakan pada zaman sekarang ini banyaknya orang yang menyukai seni ini, maka seringkali diadakan agenda lomba seni fotografi.

d). Seni Koreografi

Seni rupa murni - koreografi

Seni koreografi juga termasuk ke dalam bentuk seni rupa murni. Yang dimaksud dengan seni koreografi sendiri adalah sebuah seni yang di dalamnya.

Tujuannya untuk menciptakan atau bisa juga mengubah jenis tarian menjadi sebuah gerakan utuh yang sangat menarik dan menyenangkan banyak orang.

e). Seni Kaligrafi

Seni kaligrafi

Selanjutnya adalah seni kaligrafi yang menjadi salah satu akulturasi penulisan yang bagus menggunakan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang menjadi kitab suci umat Islam.

Ada banyak macam dari seni kaligrafi dan seni kaligrafi umumnya digunakan untuk kepentingan menghias masjid atau tempat ibadah serta rumah-rumah, sekolah dan lain sebagainya.

f). Seni Pahat

Seni pahat

Adapun seni pahat merupakan salah satu jenis seni yang menjadi cabang dari seni rupa murni. Untuk membuat seni pahat ini, biasanya yang digunakan adalah kayu atau bisa juga batu. Di antara hasil dari jenis seni pahat ini adalah seni berupa patung serta berbagai bentuk kerajinan pahat yang lain.

g). Seni Ukir

Seni ukir

Jenis seni rupa murni selanjutnya adalah seni ukir yang menjadi salah satu seni khas Indonesia. Seni ukir ini memiliki nuansa klasik yang sangat memukau.

Seni ini juga menggunakan bahan dasar kayu. Hampir semua daerah di kawasan Indonesia memiliki khas tersendiri dalam hal seni ukir. Misalnya saja seni ukir khas Jepara dan juga Papua yang terkenal khas.

h). Seni Keramik

Seni rupa murni - keramik

Yang dimaksud dengan seni keramik merupakan salah satu jenis seni yang terbuat dari tanah kemudian dibentuk dengan bentuk yang indah lalu dilakukan pembakaran agar lebih keras dan juga lebih cantik.

Umumnya para seniman untuk jenis seni keramik ini akan menggabungkan warna dari berbagai jenis tanah untuk membuat warna yang cantik dan menarik pada hasil seninya. Namun, ada juga yang melakukan proses pewarnaan secara manual.

i). Seni Mozaik

Seni rupa murni - Mozaik

Diurutan terakhir, adalah seni mozaik yang merupakan salah satu jenis seni yang menggunakan berbagai bahan mulai dari potongan kertas, kaca ataupun keramik yang disusun menjadi sebuah bentuk indah dan memberikan nilai karya seni yang tinggi.

Kesimpulan

Jadi yang dimaksud dengan seni rupa murni adalah sebuah karya seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan segi fungsi atau kegunaannya, dan hanya dinikmati keindahannya saja.

Fungsi seni rupa murni ini terletak pada keindahan dan hanya sebagai pemuas batin saja, jadi hasil karyanya tidak dapat di gunakan untuk membantuk kegiatan sehari-hari manusia.

Beberapa contoh yang sudah saya jelaskan diatas misalnya seni lukis, seni grafis, seni patung, seni kaligrafi, foto grafer, dan sebagainya.

Dengan mengetahui berbagai sisi dari seni rupa murni, tentu akan semakin memperluas cakrawala pengetahuan kawan-kawan semua.

Terimakasih.

Semoga bermanfaat.

Malik fauzan Human happiness and human satisfaction must ultimately come from ourselves.

Pengertian Ringkasan

Malik fauzan
4 min read

Pengertian Latar

Malik fauzan
3 min read

Pengertian Kata Serapan

Malik fauzan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *