BerandaEdukasiTeks Eksplanasi Pelangi

Teks Eksplanasi Pelangi

Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang seringkali menjadi topik pembelajaran bahasa Indonesia pada bab teks eksplanasi. Sebenarnya apa itu teks eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan hubungan peristiwa atau proses terjadinya sesuatu yang saling berhubungan dan sesuai fakta.

Nah, jika sekarang kamu sedang mencari referensi tentang contoh teks eksplanasi pelangi, maka di bawah ini ada contoh teks ekplanasi pelangi lengkap beserta struktunya. Penasaran? Yuk, langsung simak ulasannya!

Contoh Teks Eksplanasi tentang Pelangi Beserta Strukturnya

1. Penyataan Umum (Pembuka)

Pelangi atau rainbow adalah fenomena alam yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi mempunyai 7 macam warna yang terdiri dari warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Pelangi juga dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang terlihat di langit atau medium lainnya. Pelangi umumnya muncul setelah hujan terjadi atau nampak pada sekitar air terjun yang berarus deras.

2. Deretan Penjelas (Isi)

Pelangi muncul karena cahaya membias dan menyimpang menjauhi partikel. Ketika matahari terbenam, maka langit menjadi merah karena sinar matahari lewat melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada keadaan matahari di siang hari. Pelangi tidak akan terlihat pada malam hari atau ketika cuaca mendung. Hal itu terjadi karena pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya. Pada mulanya matahari melewati tetes hujan lalu dibiaskan/ dibelokkan ke tengah tetes hujan sehingga memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum.

3. Penutup (Interpretasi)

Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar dari sisi berlawanan dengan si pengamat. Posisi pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat, dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus. Cahaya dengan panjang kurva terpendek berwarna ungu, sedangkan kurva dengan cahaya panjang berwarna merah yang terdapat pada bagian luar.


Itu tadi contoh singkat teks eksplanasi pelangi beserta strukturnya. Mudah dipahami, bukan? Jikalau ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu sampaikan pada kolom komentar di bawah.

Yuk Diskusikan di Komentar