BerandaEdukasiSeni Patung

Seni Patung

Seni patung merupakan karya seni rupa tiga dimensi (trimatra) buatan manusia yang mempunyai nilai estetika/ keindahan.

Patung digolongkan sebagai seni 3 dimensi, karena memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi (volume) serta bisa dinikmati dari segala arah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian seni patung adalah suatu benda yang dibuat dengan cara dipahat untuk meniru suatu bentuk, baik itu manusia ataupun hewan.

Seni patung umumnya terbuat dari tanah liat, kayu, batu, logam, semen, hingga bahan yang keras seperti logam dan batu.

Dalam kamus Oxford Dictionary disebutkan bahwa patung adalah salah satu hasil dari karya seni yang berwujud tiga dimensi yang dibuat menggunakan teknik memahat dan teknik kasting atau cor.

Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli

Patung Buddha

Agar lebih memahami makna dan definisi dari seni patung, mari kita merujuk pada pendapat para ahli berikut ini.

1. Mikke Susanto

Menurut pendapat Mikke Susanto seni patung adalah sebuah karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi bahan seperti memotong, menatah) atau aditif (membuat model lebih dulu seperti mengecor dan mencetak).

2. Soenarso dan Soeroto

Menurut Soenarso dan Soeroto seni patung adalah semua karya dalam bentuk meruang.

Jenis-jenis Patung

Jenis seni patung dikelompokan menjadi beberapa macam, yaitu berdasarkan bentuk, jenis, fungsi, dan coraknya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Seni Patung Berdasarkan Bentuknya

Seni patung figuratif

Seni patung berdasarkan bentuknya terbagi menjadi dua jenis, diantaranya yaitu:

  • Figuratif

Patung figuratif merupakan patung yang mempunyai bentuk seperti benda-benda yang ada di kehidupan nyata. Contoh jenis patung figuratif adalah; patung manusia, hewan, hingga tumbuhan.

  • Non Figuratif

Patung non figuratif merupakan jenis patung yang bentuknya tidak menyerupai bentuk asli. Dengan kata lain ini adalah kebalikannya dari patung figuratif.

Patung non figuratif biasanya hanya menampilkan garis, lekukan, atau bagian tertentu dari sebuah objek.

2. Seni Patung Berdasarkan Jenisnya

Seni patung berdasarkan jenisnya

Seni patung berdasarkan jenisnya digolongkan menjadi dua macam, yaitu:

  • Zonde Bosse

Patung zonde bosse merupakan patung yang berdiri sendiri, yang mana kanan kirinya lepas sehingga tidak menempel pada satu sisi.

  • Relief

Relief merupakan jenis patung yang menempel pada permukaan dinding. Biasanya patung jenis ini menggambarkan peristiwa yang terjadi di masa lampau.

3. Seni Patung Berdasarkan Fungsinya

Fungsi patung

Seni patung berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu:

  • Patung Dekorasi

Patung dekorasi berfungsi untuk memperindah suatu ruang atau lingkungan eksterior.

  • Patung Monumen

Patung monumen digunakan untuk mengenang jasa para tokoh atau kelompok tertentu. Misalnya; sosok pahlawan suatu negara atau memperingati peristiwa bersejarah.

  • Patung Kerajinan

Patung kerajinan yaitu patung yang rancang untuk memenuhi kebutuhan pasar, sehinga dapat diminati dan menghasilkan nilai jual yang tinggi.

  • Patung Arsitektur

Patung arsitektur dibuat untuk menunjang dan melengkapi sebuah kontruksi pada sebuah bangunan yang telah dirancang menggunakan desain arsitektur sehingga tercipta suasana yang harmonis dan tampak hidup.

  • Patung Religi

Sebagian masyarakat di dunia mempercayai bahwa patung mengandung makna yang religius sehingga di beberapa agama patung digunakan sebagai sarana untuk beribadah.

  • Patung Seni

Patung seni atau seni murni dibuat untuk kepentingan estetis dan umumnya bentuknya berupa eksperimental (seni tidak selalu indah).

4. Seni Patung Berdasarkan Coraknya

Seni patung berdasarkan coraknya

Terakhir, seni patung berdasarkan coraknya dibedakan menjadi tiga macam diantaranya:

  • Corak Imitatif

Corak figuratif merupakan tiruan dari makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan).

Dalam perwujudannya, corak patung figuratif dibuat sesuai dengan fisik asli, baik itu dari segi anatomi, proporsi, dan gerakan.

  • Corak Deformatif

Corak patung deformatif adalah gaya patung yang wujud dan bentuknya didasarkan dari bentuk alami namun terdapat perubahan-perubahan dari tiruan aslinya.

Biasanya objek yang ditiru diubah menjadi bentuk yang baru sesuai dengan imajinasi pembuatnya.

  • Corak Non Figuratif atau Abstrak

Corak abstrak merupakan corak yang dalam pembuatannya banyak meninggalkan bentuk asli untuk perwujudan patungnya.

Teknik Seni Patung

Teknik seni patung

Agar mengahasilkan patung yang bagus, tentunya ada beberapa teknik yang harus dipelajari dan dikuasi oleh seorang seniman.

Berikut adalah beberapa jenis teknik dalam pembuatan patung.

1. Teknik Merakit

Teknik merakit sama halnya seperti kita ketika menyusun puzzle, yaitu merangakai beberapa bahan dasar patung menjadi satu kesatuan yang utuh.

2. Teknik Membentuk

Teknik membentuk merupakan teknik pembuatan patung yang dilakukan secara bertahap, yang nantinya tercipta patung yang sesuai keinginan.

Pada teknik ini, seniman diharuskan mempunyai ketelitian yang baik agar kualitas patung yang dihasilkan mempunyai nilai estetis atau nilai jual tinggi.

3. Teknik Pahat

Teknik pahat merupakan salah satu teknik pembuatan patung dengan cara mengurangi bahan menggunakan benda keras (alat pahat).

Biasanya bahan dasar yang digunakan adalah; kayu, batu granit, tulang, dan lain sebagainya.

4. Teknik Modeling

Teknik modeling merupakan teknik pembuatan patung dengan cara membuat sketsa terlebih dahulu, kemudian jika sudah “tetap” barulah dibentuk patung sebenarnya.

5. Teknik Butsir

Teknik butsir merupakan proses pembuatan patung dengan cara mengurangi bahan lunak seperti;  tanah liat,gips malam dan bahan yang berstruktur lunak lainnya sehingga tercipta karya patung yang memiliki nilai estetika.

6. Teknik Merakit atau Cor

Teknik cor merupakan teknik dalam membuat patung dengan cara memanaskan bahan dasar patung yaitu logam hingga mencair kemudian dituangkan dalam cetakan patung yang telah dibentuk rupa patungnya.

Contoh Seni Patung

Di beberapa negara di dunia terdapat beberapa patung yang terkenal dan tidak sedikit pula yang menjadikanya sebagai ikon dari negara tersebut.

1. Garuda Wisnu Kencana – Indonesia

Garuda wisnu kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan mahakarya buatan seniman ternama yaitu I Nyoman Nuarta yang terletak di Bukit Ungasan, Jimbaran, Bali.

Ukuran dari patung ini cukup fantastis yaitu tingginya yang mencapai 75 meter dengan lebar 60 meter.

Patung ini dibangun pertama kali pada tahun 1997 dan diresmikan pada tanggal 8 Agustus 2018. Bahan utama dalam pembuatannya adalah campuran baja dan tembaga dengan berat 4000 ton.

Patung yang menjadi kebanggan masyarakat Indonesia, khususnya Bali ini merupakan bentuk perwujudan Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu merupakan dewa pemelihara (shithi) yang menaiki burung Garuda.

Patung ini dibangun dengan jarak pandang hingga 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua sampai Tanah Lot.

2. Christ The Redeemer – Rio de Janeiro, Brazil

Patung Christ The Redeemer

Christ The Redeemer merupakan patung Yesus berukuran raksasa dengan tinggi mencapai 30 meter dengan tangan yang membentang ke udara dengan panjang 28 meter.

Patung ini menjadi salah satu patung terbesar di dunia, karena dibangun dilokasi yang tidak biasa yaitu di puncak Gunung Corcovada setinggi 700 meter.

Patung Christ The Redeemer dibangun antara tahun 1926 sampai 1931 dan menjadi salah satu patung ikonik di Brazil.

3. Spring Temple Buddha – China

Patung spring temple Buddha

Patung Spring Temple Buddha merupakan patung tertinggi di dunia yang terletak di Henan, China.

Patung yang dibangun dari tahun 1997 sampai 2008 ini mempunyai ketinggin 163 meter dengan berat mencapai 1.000 ton dengan 1.100 potongan tembaga.

4. Sphinx – Mesir

Patung Sphinx

Di Mesir terdapat patung berbentuk setengah hewan dan setengah manusia yang dikenal sebagai patung Sphinx.

Sphinx merupakan patung yang terbuat dari batu gamping yang mempunyai bentuk tubuh seperti singa dan kepala yang menyerupai manusia.

Patung Sphinx duduk dengah gagah di Dataran Tinggi Giza

Diketahui, Sphinx memiliki ketinggian 20,22 meter, panjang 73,5 meter, dan lebar 19,3 meter.

Diperkirakan patung ini dibangun oleh peradaban Mesir kuno pada milenium ketiga SM.

5. Patung Liberty – Amerika Serikat

Patung liberty paman sam

Patung Liberty merupakan patung yang berukuran besar yang menjadi ikon negara Paman Sam, Amerika Serikat.

Patung ini merupakan bentuk pemberian Prancis kepada Amerika saat merayakan 100 tahun deklarasi kemerdekaan pada tanggal 28 Oktober 1886.

Tinggalkan komentar