BerandaEdukasiPengertian Tema

Pengertian Tema

Apakah kamu pecinta komik, novel, atau cerpen? Nah, kira-kira tema apa yang kamu sukai?

Seperti diketahui, jenis buku fiksi di atas terdiri dari banyak sekali tema, mulai dari kisah cinta, komedi, persahabatan, horor, politik, hingga peperangan. Namun, apa sih pengertian tema itu sendiri?

Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai tema. Maka dari itu, simak dan perhatikan baik-baik ya.

Pengertian Tema

Apa itu tema?

Dikutip dari Wikipedia.org, tema adalah suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal yang dituangkan pengarang dalam membuat karya sastra.

Sedangkan secara umum, tema ialah gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra sebagai struktur semantis dan bersifat abstrak yang secara berulang dimunculkan lewat motif-motif dan biasanya dilakukan secara implisit.

Terdapat dua jenis tema dalam karya sastra yaitu tema utama dan tema tambahan:

  • Tema utama (mayor), yaitu ide yang diulang-ulang oleh penulis sehingga menjadikannya sebagai yang paling signifikan dalam sebuah karya sastra.
  • Tema tambahan (minor), yaitu ide lain yang mengacu pada ide utama, ide ini berfungsi untuk menyokong dan menonjolkan cerita pada tema mayor.

Tema sebagai salah satu unsur intrinsik memegang peranan penting dalam sebuah karya sastra karena tema mengandung ide gagasan yang menjadi pondasi sebuah cerita.

Pengertian Tema Menurut Ahli

Ada banyak versi tentang pengertian tema, beberapa diantaranya yaitu:

1. Menurut Aminudin (1995:91)

Tema adalah ide yang mendasari suatu cerita, yang berperan sebagai pangkal tolak pengarang dalam memaparkan karya fiksi yang diciptakannya.

2. Menurut Keraf (1980:107)

Tema adalah suatu amanat yang disampaikan melalui karangan. Permasalahan yang mucul harus dicarikan jalan keluarnya agar pembaca dapat mengambil pesan moral atau pelajaran dari cerita yang disampaikan.

3. Menurut Mido

Tema adalah persoalan utama dari sebuah cerita rekaan dan bukan di dalam pikiran pengarangnya saja.

4. Menurut Stanton dan Jenny C

Tema adalah makna yang terkandung di dalam sebuah cerita yang ada dalam karya sastra.

5. Menurut Tarigan (1993:125)

Tema adalah pandangan hidup tertentu atau perasaan tertentu mengenai kehidupan atau rangakaian nilai-nilai tertentu yang membangun dasar atau ide utama suatu karya sastra.

6. Menurut Ensiklopedia Sastra Indonesia

Tema adalah gagasan pokok atau ide pikiran yang digunakan sebagai landasan dalam pengembangan cerita.

7. Menurut Kamus Istilah Pengetahuan Populer

Tema adalah persoalan atau pokok pikiran yang dipaparkan dalam suatu karya sastra, atau isi dari sebuah tulisan.

Jenis-Jenis Tema

Terdapat lima jenis tema yang kerap dikembangkan oleh pengarang dalam membuat sebuah karya sastra, antara lain sebagai berikut:

1. Tema Sosial

Tema sosial adalah tema yang berkaitan dengan berbagai macam problematika sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat. Pada tema ini, pengarang akan menjelaskan berbagai macam permasalahan yang terjadi seperti masalah sosial di lingkungan keluarga, hingga permasalahan yang cukup besar yang menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan).

2. Tema Jasmaniah

Tema jasmaniah adalah tema yang berkaitan dengan keadaan jasmani seseorang. Pada tema ini, pengarang berfokus pada kenyataan diri manusia sebagai molekul, zat, jasad, perasaan, dan pikiran. Adapun contoh dari tema jasmaniah, yaitu tema percintaan, persahabatan, dan lain-lain.

3. Tema Ketuhanan

Tema ketuhanan adalah tema yang berkaitan dengan kondisi dan situasi manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Pada tema ini, pengarang berfokus pada hal-hal magis yang berada di luar akal manusia seperti kematian, keajaiban penyembuhan penyakit, rizki yang melimpah, dan lain-lain.

4. Tema Egoik

Tema egoik adalah tema yang berkaitan dengan sifat ego manusia. Pada tema ini, pengarang menonjolkan tema dengan berbagai macam bentuk cerita seperti keserahakan atau ketamakan.

5. Tema Organik

Tema organik adalah tema yang mencakup berbagai macam hal yang berhubungan erat dengan moral yang dimiliki oleh manusia seperti hubungan antar pria dan wanita dan hubungan antar manusia lainnya.


Demikian penjelasan tentang pengertian tema yang bisa kamu ketahui dan pelajari. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan membantu dalam menunjang pembelajaranmu di sekolah.

Yuk Diskusikan di Komentar