Pengertian seni rupa murni

Pengertian Seni Rupa Murni

Banyak orang yang sering mendengar istilah seni rupa murni, namun mungkin belum tentu paham mengenai pengertian seni rupa murni yang sebenarnya.

Seni rupa murni merupakan salah satu cabang dari seni yang dapat dirasakan dengan indera penglihatan dan peraba.

Untuk mengetahui lebih jelas serta rincinya dapat kamu simak mengenai materi seni rupa murni berikut ini.

Pengertian Seni Rupa Murni

Karya seni rupa murni

Seni rupa murni adalah jenis seni yang lebih mengutamakan keindahan, dan tidak memperdulikan nilai fungsi atau kegunaan dari karya yang dibuat.

Dalam pembuatannya, seni rupa murni hanya berfokus pada nilai keindahan dibandingkan dengan pertimbangan praktis atau guna. Disinilah letak yang membedakan antara seni rupa murni dengan seni rupa terapan.

Fungsi Seni Rupa Murni

Fungsi seni murni

Berdasarkan pengertian seni rupa murni diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil karya seni rupa murni hanya berfungsi sebagai hiasan.

Meskipun fungsinya hanya sebagai hiasan atau pajangan. Banyak jenis dari seni rupa murni yang bisa menambah keindahan ketika dipajang atau dijadikan hiasan dinding rumah/ kantor.

Contoh Seni Rupa Murni

Adapun contoh dari seni rupa murni, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lukisan

Seni lukis

Lukisan merupakan salah satu contoh seni rupa murni dua dimensi yang dibuat melalui media lukis (kertas, kanvas) dengan menggunakan alat lukis, seperti; pensil, kuas, cat, dan sebagainya.

Lukisan mempunyai nilai keindahan yang tinggi, maka tidak heran jika banyak kolektor diluaran sana yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah banyak demi mendapatkan lukisan yang diinginkan.

2. Grafis

Grafis

Seni grafis merupakan bagian dari seni rupa murni yang sekaligus seni rupa terapan.

Adapun dalam proses pembuatannya menggunakan teknik cetak, baik modern atau konvesional. Beberapa teknik tersebut diantaranya; collograph, etsa, monotype, cukil kayu, sablon, dsb.

Contoh dari bentuk seni grafis adalah pembuatan berbagai karya seperti spanduk stempel, banner, dan berbagai jenis seni grafis yang lain.

3. Fotografi

Fotografi

Seni fotografi adalah salah satu bentuk karya seni rupa murni yang memakai alat bantu berupa sebuah kamera. Fotografi banyak disukai oleh banyak kalangan sebagai media mengekpresikan diri.

Objek-objek yang dipotret menggunakan kamera akan semakin indah jika dipadukan dengan seni yang satu ini.

4. Kaligrafi

Kaligrafi

Seni kaligrafi adalah salah satu akulturasi penulisan yang bagus menggunakan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang menjadi kitab suci umat Islam.

Kaligrafi pada umumnya digunakan untuk kepentingan menghias masjid, rumah, sekolah, dan lain sebagainya.

5. Relief

Relief

Relief merupakan sebuah hasil karya pahatan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi (trimata) yang dibuat diatas bidang dua dimensi (dwimatra).

Seni relief dapat ditemukan pada bangunan prasejarah, seperti; candi, museum atau tugu peringatan.

Pada umumnya relief menggambarkan kisah atau diorama tertentu dengan nilai sejarah yang sangat tinggi.

6. Ukiran

Seni murni ukir

Ukiran merupakan seni memahat batu atau kayu untuk jadikan sebuah karya seni yang indah.

Seni ukir umumnya berbentuk tumbuhan atau hewan. Selain termasuk kedalam jenis seni murni, ukiran juga termasuk dalam seni terapan.

7. Keramik

Seni keramik

Keramik merupakan jenis seni rupa murni yang terbuat dari tanah liat kemudian dibentuk dengan bentuk yang indah lalu dilakukan pembakaran agar lebih keras.

Seni keramik berbentuk guci, vas bunga, dan sebagainya. Biasanya para seniman akan menggabungkan warna dari berbagai jenis tanah untuk menghasilkan warna yang cantik nan indah.

8. Mozaik

Seni mozaik

Seni mozaik merupakan seni merangkai berbagai potongan/ pecahan, seperti; kertas, kaca ataupun keramik yang nantinya akan disusun menjadi sebuah bentuk indah dan memberikan nilai karya seni yang tinggi.

9. Patung

Patung bunda maria

Patung merupakan contoh karya seni rupa murni tiga dimensi yang terbuat dari bahan berupa batu, logam, kayu, karet, fiber.

Pada umumnya patung berbentuk manusia, hewan, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri banyak sekali patung yang bisa dilihat dan dinikmati keindahannya. Seperti patung di candi borobudur, di pura atau di tempat bersejarah lainnya.

10. Topeng

Seni topeng

Topeng temasuk kedalam salah satu seni rupa murni yang digunakan sebagai properti atau kebutuhan lainnya, tetapi jika hanya digunakan sebagai pajangan dinding, maka fungsinya tentu sudah lain.

Seni rupa jenis ini bertujuan untuk mengekspresikan suasana hati manusia dan menambah nilai keindahan di dalam rumah.

***

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai pengertian seni rupa murni yang telah ditulis secara lengkap dan juga rinci.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *