BerandaEdukasiTeks Eksposisi tentang Kesehatan

Teks Eksposisi tentang Kesehatan

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang di dalamnya berisi informasi dan pengetahuan tentang suatu hal atau objek tertentu yang dipaparkan secara singkat, padat, dan akurat.

Ada banyak topik pembahasan yang bisa menggunakan teks eksposisi, mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan, hewan, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana contoh teks eksposisi itu sendiri?

Sedikit informasi, topik yang akan diulas di sini yaitu tentang contoh teks eksposisi tentang kesehatan. Penasaran? Yuk langsung simak beberapa contohnya di bawah!

Teks Eksposisi tentang Kesehatan: Pentingnya Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Pentingnya Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Minum air putih atau air mineral merupakan salah satu hal fundamental yang paling penting dalam hal menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, air putih memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh.

Dengan meminum air putih, maka tubuh akan terbebas dari segala bentuk toksin yang berbahaya. Air putih juga mampu memberikan nutrisi penting kepada sel-sel tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terus terhidirasi dan saluran pencernaan akan terbantu.

Argumentasi

Tubuh kita membutuhkan rata-rata delapan gelas air dalam sehari. Oleh karena itu, air putih sangat penting bagi tubuh manusia. Tidak hanya membersihkan tubuh dari berbagai unsur kontaminan, air putih juga mampu mengisi daya tubuh tanpa harus menambah kalori.

Dengan menjaga keseimbangan minum air putih setelah makan juga akan membantu tubuh dalam proses penurunan berat badan.

Minum air putih juga merupakan salah satu cara meningkatkan fungsi ginjal. Ginjal yang baik akan membantu mempercepat cara tubuh memproses makanan, membantu sistem pencernaan, dan metabolisme tubuh.

Penegasan Ulang

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dan meminum air putih 8 gelas perhari secara rutin adalah sebuah keharusan. Sebab, terdapat banyak sekali manfaat yang ada di dalamnya.

Maka dari itu, pastikan kamu selalu menyediakan sebotol air minum baik saat menonton televisi, membaca buku, bermain bersama teman-teman, atau saat berkendara.

Teks Eksposisi tentang Kesehatan: Manfaat dari Daun Sirih Merah

Manfaat dari Daun Sirih Merah

Tesis atau Pertanyaan Pendapat

Salah satu jenis tumbuhan rumahan yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional adalah Sirih Merah. Pembudidayaan tanaman ini bisa dilakukan sendiri di rumah untuk dijadikan persediaan obat-obatan tradisional. Hal ini didasari oleh beberapa penelitian yang dilakukan bahwa Sirih Merah bisa dijadikan obat sakit maag, kanker, diabetes, dan juga obat masalah ketombe.

Argumentasi

Pada umumnya, masyarakat menggunakan Sirih Merah dengan memanfaatkan daunnya yang biasanya diolah melalui proses perebusan. Terdapat senyawa aktif yang ada di dalamnya, sehingga Sirih Merah sangatlah ampuh dijadikan tumbuhan obat tradisional. Senyawa aktif tersebut diantaranya seperti minyak atsiri, eugenol, polifenol, dan sebagainya.

Penegasan Kembali

Daun Sirih Merah mengandung berbagai zat yang sangat baik untuk kesehatan. Tapi perlu diingat juga, jika ingin menggunakannya sebagai ramuan pengobatan penyakit, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Teks Eksposisi tentang Kesehatan: Pentingnya Mematuhi Protokol Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19

Pentingnya Mematuhi Protokol Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Pandemi virus Covid-19 telah membawa banyak perubahan dalam hidup manusia. Demi memutus rantai penyebarannya, kita diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan selama masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal diberlakukan.

Lalu, apa itu protokol kesehatan dan mengapa semua lapisan masyarakat harus mematuhinya? Berikut penjelasannya.

Argumentasi

Protokol kesehatan adalah atura-aturan yang harus dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Seperti yang kita ketahui, virus Covid-19 ini dapat menyebar dengan sangat cpat. Untuk mengatasinya, ada beberapa protokol kesehatan yang harus kita laksanakan. Apa sajakah itu?

Media penyebaran virus Covid-19 yang paling utama adalah melalui kontak fisik. Oleh sebab itu, kita harus menghindari kontak fisik sebaik mungkin.

Meskipun virus tidak bisa hidup di udara terbuka, akan tetapi mereka bisa hidup dan tersebar melalui tangan dan pakaian yang kita kenakan. Pada saat yang sama, virus bisa berpindah dari satu orang ke orang lain yang telah melakukan kontak fisik dengannya.

Kemudian, kita harus rajin-rajin mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun mampu membunuh virus yang bisa saja menempel saat melakukan kontak fisik dengan orang lain atau menyentuh suatu benda.

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak melakukan kontak dengan benda asing. Maka dari itu, mencuci tangan merupakan sebuah kewajiban selama masa adaptasi kebiasaan baru ini.

Walaupun kita sudah tidak lagi dalam masa PSBB atau pembatasan sosial berskala besar, namun sebaiknya tetap kurangi aktivitas yang tidak penting di luar rumah. Membatasi diri dari keramaian dan tidak bepergian masih tetap menjadi cara paling efektif untuk memutus penyebaran virus Covid-19.

Ketika terpaksa haru keluar rumah, maka pakailah pelindung wajah atau masker 3 lapis yang ampuh mencegah masuknya droplet dari orang lain. Biasakan selalu mengenakan masker dan membawa hand sanitizer ketika harus keluar rumah. Hand sanitizer berfungsi untuk membersihkan tangan ketika tidak ada sumber air untuk cuci tangan.

Penegasan Ulang

Dengan mematuhi semua protokol kesehatan di atas selama masa adaptasi kebiasaan baru, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, melainkan juga orang lain.

Teks Eksposisi tentang Kesehatan: Makanan Sehat Bergizi bagi Tubuh

Makanan Sehat Bergizi bagi Tubuh

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Secara umum dapat kita pahami bahwa fungsi makanan adalah sebagai sumber energi bagi makhluk hidup khususnya manusia. Makanan yang tidak baik akan menghasilkan energi yang buruk dan makanan yang baik akan menghasilkan energi yang baik. Di sini makanan yang baik diartikan sebagai makanan yang bergizi.

Banya definisi terkait dengan apa itu makanan yang bergizi yang sering membuat kita bingung. Namun ada satu hal yang pasti dalam definisi makanan bergizi, yaitu ketersediaan dan kebutuhan akan makanan sehat memiliki peran yang sangat krusial bagi kesehatan manusia.

Pasalnya, salah dalam mengkonsumsi makanan akan berdampak buruk dalam kesehatan tubuh karena makanan tersebut mengganggu prose metabolisme tubuh. Hal tersebut yang sering disebut sebagai penyakit.

Argumentasi

Dalam beberapa literatur dijelaskan bahwa salah satu indikator kondisi tubuh yang sehat adalah tubuh yang ideal yang ditinjau dari aspek bobot tubuh. Makanan sehat bergizi meliputi bahan pangan yang bisa membuat kita terhindar dari kondisi kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Makanan yang sehat dan higenis akan bisa membuat bobot tubuh Anda tetap berada di angka normal atau berat badan ideal.

Selain itu, makanan bergizi dan sehat untuk tubuh manusia adalah makanan yang tidak memicu penambahan kadar kolestrol di dalam tubuh, atau kadar gula darah. Lebih dari itu, makanan sehat membuat kadar asam urat, gula, lemak, dan asam urat dalam kondisi stabil dan baik.

Para ahli dalam bidang kesehatan juga sering berpendapat bahwa makanan sehat bergizi adalah jenis makanan yang sama sekali tidak akan mengganggu fungsi organ-organ tubuh, bahkan mengkondisikan tekanan darah selalu dalam posisi stabil.

Sedangkan dalam definisi lain, makanan sehat merupakan bahan pangan yang menyehatkan dalam arti sebenarnya, di mana lidah kita juga mampu menikmati rasa makanan tersebut secara maksimal, serta tubuh kita mampu menerima dan memprosesnya menjadi energi positif yang akan menopang setiap kelancaran aktifitas harian kita.

Penegasan Ulang

Indikator tubuh ideal yang dipengaruhi oleh bobot dan tinggi tubuh akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh. Tubuh yang ideal dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat bergizi dalam tataran idela atau seimbang, wajib terdiri dari bahan pangan utama dan bahan pangan penunjang.

Komposisi makanan seimbang ini sangat populer dengan sebutan makanan empat sehat, lima sempurna. Namun, karena berbagai hal, popularitas istilah empat sehat lima sempurna ini kian hari kian memudar.

Teks Eksposisi tentang Kesehatan: Menjaga Kesehatan Gigi

Menjaga Kesehatan Gigi

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Menjaga kesehatan area mulut terutama gigi merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan. Sebab, apabila mengalami sakit gigi, tentu hal ini akan membuat kita tidaklah nyaman. Terutama jika sakit gigi yang dialami diklasifikasikan sebagai sakit gigi parah dan dapat berdampak pada nafsu makan, gangguan istirahat, dan dapat menyebabkan pusing hingga sistem kekebalan tubuh berkurang.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi sangatlah penting, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik kita menjaga kesehatan gigi sebelum kerusakan dan menimbulkan rasa sakit yang bisa membuat aktivitas kita jadi terganggu.

Argumentasi

Sejak kecil kita sudah diajari oleh orang tua kita dan di sekolah bahwa menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang penting. Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga kesehatan gigi, asal kita disiplin dan rutin untuk merawatnya. Langkah sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan menggosok gigi kita 2 hingga 3 kali sehari.

Hal ini pasti bukan hal asing untuk dilakukan, bukan? Namun, kadang kita suka lupa untuk melakukannya atau malas, dan karena hal itulah yang bisa merusak gigi kita. Waktu yang baik untuk sikat gigi adalah pada pagi hari saat baru bangun tidur, siang hari, dan malam hari sebelum tidur.

Memilih sikat gigi yang pas juga penting, karena sikat gigi yang nyaman akan membuat kita tidak malas untuk melakukannya. Setiap orang memiliki struktur mulut dan gigi yang berbeda-beda, sehingga jenis sikat gigi yang dibutuhkan juga berbeda. Pasta gigi juga harus dipilih yang dirasa tepat untuk gigi Anda. Anda bisa meminta saran dokter untuk memilih pasta gigi yang cocok untuk kondisi gigi Anda.

Lalu langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa gigi Anda setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi. Manfaat Anda memeriksakan gigi ke dokter adalah untuk membersihkan karang gigi yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi. Sekarang sudah tersedia fasilitas kesehatan gigi yang tidak dipungut biaya, sehingga biaya dokter yang biasanya mematok harga yang mahal tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Penegasan Ulang

Kesehatan gigi merupakan hal yang penting untuk kita jaga. Karena setiap hari pasti kita menggunakan gigi untuk menguyah makanan yang diperlukan untuk tubuh. Apabila kesehatan gigi kita terganggu, maka kesehatan tubuh kita juga bisa terganggu karena kurangnya asupan makanan yang diterima tubuh dapat mengakibatkan tubuh kita lebih mudah terserang penyakit.

Teks Eksposisi tentang Kesehatan: Berbagai Manfaat Sarapan Pagi untuk Tubuh

Berbagai Manfaat Sarapan Pagi untuk Tubuh

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Bukan tanpa alasan, sarapan pagi memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Menurut beberapa penelitian, sarapan bisa memberi energi untuk kamu memulai hari, mengendalikan berat badan, serta meningkatkan kinerja dan konsentrasi. Keterampilan kognitif otak yang bisa meningkatkan memori untuk menghasilkan konsentrasi tinggi, adalah manfaat dari sarapan.

Argumentasi

Karena begitu banyaknya manfaat yang bisa didapat dari asupan pada saat sarapan, maka jangan lewatkan sarapan setiap harinya, ya. Percayalah, dengan kamu membiasakan diri untuk sarapan yang sehat setiap harinya, maka hari-hari kamu akan berjalan lebih baik.

Penegasan Ulang

Saat tubuh tidur, kamu akan kehilangan asupan dalam tubuh selama beberapa jam. Untuk itulah, tubuh butuh diisi kembali dengan makanan yang bergizi dan sehat. Bisa kamu bayangkan, jika kamu melewatkan sarapan pagi. Perut akan kosong lebih lama yang bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit.

Teks Eksposisi tentang Kesehatan Mata

Manfaat dari Wortel

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Wortel adalah salah satu sayuran yang paling populer di Indonesia bahkan dunia. Wortel sering disertkan dalam berbagai masakan seperti slad atau sup ayam. Di dalam wortel terkandung sekitar 88 air, 1 protein, 1 serat, 7 gula, 1 abu. dan 0,2 lemak. Wortel juga banyak mengandung mineral, antioksidan, dan sejumlah nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Argumentasi

Ternyata sayuran wortel juga sangat nikmat apabila dibuat jus. Manfaat dari jus wortel bagi kesehatan tubuh diantaranya dapat menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, mencegah rabun senja, dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Penegasan Ulang

Manfaat yang paling utama dari jus wortel ialah memberikan asupan vitamin A pada tubuh sehingg kesehatan mata lebih terjaga. Selain itu, manfaat lain wortel juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.


Nah, itulah 7 contoh teks eksposisi tentang kesehatan lengkap dengan strukturnya. Gimana? Mudah dipahami kan pembahasan di atas? Semoga bisa membantu dan bermanfaat 😀

Yuk Diskusikan di Komentar