BerandaEdukasiTeks Moderator

Teks Moderator

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika seseorang ditunjuk menjadi moderator, maka dalam dirinya akan timbul perasaan gugup, grogi, dan takut.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena selalu ada cara untuk mengurangi bahkan menghilangkan ketegangan. (Baca juga: Cara menghilangkan nervous)

Selain itu, kamu juga bisa mencari referensi tentang contoh teks moderator di internet sebagai acuan agar proses rapat ataupun diskusi yang dipimpin dapat berjalan dengan lancar.

Tips Menjadi Moderator

Untuk menjadi seorang moderator yang baik, maka ada beberapa poin yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

1. Menggali Informasi tentang Narasumber

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi tentang narasumber sebanyak-banyaknya, entah itu melalui internet atau bertanya langsung pada panitia.

Pada tahap ini, pastikan kamu mengingat jelas nama narasumber dan jangan sampai lupa, apalagi misalnya ketika di tengah diskusi.

Proses mencari informasi tentang narasumber (narsum) bertujuan untuk memudahkan moderator menempatkan diri dan beradaptasi di atas panggung. Karena bagaimanapun juga, watak setiap orang berbeda-beda dan cara pendekatannya pun juga berbeda.

2. Pelajari Materi yang akan Disampaikan kepada Narasumber

Meskipun kamu tidak paham secara menyeluruh tentang materi yang akan disampaikan. Namun, setidaknya kamu jangan terlalu blank dengan materi tersebut. Pelajarilah materi tersebut walaupun sekilas.

3. Berkoordinasi dengan Panitian

Kamu harus memastikan jadwal atau waktu kepada panitia agar bisa mempersiapkan diri untuk mengatur berapa lama waktu narasumber berbicara, durasi sesi tanya jawab, atau juga berapa lama harus berbasa-basi di atas panggung untuk mengulur waktu.

4. Mempersiapkan Peralatan

Persiapkan peralatan seperti pulpen dan kertas untuk mencatat pertanyaan atau poin-poin penting yang disampaikan narasumber. Poin tersebut nantinya harus kamu bacakan sebagai kesimpulan ketika penutupan acara.

5. Mempersiapkan Teks (Opsional)

Yang terakhir sebenarnya bersifat opsional. Tapi, jika kamu membawakan acara formal, terkadang moderator atau mc seringakali membawa kertas ke atas panggung, kertas tersebut biasanya berisikan ringkasan informasi ataupun teks yang akan di bacakan.

Setelah dapat memahami poin diatas, maka selanjutnya kamu bisa simak berbagai contoh teks moderator dibawah ini.

Contoh Teks Moderator Seminar

Terima kasih kepada MC atas kesempatan yang diberikan.

Baik, hadirin peserta seminar sekalian, langsung saja kita masuki acara inti yang paling kita tunggu, yaitu penyampaian materi sekaligus diskusi yang nantinya juga akan ada sesi tanya jawab setelah kedua materi menyampaikan materinya

Namun, sebelumnya saya ingin menyapa para dosen tercinta dan peserta terlebih dahulu…

Yang kami hormati Ketua Program Studi Teknik Industri Ibu Ferida Yuamita , ST., M.Sc
Yang kami hormati Ketua Pelaksana Seminar Internal Teknik Industri Bapak Suseno, STP., MT
Yang kami hormati Bapak Sugiono, ST., MT., Ph.D selaku Pemateri I
Yang kami hormati Ibu Widya Setifindari selaku Pemateri II
Yang kami hormati Dosen-dosen yang berhadir,
Serta hadirin peserta seminar internal Teknik Industri yang saya sayangi.

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hadirin yang kami hormati, sebagaimana telah diumumkan, seminar pada hari mengambil tema tentang “Industri dan Pembelajarannya dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”. Untuk itu, kita semua tentu sangat membutuhkan informasi sekaligus sebagai upaya menyamakan persepsi, sebagaimana yang kita harapkan bersama pada seminar internal kali ini.

Sebelum penyajian materi, izinkan saya menyampaikan sedikit pengantar terkait dengan materi yang akan disampaikan oleh penyaji.

Pada dasarnya, forum-forum ilmiah seperti ini sangat penting dan menarik untuk kita ikuti, karena banyak sekali informasi yang akan kita dapatkan. Namun perlu diperhatikan, bahwa penyamapaian informasi tersebut akan lebih mudah dipahami apabila diskusi berjalan dengan efektif. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh hadirin untuk dapat memperhatikan dan mengikuti diskusi dengan sebaik-baiknya.

Baiklah, selanjutnya saya sampaikan beberapa ketentuan acara inti kita, sebagai berikut:

  • Penyampaian materi untuk setiap pembicara kami beri waktu selama 45 menit.
  • Selama pemateri menyampaikan materi, peserta tidak diperbolehkan melakukan interupsi.
  • Sesi tanya-jawab akan dibuka setelah kedua pemateri menyampaikan materinya.

Demikian peraturan yang akan kita pakai.

Selanjutnya, kami persilakan kepada pemateri pertama, yang terhormat Bapak Sugiono, ST., MT., Ph.D, untuk menyampaikan materinya…

~Terima kasih bapak~

Selanjutnya, marilah kita simak materi dari pembicara kedua, yang terhormat Ibu Widya Setifindari. Kepada beliau kami persilakan…

~Terima kasih ibu~

Hadirin yang kami hormati, demikianlah pemaparan materi yang telah dibawakan oleh kedua pemateri hari ini.

Pada materi pertama mengambil judul “Industri dan Pembelajarannya dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”. Kesimpulan dari materi tersebut adalah_________________________

Dan pada materi kedua yang berjudul “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing”, dapat disimpulkan bahwa_________________________

Kedua pemateri telah menyampaikan materinya dan selanjutnya kami akan membuka sesi tanya jawab. Adapun ketentuan yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut:

  • Peserta yang ingin bertanya dipersilakan menyebutkan identitasnya terlebih dahulu.
  • Pertanyaan diajukan secara singkat, padat, dan jelas.

Baik, langsung saja kita mulai sesi diskusi ini, saya persilakan kepada para hadirin untuk bertanya…

Hadirin sekalian, demikianlah acara seminar kali ini yang membahas tentang “Industri dan Pembelajarannya dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”. Sebelum sesi ini kita akhiri, saya akan mencoba menyimpulkan hasil seminar kali ini, yaitu_________________________

Para hadirin sekalian, sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih kepada para pemateri dan juga seluruh hadirin yang telah berpartisipasi dalam kegiatan seminar kali ini. Akhir kata, saya selaku moderator undur diri. Semoga kita dapat bertemu kembali dalam seminar lainnya. Terima kasih.

Wabillahi Taufiq wal hidayah, wassalamualaikum wr. wb.

Contoh Teks Moderator Debat

Selamat Pagi, salam sejahtera untuk kita semua yang hadir pada hari__________ bertempat di____________________ dalam kegiatan debat Bahasa Indonesia dengan MOSI_________________________

Debat hari ini terdiri dari tiga tim yaitu tim Afirmasi, Oposisi, dan tim Netral. Sebelum pelaksanaan debat dimulai, saya akan membacakan tata tertib debat sebagai berikut:

1. Perkenalan

Setiap tim memperkenalkan diri selama 1 menit. Dapat diwakilkan pada pembicara ke 1 atau tiap peserta dalam satu tim memperkenalkan diri.

2. Penyampaian pernyataan topik

Setiap tim menyampaikan argumentasinya terhadap peryataan topik selama 5 menit, dimulai dari Tim Pendukung, dilanjutkan oleh Tim Penyanggah, dan Tim Netral. Penyampaian pernyataan topik dilakukan oleh pembicara 2 masing-masing tim.

3. Debat 9 menit pertama

a. Setiap tim mengomentari argumentasi tim lain selama 3 menit, misalnya Tim Pendukung mengomentari argumentasi Tim Penyanggah dan Tim Netral selama 3 menit, demikian seterusnya. Tugas ini dilakukan oleh pembicara 2.

b. 5 menit berikutnya, diberikan hak bicara selama 1 menit kepada tim yang memencet bel paling awal, akan diberikan 5 kali kesempatan memencet bel lebih awal dari tim lain pada periode ini untuk tiap tim dalam debat. Tugas ini dapat dilakukan oleh pembicara 1, pembicara 2, ataupun pembicara 3 masing-masing tim debat. Tim yang cepat akan mendapat kesempatan bicara lebih banyak. Hak bicara dapat digunakan untuk memberikan komentar, sanggahan, atau pertanyaan, bukan celaan.

4. Simpulan

Setiap tim memberikan ungkapan penutup terhadap pernyataan topik sesuai dengan posisinya selama 1 menit. Tugas ini dilakukan oleh pembicara 3.

Selanjutnya, saya persilakan kepada juru bicara setiap tim untuk memperkenalkan diri, perkenalan untuk setiap tim adalah 1 menit waktu dimulai dari tim afirmasi.

  1. Perkenalan Tim Afirmasi dimulai dari, sekarang! (waktu 1 menit)
  2. Perkenalan dilanjutkan oleh Tim Oposisi, silakan memperkenalkan diri Tim Oposisi, waktu dimulai dari sekarang! (waktu 1 menit)
  3. Perkenalan selanjutnya adalah dari Tim Netral, kami persilakan Tim Netral memperkenalkan diri. Waktu dimulai dari sekarang! (waktu 1 menit)

(Keterangan: kegiatan perkenalan selesai, waktu 3 menit)

Debat Bahasa Indonesia dengan MOSI_________________________ telah dimulai kami persilakan untuk Tim Afirmasi menyatakan pernyataan topik dalam waktu 5 menit, Pembicara 1 dari Tim Afirmasi kami persilakan. Waktu dimulai dari sekarang!

~Penyampaian topik Tim Afirmasi~

Demikian tadi pernyataan penyampaian topik dari Tim Afirmasi, selanjutnya kami persilakan Pembicara 1 dari Tim Oposisi untuk menyampaikan topik selama 5 menit. Waktu dimulai dari sekarang!

~Penyampaian topik Tim Oposisi~

Selanjutnya kami persilakan Tim Netral untuk menyampaikan topik, kepada Pembicara 1 kami persilakan. Waktu dimulai dari sekarang!

~Penyampaian topik Tim Netral~

Penyampaian penyataan topik dari setiap tim telah dipresentasikan masing-masing tim, selanjutnya dalam waktu 9 menit pertama setiap tim dipersilakan mengomentari argumentasi tim ain selama 3 menit.

Pernyataan topik dari Tim Afirmasi selama 3 menit dipersilakan. Waktu dimulai dari sekarang!

Pernyataan topik dari Tim Oposisi selama 3 menit dipersilakan. Waktu dimulai dari sekarang!

Pernyataan topik dari Tim Netral selama 3 menit dipersilakan. Waktu dimulai dari sekarang!

Ketiga pernyataan topik telah disampaikan masing-masing tim, selanjutnya selama 5 menit berikutnya diberikan hak bicara selama 1 menit, dan diberikan 5 menit kesempatan memencet bel atau meniup peluit waktu 5 menit adalah hak bicara, yang diperebutkan oleh tiap tim debat. Waktu dimulai dari sekarang!

Hak bicara kami berikan pada tim__________ selama 1 menit. Waktu dimulai dari sekarang!

~Waktu telah berakhir~

Hak bicara kami berikan pada tim__________ selama 1 menit. Waktu dimulai dari sekarang!

~Waktu telah berakhir~

Hak bicara kami berikan pada tim__________ selama 1 menit. Waktu dimulai dari sekarang!

~Waktu telah berakhir~

Hak bicara kami berikan pada tim__________ selama 1 menit. Waktu dimulai dari sekarang!

~Waktu telah berakhir~

Hak bicara kami berikan pada tim__________ selama 1 menit. Waktu dimulai dari sekarang!

~Waktu telah berakhir~

(Keterangan: hak bicara digunakan untuk memberikan komentar, sanggahan, atau pertanyaan, bukan celaan. Hak bicara ini diperebutkan oleh masing-masing tim. Bagi yang memencet bel terlebih dahulu akan mendapatkan kesempatan lebih awal menggunakan hak bicara 1 menit)

Baiklah, 5 menit telah berlalu, selanjutnya adalah penutup debat. Kepada Pembicara 3 untuk menutup debat terhadap pernyataan topik dari masing-masing tim.

Kami persilakan dari Tim Afirmasi untuk memberikan ungkapan penutup selama 1 menit. Waktu dimulai dari sekarang! (waktu 1 menit)

~Waktu telah berakhir~

Selanjutnya Tim Oposisi kami persilakan untuk menutup debat waktu dimulai dari sekarang! (Waktu 1 menit)

~Waktu telah berakhir~

Sebagai penutup debat, kami persilakan pembicara 3 dari Tim Netral untuk menutup debat. Waktu dimulai dari sekarang!

~Waktu telah berakhir~

Debat Bahasa Indonesia dengan MOSI_________________________ telah selesai. Terima kasih atas perhatian Anda dan salam sukses untuk kita semua. Aamiin.

Contoh Teks Moderator Workshop

Terima kasih kepada pembawa acara yang telah memberikan waktu kepada saya.

Saya di sini selaku moderator, akan memandu jalannya acara ini. Namun, sebelumnya saya ingin menyapa kehadiran…

Yang terhormat, (pimpinan paling atas)
Yang terhormat, (penanggung jawab acara)
Yang terhormat, (penyaji materi)
Dan para peserta semua yang kami banggakan.

Assalamu’alaikum wr.wb.

Alhamdulilah, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua, shalawat serta salam mari kita curahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama dalam acara____________________ dengan tema_________________________

Hadirin yang berbahagia, berikut susunan acara pada pagi ini:

1. Sambutan
2. Sambutan
3. Penyampaian materi
4. Sesi tanya jawab
5. Pembacaan kesimpulan
7. Penutup

SAMBUTAN

Acara selanjutnya yakni sambutan dari ketua pelaksana. Kepada Saudara__________ kami persilakan.

SAMBUTAN

Acara selanjutnya yakni sambutan dari__________ dengan hormat kami persilakan.

PENYAMPAIAN MATERI

Hadirin yang berbahagia, sampailah kita pada acara pokok_________________________ yakni dengan materi pertama____________________. Yang akan disampaikan oleh__________. Kami persilakan.

Selanjutnya penjelasan materi kedua yaitu____________________, yang akan disampaikan oleh__________. Kami persilakan.

SESI TANYA JAWAB

Hadirin yang kami hormati, selanjutnya adalah acara sesi tanya jawab. Kepada hadirin dipesilakan mengajukan pertanyaan dengan menyebutkan Nama dan Asal Kota.

PEMBACAAN KESIMPULAN

Hadirin yang kami hormati, sebelum sesi ini kita akhiri, saya akan mencoba menyimpulkan hasil pada materi pertama bahwa_________________________

Serta kesimpulan yang kedua, bahwa_________________________

PENUTUP

Alhamdulillahirobbilalamin…
Tiba saatnya kita dipenghujung acara. Terima kasih atas perhatian dan kerja sama hadirin semua. Apabila dalam penyampaian terdapat salah kata dan kekurangan. Saya selaku moderator meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Harta semakin hari semakin habis, tetapi ilmu semakin hari semakin bertambah.
Wabillahi Taufiq wal hidayah, wassalamualaikum wr. wb.

Contoh Teks Moderator Presentasi

Assalamu’alaikum wr.wb.

Yth. Ibu Cantika,SPd.,M.Pd. selaku dosen pembimbing Mata Kuliah Manajemen Pendidikan dan rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia.

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yan telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita bisa mengikuti perkuliahan pada hari ini.

Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, perkenalkan saya Indri sebagai moderator, dan Devi sebagai notulen. Beserta anggota kelompok 1 yaitu:

  • Dila
  • Salsa
  • Maudi
  • Wina

Adapun topik yang akan kita bahas pada petemuan kalian ini yaitu tentang “Manajemen Pembelajaran Saat Pandemi”.

Saya selaku moderator, akan membacakan rangakain acara pada diskusi kali ini diantaranya:

  • Pembukaan
  • Penyampaian presentasi kelompok
  • Sesi tanya jawab
  • Penyampaian dari notulen
  • Penutup
  • Tambahan materi dari Dosen Pembimbing

Acara pertama adalah pembukaan, marilah kita buka dengan bacaan Basmallah “Bismillahirrahmanirrahim”

Acara kedua adalah, penyampaian materi presentasi oleh Kelompok 1. Kepada kelompok 1 kami persilakan!

~Penyampaian materi presentasi~

Terima kasih, kelompok 1 telah mempresentasikan hasil diskusinya.

Acara selanjutnya yaitu sesi tanya jawab. Adapun peraturan pada sesi tanya jawab kali ini ini, sebagai berikut:

  • Audiens diharap tenang saat diskusi berlangsung, sebelum bertanya penanya diharuskan menyebutkan Nama dan Nim. Pertanyaan dibuka untuk 8 mahasiswa.
  • Pertanyaan ditampung terlebih dahulu, kemudian, kelompok 1 diberikan jeda 10 menit untuk menyiapkan jawaban. Setelah jawabahan terkumpul dan jeda waktu habis, dipersilakan kelompok 1 untuk menjawab.

Demikian peraturannya.

Baik, kami persilakan kepada para audiens yang ingin bertanya.

~Penanya menyampaikan~

Bagaimana kelompok 1 apa sudah jelas?

Jika jelas, silakan lanjut ke pertanyaan berikutnya…
Jika belum, silakan penanya mengulangi pertanyaannya… .

8 Pertanyaan telah di sampaikan, untuk itu mari kita beri jeda 10 menit kepada kelompok 1 untuk menyiapkan jawaban.

Baik, berhubung jeda waktu habis, diperkenankan anggota kelompok menjawab pertanyaan. Saya persilakan untuk menjawab.

Bagaimana penanya apakah sudah jelas atau ingin menyanggah?

Jika sudah jelas, kami persilakan kepada kelompok 1 untuk menjawab pertanyaan berikutnya. Jika belum, silakan untuk menjelaskan ulang. Kepada kelompok 1 saya persilakan untuk menjelaskan secara pelan.

Berhubung 8 pertanyaan sudah dijawab oleh anggota kelompok 1, mari kita lanjutkan pada acara berikutnya.

Untuk acara selanjutnya, saya persilakan kepada notulen untuk menyampaikan hasil diskusi____________________

Terima kasih kepada notulen yang telah membacakan hasil diskusi.

Wah, ternyata, presentasinya menarik sekali ya.

Tidak terasa kita sudah sampai dipenghujung acara. Saya selaku moderator mengucapkan terima kasih kepada kelompok 1 yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan telah menjawab pertanyaan dari audiens.

Dengan harapan apa yang disampaikan bermanfaat bagi kita semuanya. Apabila dalam penyampaian terdapat salah kata dan kekurangan. Saya selaku moderator meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Wabillahi Taufiq wal hidayah, wassalamualaikum wr. wb.

Saya kembalikan kepada Ibu Cantika selaku dosen pembimbing. Silakan ibu untuk menyampaikan tambahan materi pada diskusi kali ini.

Contoh Teks Moderator dalam Bahasa Inggris

Assalamu’alaikum wr.wb

Praise to God, let us always offer up a sense of worship and praise to Allah SWT. Who gave his mercy and grace to us, so that we can all together in a healthy state withoutlacking in nothing. Blessings and greetings always we devote to the prophet Muhammad SAW. May we all get his intercession on the last day. Aamiin amiin ya rabbal alamin.

Alright, then I will convey some of the agenda for this morning, which are as follows:

1. Opening
2. Presentation of Papers
3. Question adn answer session
4. Closing

Ladies and gentlemen. Before we start this morning’s event, let’s us opened with readings basmallah together (bismillahirrahmanirrahim)… may be running smoothly and provide benefits to us all. Aamiin.

Alright, next event is the presentation of the paper that will be presented by… . Time starts now!

~Deliver a presentation~

Well, ladies and gentlemen. Now, we are come to the Questions and Answer Session. There will be two sessions and each session is for two questions, before that please raise your hand, stand up and jon’t forget to mention your name. Any questions maybe?

Ok, the first question is_________________________
And the second question is_________________________

Ladies and gentlemen! Enough of our presentation, if there is something wrong with our presentation. We apologize profusely.

Wabillahi Taufiq wal hidayah, wassalamualaikum wr. wb.

Menjadi seorang moderator sebenarnya bukanlah hal yang sulit, yang terpenting kamu harus menguasai materi yang akan di jelaskan kepada khalayak ramai. Selain itu, kamu juga bisa mengimplementasikan beberapa contoh teks moderator di atas sebagai referensi. Semoga membantu!

Yuk Diskusikan di Komentar