BerandaKulturTari Serimpi : Bentuk Perlawanan Terhadap Penjajahan

Tari Serimpi : Bentuk Perlawanan Terhadap Penjajahan

Tari Serimpi : Bentuk Perlawanan Terhadap Penjajahan Tahukah kamu apa itu Tari Serimpi? Ini merupakan tarian yang cukup sakral, sebab tarian ini hanya dipertunjukkan di daerah keraton saja. Jika kita mengetahui seluk beluknya, tarian ini pernah digunakan sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajah.

Adanya istilah tarian ini berasal dari kata serimpi yang artinya bermimpi. Dalam tarian ini, para penonton seolah-olah masuk ke dalam dunia alam bawah sadar atau mimpi. Orang-orang yang menonton tarian ini akan terbuai oleh iringan musik yang lembut serta keluwesan dari para penari.

Istilah serimpi berkaitan dengan empat unsur yang ada di dalam kehidupan manusia. Sehingga tarian ini juga dibawakan oleh empat orang yang menggambarkan tentang gama “api”, “angin” “udara”, bumi “tanah”, dan yang terakhir toya “air”.

Baca Juga : Sejarah Tari Remo Jawa Timur

Asal Tari Serimpi

Tari serimpi berasal dari Keraton di Jawa yaitu Keraton Yogyakarta dan juga Surakarta. Tarian ini menjadi salah satu media hiburan bagi para penonton yang sedang merasa emosi, lelah, maupun banyak pikiran.

Gerakan Tari Serimpi

Tari serimpi memiliki gerakan dengan tempo yang sangat lembut dan halus. Gerakan yang dilakukan penari saat mementaskan tarian ini sangat pelan. Hal itulah yang sampai sekarang menjadi salah satu ciri khas dari tarian ini.

Gerakan dari kepala hingga kaki harus dilakukan dengan harmonis. Sehingga simbol dan makna bisa disampaikan dengan jelas kepada para penonton. Untuk jenis tarian serimpi heroik, dimana akan ada perpindahan gerakan dari pelan ke cepat. Tetap harus memperhatikan temponya supaya masih teratur.

Alat Musik Pengiring Tari Serimpi

Budaya tari serimpi merupakan bagian dari warisan budaya Jawa. Oleh karena itu, pertunjukannya diiringi dengan gamelan Jawa. Ketika penari masuk dan keluar panggung, maka akan diiringi oleh gending sabrangan. Lalu diikuti dengan gending tengahan atau ageng dan juga gending ladrang. Sementara di adegan peperangan akan diiringi oleh ayak-ayakan dan juga srebegan.

Kostum Tari Serimpi

Busana yang digunakan oleh penari serimpi sangat khas dengan adat Jawa. Terutama pemakaian kemben oleh wanita Jawa yang sangat khas. Busana atau kostum yang indah tersebut dipadukan dengan gerakan tari yang lemah gemulai. Membuat tarian ini semakin indah dan elegan.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai Tari Serimpi Bentuk Perlawanan Terhadap Penjajaha . Kita tahu bahwa setiap kebudayaan memiliki filosofi dan makna tersendiri. Semoga sedikit informasi ini dapat menambah wawasan kita akan keanekaragaman budaya di Indonesia. Terutama dalam tari tradisional.

Ini Diskusi Mereka . . .

Yuk Diskusikan di Komentar