BerandaEdukasiTentang Surat Lamaran Kerja 2021 : Pengertian, Kegunaan, Unsur-unsur, Contoh

Tentang Surat Lamaran Kerja 2021 : Pengertian, Kegunaan, Unsur-unsur, Contoh

milenialjoss.com

Pengertian

Surat Lamaran atau Surat Permohonan Pekerjaan adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk dapat memperoleh pekerjaan di suatu lembaga atau instansi. Dengan demikian, surat lamaran kerja pada prinsipnya sama dengan surat penawaran. Dalam surat lamaran pekerjaan, seseorang menawarkan jasa yang akan diberikan pelamar pada kantor atau instansi yang dilamar. Jasa yang ditawarkan tersebut bisa berupa pendidikan, pengetahuan, pengalaman, kecakapan keterampilan, ataupun kepribadian seseorang yang ditulis secara singkat. Data yang ditulis secara singkat tersebut disebuat data kualifikasi. Surat Lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya.

Surat Lamaran Pekerjaan dapat diajukan berdasarkan macam-macam sumber sebagai berikut :

  • Berdasarkan informasi kawan, kenalan, atau famili.
  • Berdasarkan iklan yang dimuat di media atau siaran radio.
  • Berdasarkan pengumuman di kantor penempatan tenaga kerja.
  • Berdasarkan pemberitahuan di sekolah atau kursus

Dalam melamar pekerjaan, ada 2 unsur penting yang harus dibawa oleh pelamar kerja, yaitu surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup. Daftar riwayat hidup atau sering disebut juga curriculum vitae (CV) memegang peranan penting dalam penerimaan calon pekerja

Model surat lamaran kerja ada tiga, yaitu official style, block style, dan full block style. Model resmi (Official style) biasanya dipakai untuk surat lamaran kerja yang ditujukan pada kantor-kantor pemerintah. Block style biasanya dipakai untuk surat lamaran kerja yang ditujukan pada perusahaan swasta nasional. Full block style digunakan untuk surat lamaran pekerjaan yang ditujukan pada perusahaan asing.

Adapun hal-hal yang perku dikemukakan dalam surat lamaran pekerjaan adalah jasa yang dapat diberikan, keterangan mengenai pelamar, pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang di miliki. Hal-hal tersebut diistilahkan dengan kualifikasi


Unsur-unsur Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja termasuk salah satu jenis surat resmi. Oleh karena itu, sebuah surat lamaran kerja memiliki bentuk resmi dan menggunakan bahasa yang resmi pula. Adapun unsur yang harus tercantum dalam sebuah surat lamaran kerja sebagai berikut :

1.Tempat dan Tanggal Surat

Pada sebuah surat lamaran pekerjaan, pelamar perlu menuliskan tempat, tanggal, bulan, tahun penulisan surat karena surat lamaran kerja tidak mencantumkan kepala surat. Tanggal yang ada dalam surat lamaran menginformasikan waktu surat tersebut dibuat dan mencantumkan kota tempat surat tersebut dibuat. Dalam menulis tanggal surat, sebaiknya tanggal, bulan, dan tahun ditulis lengkap. Tanggal surat ini ditulis untuk menunjukkan waktu pengiriman surat, bukan waktu pembuatan surat. Tempat dan tanggal surat lamaran biasanya ditulis disebelah kanan atas.

2. Hal atau Perihal

Perihal merupakan inti tujuan surat tersebut. Unsur perihal/hal dalam sebuah surat lamaran kerja merupakan pokok surat. Hal atau perihal surat sebaiknya ditulis secara singkat. Bagian Perihal berfungsi sebagai berikut :

a. Petunjuk inti sari surat secara keseluruhan

b. Referensi

c. Petunjuk bagi petugas surat untuk pencatatan, pengarsipan, dan penyimpanan.

Penulisan kata perihal atau hal diikuti tanda titik dua dilanjutkan dengan sesuatu yang ingin disampaikan. Kalimat yang menyebutkan sesuatu tersebut diawali dengan huruf kapital dan tidak diakhiri dengan tanda baca apa pun.

3. Lampiran

Lampiran adalah lembaran selain surat utama yang disertakan, misalnya daftar riwayat hidup, fotokopi sertifikat penghargaan, fotokopi ijazah, dan sebagainya. Dalam lampiran, diterangkan banyaknya helai atau banyaknya berkas lampiran yang disertakan pelamar. Lampiran ditulis di sebelah kiri di bawah hal atau perihal.

4. Alamat Surat

Alamat surat berisi tujuan surat, yaitu ditujukan kepada siapa (nama orang atau jabatan) dan ke mana surat itu dikirimkan. Biasanya sebuah surat lamaran pekerjaan mempunyai dua macam alamat surat, yaitu alamat yang ditulis pada kertas surat dan alamat luar yang di tulis pada sampul surat. Alamat surat dapat berfungsi sebagai berikut :

a. Alamat petunjuk langsung bagi penerima surat

b. Petunjuk arsip dalam menyimpan surat.

c. Mempermudah pertugas POS

d. Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjendela.

5. Salam Pembuka

Salam pembuka merupakan tanda hormat pengirim surat sebelum ia berbicara secara tertulis. Salam pembuka dapat digunakan sesuai dengan keperluan surat. Salam pembuka ditulis disebelah kiri di bawah alamat surat dan di atas kalimat pembuka isi surat. Selain pembuka yang biasa digunakan ialah ungkapan Dengan hormat, Salam sejahtera : Saudara…(yang terhormat):Bapak/Ibu… (yang terhormat):Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh; dan sebagainya.

Cara penulisan salam pembuka adalah huruf awal kata pertama memakai huruf kapital, sedangkan huruf awal kata kedua memakai huruf kecil. Pada akhir ungkapan salam pembuka, dibubuhkan tanda koma.

6. Isi surat

a. Pembukaan. Pada bagian pembukaan surat lamaran kerja, biasanya digunakan sumber informasi lamaran. Misalnya, informasi tersebut diperoleh dari pengumuman, iklan di media massa, informasi dari teman, dan sebagainya.

b. Isi. Pada bagian isi hal-hal yang perlu dicantumkan sebagai berikut Identitas pelamar lengkap, Isi atau tujuan yang dikehendaki penulis surat, Syarat-syarat administrasi yang diminta dan keterangan yang dilampirkan, Penutup surat yang merupakan kesimpulan atau harapan yang berfungsi sebagai kunci surat.

7. Salam Penutup

Salam penutup dapat menyebutkan, misalnya “Hormat saya” atau pelamar yang diikuti nama jelas dan tanda tangan pelamar. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja, selain unsur-unsur yang disebutkan diatas, bahwa surat lamaran kerja sebaiknya ditulis dengan tulisan tangan diatas kertas ukuran folio dan bermaterai.


CONTOH SURAT LAMARAN KERJA

contoh surat lamaran kerja (milenialjoss.com)

Yuk Diskusikan di Komentar